loading...

Macam dan Jenis Tanaman Unik Yang Masuk Rekor MURI

Posted by

Beberapa Jenis dan macam tanaman yang masuk rekor MURI karena keunikan dan kelebihan atau kekurangan dibanding tanaman lain.
Tanaman (flora) Indonesia, beberapa yang memiliki keunikan tercatat dalamrekor MURI (Musium Rekor-Dunia Indonesia). MURI yang didirikan atas prakarsa Jaya Suprana di kawasan industri Jamu Jago, Srondol, Semarang pada tanggal 27 Januari 1990. Lembaga yang bertujuan menghimpun data-data rekor superlatif yang hadir di Indonesia atau dibuat oleh putera-puteri bangsa Indonesia ini, ternyata mencatat beberapa rekor yang berkaitan dengan lingkungan hidup utamanya tanaman atau flora Indonesia.
Rekor-rekor itu antara lain: Pohon kelapa dengan cabang terbanyak, pohon jati dengan harga jual tertinggi (termahal), tanaman bunga matahari tertinggi dan terpendek, tunas kelapa unik, bambu papak (pring petuk), melon terberat, pohon pisang bercabang, pohon pisang terpendek dan pohon pisang bertandan terbanyak.
Pohon Kelapa dengan Cabang Terbanyak
Sebatang Pohon Kelapa unik yang terdapat di kompleks Hotel Patrajasa Bali Resort (PJBR) di Tuban, Kabupaten Badung, Bali. Meskipun sebagai flora monokotil yang ditanam sejak tahun 1972 ini semula tumbuh normal. Namun sejak 1976 tanaman ini mulai bercabang hingga mempunyai 41 cabang.
Konon, setiap orang yang menghitung (dalam satu waktu, cara, dan metode), masing-masing akan mendapatkan jumlah yang berbeda satu sama jumlah yang berbeda satu sama lain. MURI melakukan penghitungan dua kali dengan jumlah yang tidak sama. Jumlah yang dibukukan, cabang pada pohon kelapa 41, terdiri dari 28 cabang hidup dan 13 cabang mati.
Pohon Jati Termahal
Pohon jati di petak 1.092 A Resor Pemangku Hutan Temengeng, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Pasar Sore, KPH Cepu, Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah terjual dengan harga Rp 1 miliar. Tepatnya di Desa Temengeng, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah
Tinggi pohon Tectona grandis berusia antara 150-200 tahun itu setinggi 35 meter, berdiameter 3 meter, dengan keliling batang 6,9 meter. Tanaman ini dibeli pengusaha mebel dari Ngawi dan Blitar, Jawa Timur, Bobby Wibowo dan Saekoni.
Penjualan tersebut tercatat di Museum Rekor Indonesia (Muri) pada 10 Agustus 2007. Piagam penghargaan dari Muri itu akan diserahkan Direktur Muri Jaya Suprana kepada Direktur Utama Perum Perhutani Transtoto Handadhari dalam acara penebangan pohon jati tersebut, 23 Agustus 2007.
Tanaman Bunga Matahari Tertinggi
Pohon Bunga Matahari Tertinggi dengan ukuran 2,75 meter. Rekoris, DR. Benny J. Mamoto, SH.Msi. Sulawesi Utara.
Tanaman Bunga Matahari Terpendek
Pohon Bunga Matahari Terpendek dengan ukuran 20 cm. Rekoris, DR. Benny J. Mamoto, SH.Msi. Sulawesi Utara.
Tunas Kelapa Unik
Sebuah pohon kelapa bertunas 3 buah.  Rekoris : M. Yusuf Habiby.
Pemilik Bambu Unik Berbentuk Papak (Pring Petuk)
Bapak Ichwam Bachtiar adalah pemilik bambu langka yang diberi nama Pring Petok berbentuk papak ukuran 15,5 cm. Pring petok ini sudah diteliti oleh tim ahli botanik dari Jepang.
Melon Terberat
Melon  terberat di Indonesia, mempunyai berat 4,37 kg. Melon ini merupakan hasil kebun Ir Harsono Enggal Harjo, salah seorang donatur Yayasan Obor Tani, dengan support teknis dari Yayasan Obor Tani. Melon jenis Apollo ini ditanam di kebun buah di Dusun Soponyono, Desa Wonosari, Kecamatan Patebon, Kendal. Rekor ini tercatat pada 27 November 2007
Pohon Nanas Unik
Bapak  Sulo, Bingkanang, Pekanbaru, Riau, mempunyai pohon nanas yang unik karena memiliki 15 buah mahkota.
Pohon Pisang Bertandang Terbanyak
Pohon pisang dengan tandan mencapai 2,5 m dan berat 40 kg, berbuah hingga 220 sisir. Tanaman ini dimiliki oleh H. Fathorrahman.
Pohon Pisang Bercabang Banyak
Pohon pisang ini merupakan hasil pembiakan yang dilakukan oleh Drs. David Mulyono, Ambarawa, Jawa Tengah. Mereka berhasil mengembangbiakan tanaman pisang yang dapat bercabang lebih dari dua.
Tanaman Pisang Terpendek Berbuah
Tanaman pisang ini milik Suparwoto asal Yogyakarta, Indonesia. Pohon pisang ini lain dari pohon pisang pada umumnya, pertumbuhannya yang kerdil membuatnya eksklusif yaitu dengan ketinggian 17 cm sudah berbuah dan buahnya normal hingga matang pada usia 2 bulan.
Bengkoang Terberat
Bengkoang terberat ini ditanam oleh Leo Sutisna. Bengkoan ini mampu berumbi sangat besar hingga mencapai ukuran keliling 124 cm dan berat, 21 kg.
Pohon Tertinggi dan Tertua
Untuk rekor Pohon tertinggi dan tertua di Indonesia sepertinya belum ada. Rekor pohon tertinggi di dunia sampai saat ini masih dipegang oleh sebatang pohon kayu merah (Sequoia sempervirens) yang tumbuh di California. Mungkin MURI kalah cepat dengan  para penebang hutan. Belum sempat tinggi sudah rebah terpotong lebih dahulu.
Referensi tulisan: 
http://www.muri.orgdan beberapa media lain.
Alamendah.org
Rekor MURI: Penanaman pohon dalam galon terbanyak.
Halaman Rektorat Kampus Unair benar-benar menghijau Sabtu (30/8). Dengan busana hitam-putih, 6.060 mahasiswa baru (maba) menanam 6.060 pohon bersama-sama. Mereka meraih rekor Muri untuk kegiatan yang diselenggarakan sekaligus untuk perayaan Dies Natalis Ke-60 Unair.
’’Jumlah 6.060 itu pas dengan angka Dies Natalis Unair,’’ kata Direktur Kemahasiswaan Unair Eko Supeno.
Sebagian besar bibit tanaman tersebut adalah pohon produktif yang berbuah. Misalnya, durian, alpukat, jeruk lemon, jambu merah, sawo merah, dan mangga. Semua ditanam dengan galon air mineral.
Menurut Eko, metode penanaman dengan galon itu hanya sementara. Jika pohon sudah cukup kuat, pohon akan dipindahkan ke media lain. Aksi tanam pohon buah tersebut dilakukan untuk menghijaukan kampus. Namun, tidak semuanya ditanam di kampus. Hanya 4.500 pohon. ’’Sisanya dibagikan ke masyarakat seperti masjid. Ini juga merupakan bentuk dukungan gerakan green and cleanKota Surabaya,’’ tuturnya.
Seorang mahasiswa baru Unair Difa Wardatul Izza menyatakan sangat mendukung penghijauan tersebut. ’’Bagus. Nanti bisa merindangkan lingkungan kampus,’’ ujarnya. Mahasiswa lain, Dita Laksana, berharap kampusnya bisa semakin hijau.
Penanaman 20 Juta Pohon
PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat, memecahkan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) Menabung 20 Juta Pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.
Kegiatan yang  dipusatkan di areal Yonif Arai752 Manokwari ini, dipimpin langsung oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Budiman. Penanaman pohon dilakukan pada waktu bersamaan (08.00 WIB, 09.00 WITA, dan 10.00 WIT) dan berlangsung selama 24 jam.
Penanaman 20 juta pohon ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Pertamina di bidang lingkungan yang dikerjasamakan dengan TNI AD. Kegiatan penanaman pohon dilakukan di 8.815 lokasi di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan, 13 Kodam dan 60 Kodim yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya meliputi Aceh Besar, Deli Serdang, Tangerang, Garut, Temanggung, Tanjung Selor, Mamuju, Karangasem, Sintang, dan lain-lain.
Sumber
Jawapos.com
Pertamina.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 15:27

1 komentar:

  1. Penghijauan di Tahun 2016 ini perlu diperhatikan untuk kelestarian lingkungan di masa yang akan datang. http://www.greenpack.co.id

    ReplyDelete

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.