loading...

Macam dan Jenis Reptil serta Manfaatnya Bagi Manusia

Posted by

Klasifikasi Reptil

Reptil sendiri memiliki populasi yang sangat banyak, dan terbagi berbagai macam ordo. Berikut ini adalah beberap aordo dari reptile :

Ordo Crocodilia, yang merupakan ordo yang memiliki ciri fisik berbentuk seperti buaya. Contohnya adalah buaya, alligator dan jugar garhial. Diperkirakan ordo Crocodilia ini memiliki kurang lebih 23 spesies di dalamnya.Ordo Sphenodontiamerupakan salah satu ordo dari hewan tuatara, yang mungkin tidak ada atau jarang sekali ditemukan di Indonesia. Terdiri dari 2 spesies saja.Ordo Squamala merupakan salah satu jenis ordo yang memiliki spesies terbanyak, yaitu kurang lebih sekitar 7900 spesies. Termasuk di dalam ordo squamala ini adalah kadal, ular, dan beberapa macam hewan amphibi.Ordo testudinata, merupakan salah satu ordo yang juga memiliki spesies yang banyak, yaitu sekitar 300 spesies. Dimana di dalamnya yang termasuk di dalam ordo ini adalah kura-kura dan penyu.

Jenis reptile sendiri sangatlah bervariasi mulai dari reptil jenis kecil, seperti cicak dan juga tokek hingga reptile raksasa, seperti buaya dan juga komodo. Saat ini beberapa jenis reptil sudah masuk ke dalam spesies yang hampir punah dan harus dilindungi. Namun demikian disamping itu, saat ini juga ada beberapa reptil yang keberadaannya sangat meresahkan, sehingga menjadi hama, dan harus dibasmi agar tidak merugikan.

Meskipun demikian, hewan reptil ternyata memiliki manfaat loh bagi manusia. Apa saja manfaat reptil bagi manusia? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai hewan peliharaan

Manfaat pertama dari reptil adalah sebagai hewan peliharaan. Mengerikan? Mungkin ada beberapa reptil yang mungkin sangat mengerikan apabila dijadikan sebagai salah satu hewan peliharaan, seperti ular dan juga buaya. Namun demikian, fenomena ini memang nyata adanya di kalangan masyarakat, tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia, dimana beberapa jenis reptil yang dianggap berbahaya malahan menjadi salah satu hewan peliharaan.

Apabila anda takut anda dapat mencoba untuk memelihara reptil yang lebih jinak dan lucu, seperti jenis kura-kura, yang biasa dipelihara di rumah yang memiliki kolam ataupun akuarium.

2. Kulit reptil dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan

Manfaat lainnya dari reptil yang sering digunakan oleh manusia adalah kulit reptile. Ya, beberapa jenis kulit reptil, seperti ular, buaya dan juga jenis kadal memiliki corak serta kualitas kulit yang sangat menarik dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pengrajin untuk mengolah kulit dari berbagai hewan reptil ini menjadi bahan kerajinan tangan. Biasanya, kulit reptil ini seringkali diolah menjadi bahan utama pembuatan dompet, ikat pinggang, tas, bahan sepatu kulit dan juga berbagai macam produk fashion lainnya.

Selain itu, beberapa orang percaya bahwa kulit dari hewan reptil memiliki tuah tersendiri, sehingga dianggap sebagai salah satu benda yang dikeramatkan.

3. Dimanfaatkan untuk dikonsumsi

Saat ini daging reptil sebagai salah satu bahan daging konsumsi mungkin masih jarang diaplikasikan pada masyarakat umum, namun demikian hal ini sudah mulai bisa diterima oleh akal sehat. Ya, manfaat reptil yang biasa dimakan adalah jenis ular dan juga kadal, seperti biawak, yang konon katanya memiliki rasa yang sangat lezat dan juga memiliki banyak sekali khasiat yang tinggi.

Salah satu kepercayaan masyarakat menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi daging dari hewan jenis reptil dapat menyembuhkan penyakit kulit, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, serta sangat menyehatkan tubuh kita. Hal ini mungkin benar, namun mungkin juga salah, karena pada dasarnya belum ada penelitian yang benar-benar terfokus pada kandungan serta khasiat dari daging hewan reptil tersebut.

4. Telur reptil sering dikonsumsi oleh manusia

Selain dagingnya, ternyata beberapa telur dari spesies reptile juga sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan konsumsi. Salah satunya adalah telur penyu dan juga terkadang telur reptile lainnya. Sama seperti daging reptil, telur dari hewan reptil tersebut hingga kini masih diyakini dan juga dipercaya akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kepercayaan yang paling utama adalah dapat meningkatkan stamina dan juga vitalitas tubuh, sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan obat tradisional untuk stamina pria.

5. Menetralisir bisa dan racun

Ular, merupakan salah satu jenis reptil yang memilki racun atau bisa. Racun ini dapat sangat berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh manusia, karena bisa menyebabkan kematian. Nah, untuk menetralisir racun ini, ternyata yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan bagian tubuh dari ular, seperti bisa ular itu sendiri dan juga empedu ular. Kedua bahan ini bisa diolah dan juga diekstar sebagai salah satu penawa bisa atau racun ular yang sangat ampuh dan dapat membantu menetralisir bisa ular yang masuk ke dalam tubuh kita.

6. Membasmi hama tanaman di kebun dan sawah

Manfaat reptil lainnya adalah sebagai salah satu jenis predator alami. Sebagai salah satu predator alami, reptile kebanyak memakan berbagai macam hama yang ada pada persawahan dan juga lingkungan perkebunan, salah satunya adalah tikus. Tikus merupakan salah satu hama yang sangat mengganggu dan sulit untuk diberantas. Namun dengan adanya reptil,  maka ia akan berperan secara alami sebagai predator dari tikus, yang dapat membantu mengurangi jumlah hama tanaman secara efektif.

Sumbet manfaat.co.id

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:16
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.