loading...

Manfaat dan Khasiat Jeruk Keprok Sebagai Pencegah Kanker, Mengobati Rematik dan Asam Urat Serta Obat Sariawan

Posted by

Manfaat Jeruk Keprok. Ternyata jeruk satu ini yang keberadaannya sangat melimpah dinegara kita memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan sampai-sampai para ilmuan dari University of Western Ontario menjuluki jeruk keprok dengan label Super Food sebab hasil penelitian klinis mereka menunjukkan bahwa jenis jeruk ini memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat  jeruk keprok ini memang cukup menggembirakan mengingat  bahwa keberadaannya di Indonesia termasuk melimpah dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. 


Jeruk Keprok sebagai Sumber antioksidan melimpah
. Buah Jeruk keprol ini memang sangat kaya vitamin C  dan ini tentu tidak diragukan lagi efektivitasnya sebagai antioksidan. Nilai ORAC jeruk manis cukup tinggi, yakni berkisar 750.

Jeruk manis merupakan sumber antioksidan yang kaya dengan berbagai macam bioaktif yang memiliki kekuatan sebagai antioksidan. Ada lebih dari 170 macam fitonutrisi dan 60 macam flavonoid pada jeruk keprok. Flavonoid yang paling banyak ditemukan adalah hesperitin, narigin, antosianin, asam hidroksi sinamat, dan berbagai macam polifenol.

Tak hanya daging buahnya saja yang mengandung senyawa berkhasiat, namun juga kulitnya. Kulit jeruk keprok mengandung polvmethoxylated flavon (PMFs) yang merupakan antioksidan dengan kekuatan yang sangat hebat. Kemampuannya mengungguli hesperidin dan narigin yang terdapat pada daging buahnya.

Jeruk keprok merupakan buah yang memiliki kualitas vitamin C unggul. Efektivitas vitamin C tersebut semakin meningkat dengan adanya kandungan hesperetin yang memiliki efek untuk menguatkan kinerja biologis vitamin C terutama dalam menjalankan perannya sebagai antioksidan.

Warna daging buah jeruk kcprok yang menyala ternyata juga menandakan adanya antioksidan di dalamnya. Warna kuning— oranye daging buah jeruk keprok disebabkan oleh pigmen bernama beta-cryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin. Komponen bioaktif tersebut didukung pula oleh sejumlah fitokimia yang dikandungnya, yakni d-limonene, limonin, nomilin, herperetin, phytone, phytofluene, beta-sitosterol, dan D-glucaric.

Jeruk keprok populer dijadikan jeruk meja, yakni jenis jeruk yang dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Hal ini bukan tanpa alasan, jeruk keprok memang cukup praktis sebab kulit buahnya yang tipis menjadikannya mudah untuk dikupas. Selain itu, rasa manisnya segar dan nikmat. Jeruk ini memang istimewa, lezat dan berkhasiat tentunya.

Secara umum, kandungan zat aktif yang terdapat di dalam sebiji jeruk keprok antara lain alkaloid, polifenol, flavanoida, pektin, coumarin, saponin, minyak atsiri, vitamin C, vitamin A, B1, B2, asam folat, mineral Fe atau zat besi, fosfor, kalium atau potassium, kalsium, gula sederhana, nobiletin, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan mengkonsumsi jeruk keprok secara rutin, Anda akan secara tidak langsung telah mendapatkan pengobatan alami. Kandungan gizi di dalam buah Jeruk Keprok diketahui mampu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan penyakit kanker, memerangi infeksi firal, menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, mengusir rematik dan asam urat, menghalau penyakit jantung, mengobati demam, mencegah dan mengobati sariawan, menguatkan dan memberikan gizi pada paru-paru, memperbaiki limpa, membantu menghentikan batuk dan mengeluarkan dahak. Penelitian Larasati dari Universitas Gadjah Mada pada 2008 lalu membuktikan bahwa kulit jeruk keprok dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Sederet khasiat jeruk keprok ini tentu menambah keistimewaannya.

Berikut Ini Manfaat Jeruk Keprok:
  • Mencegah Kanker
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
  • Menurunkan Tekanan Darah
  • Obat Sariawan
  • Pengobatan Rematik
  • Mencegah Asam Urat
  • Menguatkan Paru-paru
  • Sebagai Obat Batuk
  • Mencegah terjadinya Infeksi
  • Sumber Antioksidan 
  • Meningkatkan Imunitas Tubuh
Selain baik bagi kesehatan, ternyata khasiat jeruk keprok bagi kecantikan juga nyata. Jeruk keprok merupakan antioksidan yang baik yang bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Jeruk keprok juga kaya akan nobiletin yang dikenal mampu menjaga kadar kolesterol dan menjadikan berat badan lebih ideal. Sebab nobiletin menjadikan tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan juga lemak. Konsumsi jeruk keprok sebagai pencuci mulut tentu merupakan pilihan yang tepat.

Cara Memanfaatkan dan Mengkonsumsi Jeruk Keprok

Untuk mendapatkan khasiat jeruk keprok, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dan juga bisa dengan cara diolah terlebih dahulu. Konsumsi langsung jeruk keprok dinilai sangat baik karena memaksimalkan penyerapan tubuh terhadap nutrisi yang dikandungnya. Tetapi untuk beberapa jenis penyakit, langkah pengolahan sebelum dikonsumsi mutlak diperlukan.

Misalnya saja untuk penyakit rematik dan asam urat. Jeruk keprok akan lebih maksimal jika diolah dalam bentuk jus. Langkah pembuatannya sederhana, pisahkan daging jeruk keprok dengan bijinya kemudian masukkan dalam Juicer. Setelah jadi, minumlah jus tersebut dua kali dalam sehari. Mengkonsumsi jus jeruk keprok ini juga tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi tubuh dan kesehatan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:42
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.