loading...

Manfaat Garam Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Serta Efek Sampingnya

Posted by

Manfaat Garam Dalam Kehidupan Sehari-hari Dan Efek Samping Jika Berlebihan Mengkonsumsi Garam.




Garam. Zat yang satu ini sering dikambinghitamkan sebagai penyebab darah tinggi dan penyakit jantung. Memang jika dikonsumsi secara berlebihan maka makanan apapun akan berbahaya bagi tubuh kita tidak terkecuali yang namanya garam. Secara pemakaian wajar, sebenarnya garam memiliki banyak manfaat dalam kehidupan, terutama sebagai penyedap masakan. Ingat saja jika kondisi sedang tidak kondusif sedang hambar karena kurang semangat hidup, orang menggambarkannya bagaikan "sayur tanpa garam".

Berikut Beberapa Manfaat Garam:

Menghilangkan Bakteri Penutup Pori-pori
Garam telah digunakan sebagai bahan campuran sejumlah perawatan facial di salon. Garam dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Namun jika ingin mencoba perawatan garam di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menyampurkan secangkir garam dengan ke bak mandi berisi air hangat. JSitus Beauty Sweety Spot mengatakan mandi garam selama setengah jam bisa membantu Anda mendetoksifikasi dan mengurangi bengkak pada tubuh.

Membantu Mengelupaskan Sel Kulit Mati Pada Kulit Wajah
Tekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati wajah. Katherine Dorn dari Pierre Michael Salon menyarankan agar Anda mencampurkan garam dengan minyak wajah atau facial oil. Kemudian pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah seperti biasanya.

Bermanfaat Sebagai Toner
Selain sebagai campuran untuk facial, garam juga bisa digunakan sebagai toner. Katherine Dorn menyarankan untuk menyemprotkan campuran garam dengan air hangat ke wajah kemudian tepuk-tepuk hingga kering. Cairan ini bisa menjadi pengganti toner untuk menutrisi kulit.

Membuat Rambut Bergelombang Alami
Ingin tampil gaya rambut ala beach waves saat berlibur ke pantai? Semprotkan saja air laut ke rambut Anda. Mengaplikasikan air garam ke rambut mungkin terdengar aneh. Namun menyemprotkan campuran air dengan garam atau air laut asli kepada rambut dapat menghasilkan rambut ikal alami serupa beach waves tanpa perlu ke salon. Amber Katz dari situs Rouge 18 menyatakan jika ada pasir yang menempel malah akan menambah tekstur yang memperindah bentuk ikal rambut.

Membantu Mengatasi Jerawat Membandel
Jerawat menjadi salah satu penyakit kulit yang paling ditakutkan para wanita. Jerawat yang sering menyerang secara mendadak tersebut pun bisa diredakan dengan menggunakan garam. Bonnie Ndoci seorang pemilik salon Facials by Bonnie mengatakan jika garam bisa dipakai untuk melawan jerawat akibat bahan kimia seperti sampo yang menyebabkan alergi pada kulit wajah.
Caranya adalah dengan menyampurkan seperempat sendok garam dengan segelas air hangat. Kemudian rendamlah kapas di dalamnya. Lalu taruh kapas tersebut di area jerawat dan tunggu hingga sekitar satu menit. Garam akan mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat.

Membantu Mengatasi Bibir Pecah-pecah
Bagi Anda pemiliki bibir kering dan kerap mengalami bibir pecah-pecah, garam bisa menjadi alternatif penyembuh alaminya. Hal tersebut pun diungkapkan oleh situs Entertainista yang menyarankan agar Anda menyampurkan tiga sendok garam dengan sesendok Vaseline. Setelah itu aduk dan gosokkan adonan secara perlahan pada bibir untuk mengelupas kulit keringnya. Kemudian bersihkan kulit-kulit yang tersisa menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk memulaskan lip balm yang melembabkan seusai perawatan.

Untuk Menyamarkan Kerutan / Digunakan Untuk Scrubbing
Garam ternyata bisa menghaluskan kulit serta menyamarkan kerutan jika digunakan untuk scrubbing. Situs Beauty in The Bag mengatakan jika meski terasa perih, garam juga bisa menyembuhkan luka lebih cepat. Untuk membuat scrub alami menggunakan garam, campurkan saja garam dengan minyak zaitun. Tambahkan minyak esensial seperti lavender, vanila, atau cinnamon sehingga bisa sekaligus merelaksasi tubuh.

Meredakan Mata Bengkak
Meski banyak orang mengatakan jika kebanyakan mengkonsumsi garam bisa membuat wajah menggemuk, bumbu dapur ini ternyata handal dalam meredakan pembengkakan jika dipakai sebagai perawatan luar. Misalnya untuk bagian mata, Anda bisa mencampurkan garam dengan air hangat untuk diaplikasikan pada mata bengkak.

Merendam Kaki Terinfeksi
Pernah mengalami infeksi setelah melakukan pedikur? Sebelum memutuskan untuk pergi ke dokter, Anda bisa mencoba ramuan alami untuk menyembuhkannya dengan bahan dasar garam. Caranya adalah dengan memasukkan secangkir garam pada air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang terinfeksi dan tunggu hinnga setengah jam. Kabarnya infeksi bisa sembuh dengan dua hari perawatan. Terapkan cara ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Cairan Kumur
Katherine Dorn ternyata banyak memanfaatkan garam sebagai rutinitas kecantikan. Tak hanya untuk wajah atau rambut namun juga untuk mulut. Agar nafas lebih segar serta mulut dan gigi lebih bersih, ia menggunakan campuran air, garam, baking soda sebagai cairan kumur alami.

Cara Membuat Air Penyegar Muka dari Garam Untuk Kulit Kering dan Berminyak
Bahan :
  • Garam 1 sendok teh
  • Air hangat 400 ml
  • Botol Semprotan kecil
Cara membuat :
  • Campurkan air hangat dengan garam, dengan menggunakan air hangat maka garam akan larut. Lalu setelah air garam itu jadi, masukkan cairan larutan garam ini kedalam botol semprotan.
  • Semprotkan ramuan penyegar wajah ini pada muka anda dan lakukan ini 2 kali sehari, maka partikel pada garam akan masuk kedalam wajah anda yang dapat meremajakan kulit.
Membuat Masker Garam Untuk Mengobati Jerawat
Garam dan madu dapat mengurangi iritasi pada wajah dan jerawat Bahan :
  • Garam sebanyak 2 sendok teh
  • Madu murni sebanyak 4 sendok teh
Cara Membuat Masker Garam :
  • Campurkan bahan garam dan madu lalu aduk-aduk hingga kedua bahan ini teksturnya mengental.
  • Oleskan Pada wajah
  • Diamkan 15 menit
  • Kompres dengan handuk hangat
  • Bilas dengan air biasa
Cara Membuat Larutan Garam Untuk Lulur Tubuh
Bahan :
  • Garam sebanyak 1/4 cangkir
  • Minyak Zaitun secukupnya
Cara Membuat Lulur Garam
  • Campurkan bahan garam dan juga minyak zaitun hingga semuanya tercampur rata.
  • Lulurkan dan oleskan ramuan lulur garam ini pada kulit anda, dan rasakan hasilnya pada kulit akan terasa bersih dan cerah.
  • Lulur garam ini bisa untuk membuat kulit cerah dan bersih. Selain itu Minyak zaitun mengandung vitamin A, B1, B2, C, E, K, dan juga Zat Besi. Sedangkan garam mengandung natrium dan klorida sehingga bisa membantu mengangkat sel kulit mati. Pada kandungan vitamin E minyak Zaitun dapat meresap pada pori-pori kulit. Kandungan garam dapat mengangkat sel kulit mati dan mengangkat kotoran pada kulit.
Garam Untuk Mencerahkan Kuku Kuning dan Gampang Patah
Bahan :
  • Air hangat sebanyak 1 mangkuk
  • Baking soda sebanyak setengah sendok teh
  • Air perasan Lemon sebanyak 3 sendok teh
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
Cara Membuat :
  • Semua bahan kita campurkan lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. 
  • Harus diperhatikan juga, kalau misalnya kondisi kuku anda ada yang sedang terluka sebaiknya jangan dilakukan, karena ini bisa akibatkan kuku menjadi perih dan sakit. 
  • Manfaat dari ramuan garam ini bisa untuk merawat kuku kuning dan juga kuku yang rapuh dan mudah patah.
  • Rendam jari anda agar pori-pori terbuka, kemudian gosok kuku dengan menggunakan sikat yang lembut.
Manfaat Garam untuk Rambut
Akan sangat memalukan ketika banyak ketombe yang berjatuhkan saat berada di tempat umum. Namun, tak perlu khawatir lagi karena ternyata menaburkan garam pada kulit kepala yang sudah dibasahi selama 10 menit dapat membantu menghilangkan ketombe. Jangan lupa, setelah itu bersihkan dengan sampo seperti biasa.

Manfaat Garam untuk Gigi
Ambil mangkuk dan tambahkan satu sendok makan baking soda dan setengah sendok makan garam di dalamnay. Tambahkan dua tetes peppermint atau minyak esensial di dalamnya dan gunakan sebagai pasta gigi untuk membersihkan gigi Anda.

Jumlah maksimal Garam yang Bisa DikonsumsiOrganisasi Kesehatan Dunia Rekomendasi tidak mengonsumsi garam lebih dari 5 gram per hari. Selain itu, Anda juga harus menurunkan ketergantungan pada junk food dan makanan olahan. Konsumsi garam yang berlebih tidak dapat dikontrol oleh ekskresi ginjal. Asupan sodium lebih dari 1.500 mg secara teratur dapat menyebabkan kerusakan pada orang sehat.

Berlebihan dalam Konsumsi Garam Bisa Berakibat Buruk
Asupan mineral yang berlebih dapat membahayakan fungsi tubuh. Penggunaan garam berlebihan dapat meningkatkan jumlah sodium di dalam tubuh. Hal tersebut memberikan efek yang serius untuk kesehatan. Meskipun garam digunakan untuk mengobati masalah seperti kerusakan sistem saraf otonom, tetapi jika kebanyakan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti hipertensi, penyakit kardiovaskuler, stroke.

Cara Aman Mengkonsumsi Garam
Jika Anda memiliki riwayat keluarga tekanan darah, Anda harus menjadi ekstra hati-hati mengenai asupan garam harian Anda. Jika Anda berada dalam kategori aman, tetap jaga kadar garam yang Anda asup. Jangan ditambah atau dikurangi. Selain mempertahankan diet yang sehat, termasuk banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, berolahraga secara teratur dan pergi untuk rutin check-up. Garam bisa menjadi sahabat dapur namun juga bisa membunuh Anda kapan pun. Untuk itu perhatikan asupan garam dalam menu harian Anda.

Sumber:
www.detik.com
http://drozindonesiatranstv.blogspot.com
http://lifestyle.liputan6.com
www.merdeka.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:59
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.