loading...

Asal Usul Madu Asli, Anjuran Untuk Mendapatkan Manfaat dan Khasiat Dalam Pengobatan Alami

Posted by

PENEGASAN KHASIAT DAN MANFAAT MADU | ANJURAN PENGOBATAN DENGAN MADU DI DALAM AL QUR'AN DAN ASSUNNAH

Madu adalah cairan yang di hasilkan oleh lebah yang menghisap sari bunga atau nektar bunga kemudian di bawa, di proses dan disimpan beberapa saat di dalam perut lebah, lalu dikeluarkan dan di letakkan di dalam sarang lebah.

Madu-Dengan-Pace-Obat-Alami-Amandel
Madu
Madu  umumnya memiliki rasa manis yang berasal dari nektar aneka bunga atau bagian tanaman, yang di proses secara alami oleh lebah disarangnya. Fruktosa dan glukosa merupakan zat utama pada madu.
Madu yang bagus memiliki kalori ± 3.280 cal/kg dan dengan kadar air rendah/17-20% . Jadi hanya madu yang dikumpulkan dan diproses secara alami oleh lebahlah yang bisa disebut MADU MURNI. Madu tidak boleh mengalami proses pemasakan atau penambahan bahan lain sehingga bisa membahayakan kesehatan konsumen .
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan  dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). ‘Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.”
( QS An Nahl ,Ayat 68-69 )
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda :
” Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an “.
( Sunan Ibnu Majah, Jilid.II, No.1142, hadist No.3452, bab Madu )
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda :
“Kesembuhan ada pada tiga macam: Minum madu, sayatan alat hijamah dan sundutan api, namun aku melarang umatku melakukan sundutan api.”
( Shahih Al Bukhary No.5680 )
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda :
“Kalaulah dalam sesuatu di antara obat-obat kalian ada kesembuhan, maka hal itu ada pada minum madu atau sayatan alat hijamah atau sundutan dengan api, tapi aku tidak suka sundutan.” ( Shahih Al Bukhary No. 5702 )
Dari Abu Sa’id, bahwa ada seorang lelaki menemui Nabi SAW, seraya berkata,
“Saudaraku sakit dibagian perutnya.” Maka Beliau bersabda; “Beri dia madu!”Orang itu datang untuk kedua kalinya.
Maka beliau bersabda;
“Beri dia madu!”Orang itu datang untuk ketiga kalinya.
Maka beliau bersabda; “Beri dia madu!”Kemudian orang itu datang lagi seraya berkata,“Aku sudah melakukannya.
”Beliau bersabda; “Allah benar dan perut saudaramu yang tidak beres. Beri dia madu!”Setelah diberi madu untuk keempat kalinya, maka dia pun sembuh.
( Muttafaq Alaihi; Al-Bukhary No.5684; Muslim, No.2217 )

Pengertian “MADU” (Definisi Madu, Istilah Madu, Arti Kata “Madu”)

DEFINISI MADU MENURUT SARWONO.B

Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti Magnesium, Kalium, Potasium, Sodium, Klorin, Sulfur, Besi, dan Fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah. Disamping itu, didalam madu terdapat pula tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.Sarwono,B. 2001. Lebah madu. Agro Media Pustaka, Tangerang. )

Definisi Singkat Madu Hutan Asli, Madu Hutan Murni, Madu Hutan Alami, Madu Hutan Mentah

  • Madu Hutan Asli adalah madu yang berasal dari jenis lebah hutan ( Apis dorsata ),lebah yang hingga saat ini belum dapat di ternak .
  • Madu Hutan Murni adalah madu yang 100% berasal dari hasil ( produksi ) lebah hutan ,Jadi tidak ada zat-zat tambahan apapun dengan cara-cara bagaimanapun yang tidak berasal dari proses alami lebah hutan.
  • Madu Hutan Alami adalah madu yang berasal dari lebah hutan ( Apis dorsata ) yang apa adanya, sehingga enzim-enzim dari lebah hutan masih ada yang akan dapat memberikan khasiat,manfaat lebih untuk manusia, Insyaa’ Allooh .Tempat hidup dan sarang koloni lebah tersebut juga harus masih alami ( belum tercemar polusi ) . Cara pemanenan / berburu sarang koloni lebah untuk di ambil madunya hingga pengemasan juga perlu di perhatikan supaya tidak mengurangi khasiat ,manfaat madu hutan tersebut.
  • Madu Mentah adalah madu yang masih apa adanya yaitu belum di masak atau di panasi (Pasteurisasi,Condensed,Stem,dst ) dengan api pada suhu tertententu,waktu tertentu dengan tujuan tertentu .

Proses Terjadinya Madu Oleh Lebah

Cara-Atasi-Hidung-Tersumbat-Dengan-Madu
Madu
Langkah pertama dari proses pembuatan madu oleh lebah adalah, untuk mengumpulkan nektar dari berbagai macam bunga dan tanaman, terutama selama musim panas. Lebah pekerja adalah perempuan seksual belum dewasa yang bekerja intens untuk mengunjungi bunga ( bunga pohon buah, dandelion, cengkeh ) dan kemudian membawa beban nektar ke sarang lebah dan usaha ini berat biaya mereka hidup mereka, karena mereka hidup hanya enam minggu . Nektar tanaman adalah cairan menggabungkan 80% air, gula kompleks alami ( sebagian besar sukrosa ) dan esensial asam amino, termasuk arginin, prolin, alanin, isoleusin, serin, valin dan glisin. Berbagai jenis nektar adalah sumber utama yang digunakan oleh lebah untuk membuat madu.

Pada waktu nektar dikumpulkan, bahan tersebut masih mengandung kadar air tinggi ( ±85% ) dan sukrosa tinggi. Setelah lebah mengubah nektar menjadi madu dan dimatangkan secara alami dalam sarang, maka kandungan air menjadi rendah ( kadar air 17-20% ). Demikian pula sukrosa pada nektar,akan di ubah lebah menjadi glukosa dan fruktosa (monosacharida) yang mudah dicerna dan diserap tubuh.

PROSES PEMATANGAN MADU SETENGAH JADI DALAM SARANG

Gambar-Koloni-Lebah-Hutan-Apis-Dorsata
Lebah Madu
Proses pematangan madu dalam sarang inilah yang menentukan kualitas madu. Jadi,kualitas madu ditentukan oleh pematangan madu secara alami dalam sarang atau kadar air, bukan oleh jenis nektar atau tanaman madu tersebut berasal. Jenis bunga atau lokasi penggembalaan lebah akan menentukan jenis madu ( penamaan madu ).misal: lebah yang digembalakan di kebun mangga maka madu yang berhasil di panenpun dinamakan madu mangga. Tetapi tetap proses pematangan madu yang paling mempengaruhi kwalitas madu yang di hasilkan lebah, selain faktor-faktor lainnya.

Penerima ( sarang lebah ) lebah madu mulai memproses madu di mulut mereka dan dalam perut lebah madu. Mereka lebah madu menambahkan enzim khusus yang dapat memecah gula kompleks hadir dalam nektar ( bahan dasar madu ) menjadi gula sederhana, dengan tujuan untuk membuat mereka lebih mudah dicerna oleh lebah. Gula sederhana ini kurang rentan terhadap kristalisasi. Proses ini dikenal sebagai inversi berlangsung selama hampir setengah jam. Selain itu, proses konversi ini juga membuat madu makanan yang sangat stabil terhadap berbagai bakteri, jamur dan jamur dan memungkinkan untuk menahan selama bertahun-tahun tanpa pendinginan. Dengan demikian, enzim yang dikenal sebagai invertase yang dihasilkan oleh lebah mengubah sukrosa, yang merupakan disakarida menjadi fruktosa dan glukosa, yang keduanya monosakarida atau gula enam-karbon.

NEKTAR SARI BUNGA DI RUBAH LEBAH MENJADI MADU

Apis Cerana-Jenis-Lebah-Ternak-Asia
Lebah Madu
Sebuah enzim kedua, yang disebut oksidase glukosa mengubah sebagian kecil dari glukosa menjadi hidrogen peroksida dan asam glukonat. Senyawa alami terakhir ini bertanggung jawab untuk mengubah madu ke dalam lingkungan asam dengan pH sangat rendah di mana berbagai macam patogen tidak dapat bertahan hidup. Hidrogen peroksida juga melindungi, meskipun untuk jangka pendek, terhadap mikroorganisme berbahaya ini, di terutama selama proses pembuatan madu dan selama cairannya untuk tujuan makan induk mereka.

Setelah perubahan ini diperlukan, deposit tetesan kecil lebah madu pada sisi atas dari sel-sel di sisir madu, di mana terjadi langkah akhir dari proses transformasi menjadi madu kental. Sebelum menempatkannya ke dalam madu sisir untuk bulan musim dingin, proses penguapan terjadi untuk tujuan mengurangi persentase air dari 80% menjadi hanya 17-18% dan memberikan tekanan osmotik tinggi.

PENGUAPAN MADU SEBAGAI TAHAP AKHIR PROSES PEMBUATAN MADU OLEH LEBAH SEHINGGA MENJADI MADU YANG MATANG DAN SIAP KONSUMSI

jual-madu-hutan-sarang-rumah-madu-jogja
Madu Lebah
Penguapan kelebihan kelembaban dipercepat oleh suhu hangat, dari 95 derajat Fahrenheit, di sarang lebah serta oleh fluks udara yang terjadi setelah nektar ditempatkan ke dalam madu sisir. Dalam rangka untuk memastikan jumlah yang diperlukan udara ada, semua lebah madu mulai kipas coordonately sayap mereka, sebagai sebuah tim. Karena proses penguapan dalam sangat penting, lebah madu aktif bahkan selama malam hari, ketika mereka dapat didengar memaksa sirkulasi udara dalam rangka untuk semakin mengubah gula menjadi madu.

Sumber Artikel Asli Silahkan dikunjungi jika ingin tahu lebih mendalam tentang Segala Jenis Madu : Klik Saja dibawah ini:

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:46
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.