loading...

Kejelekan dan Efek Negatif Kalsium Jika Berlebihan di dalam Tubuh

Posted by

Meskipun bermanfaat konsumsi kalsium tidak boleh berlebihan

Efek negatif kalsium jika berlebihan. Sudah banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kalsium diperlukan tubuh untuk selalu sehat dan mendukung pertumbuhan tulang serta gigi. Sehingga Anda pun wajib untuk mengonsumsi kalsium setiap hari bahkan meskipun Anda sudah berusia lanjut untuk mencegah osteoporosis.

Walaupun begitu, Anda pun sebaiknya juga memperhatikan jumlah kalsium yang Anda konsumsi. Sebab ternyata terlalu banyak mengonsumsi kalsium bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti di bawah ini.

Hipertiroidisme
Tubuh manusia memiliki kelenjar paratiroid yang bertanggung jawab untuk mengendalikan jumlah kalsium dan fosfor yang ada di dalam tubuh. Ketika hormon paratiroid dilepaskan, maka idealnya tubuh harus berhenti untuk menyerap kalsium. Namun ketika di dalam tubuh Anda terlalu banyak kalsium, maka hormon ini akan terganggu dan menyebabkan masalah kronis bernama hipertiroidisme.

Penyakit kardiovaskular
Ketika terdapat terlalu banyak kalsium dalam tubuh, maka kerja jantung Anda bisa terganggu. Bahkan sebagian besar kasus serangan jantung adalah hasil dari terlalu banyaknya jumlah kalsium dalam tubuh.

Merasa mudah lelah dan mual
Salah satu gejala utama dari meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh adalah Anda akan mengalami mual dan kelelahan. Sebab tingginya kalsium dalam tubuh akan menyebabkan fungsi tubuh tidak bisa bergerak secara maksimal.

Penurunan jumlah mineral lainnya
Ketika di dalam tubuh ada terlalu banyak kalsium, maka mineral tubuh lainnya akan terdesak sehingga jumlahnya berkurang. Salah satu hal yang bisa Anda rasakan adalah naiknya tekanan darah dan detak jantung yang tidak teratur.

Batu ginjal
Tahukah Anda bahwa terlalu banyak kalsium dalam tubuh bisa menyebabkan batu ginjal? Hal ini disebabkan karena kalsium yang terlalu banyak bisa mengganggu kerja hati.


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:06
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.