loading...

Manfaat Makan Roti Tawar Hitam Untuk Mencegah Penuaan Dini dan Melancarkan Peredaran Darah Karena Mengandung Arang Bambu

Posted by

Manfaat Roti Tawar Hitam Bagi Kesehatan
Roti Tawar Hitam, rasanya sama dengan roti-roti tawar yang umumnya berbahan gandum. Warna hitam roti yang punya nama takesumi shokupan tersebut berasal dari campuran arang bambu.

Roti Tawar Hitam Yang Mengandung Arang Bambu
Seperti diketahui, manfaat dari arang bambu memang sudah lama dikenal oleh masyarakat, beberapa manfaatnya antara lain bisa menyerap polusi udara dan bau-bauan tidak sedap, menyerap aneka macam racun di udara dan radikal bebas didalam tubuh. Arang bambu juga diketahui memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.
Takesumi Shokupan adalah roti tawar yang terbuat dari bahan alami arang bambu jepang ( Takesumi ), yang tidak berwarna & tidak berbau. Memiliki manfaat diantaranya : menyerap Zat racun dan radikal bebas dalam tubuh, anti penuaan, menyeimbangkan metabolisme lemak, pereduksi kolesterol, sehingga membantu menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner. 
Seperti dikutip dari Jpnn, area manager toko roti yang menjual kue khas jepang mengatakan ’’Ini roti Jepang. Tidak hanya enak, tetapi juga bikin sehat. Kami adopsi untuk dijual di Indonesia,’’ jelas Irene Tansy, area manager Boulangerie Komugi, toko roti yang menjual kue-kue khas Jepang dan Prancis. Irene melanjutkan, dirinya mendapati keunikan pada orang Jepang yang suka mencampur arang bambu ke dalam makanan mereka.

Mereka suka mencelupkan daging atau makanan-makanan berlemak lainnya ke dalam arang bambu sebelum memakannya. Prosesnya seperti mencelupkan makanan ke dalam sup.
Kusyahirin, chef yang meramu roti itu, menjelaskan, takesumi berarti arang bambu dan shokupan bermakna roti tawar. ’’Bahan utamanya ya tetap terigu,’’ jelasnya.

Dia menambahkan, sejak dulu orang Indonesia sebenarnya juga sudah memakai arang bambu dalam campuran makanan untuk menetralkan racun tubuh. ’’Cuma, sekarang jarang yang seperti itu,’’ imbuhnya.
Tidak hanya dapat menyerap zat beracun dan radikal bebas dalam tubuh, arang bambu mempunyai khasiat lain. Makanan yang dicampur dengan arang bambu dapat menyeimbangkan metabolisme dan mereduksi kolesterol sehingga membantu melancarkan peredaran darah koroner, mencegah penyumbatan pada jantung, sampai mencegah penuaan dini.

Karena tergolong roti sehat, Irene menyarankan takesumi shokupan dikombinasikan dengan menu sehat lainnya. ’’Bolehlah sedikit butter. Butter lebih bagus daripada mentega,’’ ujar Irene menyarankan.
Daging asap dan telur juga bisa ditambahkan. Sebab, bagaimanapun, kalori dan protein tetap harus seimbang. ’’Tertarik sih, pengin coba. Menurutku unik,’’ ucap Florence Dannies.

Sebagai model yang harus selalu menjaga asupan makanan, Dannies merasa roti tawar hitam itu bisa menjadi alternatif untuk menu sarapan. ’’Saya suka roti. Jadi, kalau ada roti yang bikin sehat, kenapa nggak dicoba?’’ katanya.

Sandwich roti hitam ala Hotel Aston

Sandwich bisa diartikan sebagai roti yang diiris dan diisi dengan berbagai bahan di tengahtengahnya. Pada umumnya sandwich disajikan dengan daging sapi, sosis, omelet,dan keju. Namun, tak selamanya makanan praktis baik bagi kesehatan. Seperti halnya sandwich,roti isi ini juga mengandung lemak tinggi yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin memiliki masalah dengan kolesterol, bisa mengonsumsi sandwichalternatif yang dibuat dari roti hitam. Dalam istilah asing, roti hitam dijuluki roti charcoal. Warnanya hitam pekat. Warna tersebut diambil dari arang kayu oak yang biasa digunakan sebagai tabung penyimpananwine. Selain menyumbang warna hitam, arang dari bara oak juga memberikan sensasi aroma dan khasiat kesehatan yang tiada duanya.

Kolesterol bisa diatasi oleh charcoal ini.Kandungan arang kayu oak di dalamnya sanggup meredam lemak jahat, sekaligus memberikan efek nyaman pada organ sekitar perut. Bahkan, sebagian orang mempercayai roti hitam sebagai obat awet muda. Meski sejauh ini belum ada penelitian khusus terkait hal itu.

“Kami selalu ingin memberikan gebrakan baru di ranah kuliner. Namun, selain membuat makanan lezat, sisi kesehatannya pun harus diperhatikan. Charcoal dibuat untuk mengajak konsumen bersantap dengan varian olahan yang lebih sehat,” ujar Sous Chef Hotel Aston Braga Bandung Jojo.

Sandwich roti hitam ala Hotel Aston terbilang menarik.Kita bisa menjumpai sepotong roti yang di dalamnya terdapat isi ikan nan gurih. Namanya black bread fish cake with mango caviar and bit root. Pada menu tersebut, roti hitam disandingkan dengan fish cake. Racikan ikan ini mendapuk beberapa ikan premium, seperti dori, gurame, dan salmon. “Agar keunikannya mencuat, fish cake diracik dengan komposisi tiga jenis ikan terbaik. Semua di blend menjadi satu, kemudian dicetak sebagai isi,” ujar Jojo.

Olahan roti hitam ini juga dibubuhi mango caviar sebagai topping. Selain dibuat sandwich, roti hitam juga dapat dijumpai dalam bentuk roti panjang berukuran besar. Roti tersebut sengaja dibuat tawar untuk pelengkap varian hidangan, seperti sup atau hotdog. Dengan harga Rp35.000, sandwich roti hitam sudah bisa Anda nikmati khasiat dan kelezatannya.

Jangan Buang Pinggiran Roti Tawar Putih, Karena Bagian Inilah Yang memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehata.
Para peneliti di Jerman menemukan bahwa bagian pinggiran roti memberikan lebih banyak manfaat kesehatan dibanding seluruh bagian roti karena adanya antioksidan. Beberapa penelitian memang pernah menunjukkan bahwa roti mengandung komponen yang bisa menekan potensi munculnya kanker, tetapi biasanya lebih ditekankan pada kandungan serat dalam roti. Konsumsi serat yang cukup memang diketahui mencegah kanker kolon.

Dalam studi yang dilakukan Thomas Hofmann, profesor dari Universitas Munster, Jerman, berhasil diidentifikasi komponen pelawan kanker yang terkonsentrasi di bagian pinggirannya. Menggunakan campuran bahan konvensional yang mengandung gandum hitam dan tepung terigu, Hofmann dan rekan-rekannya menganalisis kulit garing pada roti, remah-remah roti (bagian pucat lembut pada roti), dan tepung sebagai kandungan antioksidan. Ternyata, proses pemanggangan menghasilkan suatu jenis antioksidan, yang disebut pronyl-lisin, yang delapan kali lebih banyak terdapat di bagian kulit kering roti daripada pada remahan rotinya.

Pronyl-lisin merupakan bentuk reaksi dari protein yang terikat asam amino L-lisin dan pati yang berperan mengurangi gula dalam suhu panas. Para ahli kimia telah lama mengetahui bahwa proses ini disebut sebagai reaksi Maillard, yang memberikan warna coklat pada permukaan roti saat proses pemanggangan.

Pronyl-lisin terbentuk saat proses pemanggangan roti yang juga merupakan reaksi dari ragi yang terkandung di dalam roti. Antioksidan ini cenderung meningkat ketika roti dipotong menjadi potongan-potongan yang kecil dan dipanggang.

Potongan yang lebih kecil akan memiliki permukaan yang lebih luas yang mengalami reaksi tersebut. Karena itu, kandungan antioksidannya lebih banyak dibanding produk roti yang disajikan dengan ukuran yang lebih besar, seperti roti tawar dan roti buns. Secara umum, warna gelap pada roti gandum mengandung jumlah antioksidan yang lebih tinggi daripada roti yang berwarna terang (seperti roti putih). Namun, warna coklat yang terlalu berlebihan, alias gosong, pada roti juga dapat mengurangi tingkat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:12
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.