loading...

Kuota Impor Sapi BX Australia 200 Ribu Ekor Pada Kuartal IV

Posted by

Sapi BX Impor Asal Australia akan Masuk ke Indonesia sebanyak 200 ribu ekor pada kuartal iv tahun 2015. Pemerintah menyatakan akan mengeluarkan izin impor sapi bakalan sebanyak 200 ribu ekor untuk kuartal IV tahun ini. Kebijakan tersebut sesuai dengan terbitnya rekomendasi dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Kementerian Pertanian (Kementan) merencanakan untuk mengeluarkan izin rekomendasi impor sapi bakalan sebanyak 200 ribu ekor di kuartal IV-2015. Jumlah tersebut pasca menghitung jumlah pasokan di 2015 dan perkiraan kebutuhan di 2016.



"Izin rekomendasinya belum dikeluarkan karena masih menunggu kelengkapan administrasi," kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Muladno Basar pada Senin sore (14/9). Kuota impor tersebut akan diberikan kepada para importir sapi bakalan atau feedlotter.

Apalagi pada tahun ini, sejumlah sapi lokal indukan yang masih produktif banyak yang dipotong untuk menutupi kebutuhan daging dalam negeri. "Kita optimistis dengan kuota impor sapi bakalan sebanyak itu, kebutuhan daging sapi sudah terpenuhi," ujar Muladno, di Gedung DPR, Senin (14/9).

Sebelumnya, data Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut, harga rata-rata daging sapi per September 2015 yakni sekitar Rp 109.100 per kilogram (kg). Padahal, pemerjntah menargetkan harga sapi turun di bawah Rp 100 ribu. Mahalnya harga sapi diindikasi disebabkan pasokan sapi yang menipis akibat salah kebijakan penetapan kuota impor.

“Impor sapi bakalan itu 200 ribu ekor untuk kuartal IV. Rekomendasinya sudah ditandatangani oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman,” tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution kala ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (25/9).


Teknis pembagian kuota importir, akan dilakukan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebagai instansi teknis yang menerbitkan izin impor sapi.

“Tinggal teknis pembagiannya oleh Menteri Perdagangan,” kata Darmin.

Untuk impor di akhir 2015 ini, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut memastikan pemerintah hanya akan mengizinkan sapi tersebut didatangkan dari Australia sebagai negara yang sapinya sudah memenuhi ketentuan bebas penyakit kuku dan mulut.

Sebagai informasi, Kemendag telah mengeluarkan izin impor sapi sebesar 50 ribu ton pada kuartal III 2015. Angka ini merosot tajam dari realisasi impor sapi pada kuartal I yang sebesar 97,61 ribu ekor dari target impor 100.000 ekor dan kuartal II yang terealisasi 201,64 ribu ekor dari target impor 267,62 ribu ekor. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:20
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.