loading...

Kandungan Gizi Daging Sapi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Serta Cara Mengkonsumsi Daging Yang Benar

Posted by

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi Daging Sapi yang benar Agar Kandungan Nutrisi Tetap Terjaga Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping


Kandungan Nutrisi dalam daging sapi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Daging sapi memiliki kandungan gizi yang beragam dan bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti omega-3, zat besi, vitamin D, vitamin B kompleks, protein, selenium dan masih banyak lagi. Berikut ini ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat anda konsumsi dari daging merah.

Kandungan Protein Tinggi Dalam Daging Sapi
Kandungan protein adalah nutrisi utama yang ada pada daging merah. Otot dan hormon yang sehat adalah manfaat utama dari terpenuhinya kebutuhan protein anda.

Daging adalah Sumber Vitamin B12
Bahan dari makanan hewani adalah salah satu sumber dari vitamin B12. Vitamin B12 baik untuk kesehatan darah dan sistem saraf manusia. Bila kurang konsumsi vitamin B12 terutama pada ibu hamil dapat menyebabkan pertumbuhan bayi menjadi buruk.

Daging Sapi Mengandung Asam linoleat
Daging sapi dan domba mengandung asam linoleat. Kandungan ini kaya akan zat antioksidan dan anti karsinogen yang dapat menangkal berbagai macam jenis kanker.

Manfaat Daging Sapi untuk Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kandungan zinc yang ada pada daging merah memiliki manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan bagi tubuh manusia. Kandungan seng juga dapat meminimalkan efek dari penuaan dini.

Sumber Asam lemak omega 3
Asam eicosapentaenoic atau EPA merupakan lemak omega-3 yang terdapat pada daging sapi dan ikan. Asam lemak ini dapat meningkatkan kesehatan emosional, kemampuan kognitif dan kesehatan umum lainnya.

Cara Mengolah dan Mengkonsumsi daging sapi Secara Benar agar Terhindar dari Bahaya dan Efek Samping Daging.

Konsumsi daging sapi secara sehat tergantung dari cara mengolahnya, selain kualitas dari daging sapi itu sendiri. Daging sapi memang mengandung banyak lemak, tetapi bisa diatasi dengan memisahkannya dari daging sapi tersebut. Ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan saat mengkonsumsi daging sapi biar tidak memiliki efek buruk bagi kesehatan.

Memisahkan lemak dari Daging
Lemak umumnya menempel pada daging sapi, sebaiknya anda memisahkannya supaya menjadi daging sapi yang sehat. Cara memisahkan lemak dari daging sapi ini cukup mudah, cukup dengan memisahkan bagian luar daging yang berwarna putih (lemak). J angan memotong bagian putih daging dalam daging, karena akan membuat potongan daging menjadi lebih kecil dan tidak sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Lemak pada daging yang sedikit ini akan meleleh ketika dipanaskan. Sedikit lemak pada daging sapi akan membuat cita rasa menjadi gurih.

Perhatikan Cara Memasak
Daging sapi sehat dan aman untuk dikonsumsi sangat berkaitan dengan cara memasak anda. Bila memasak dengan cara yang benar dan sehat, makanan yang dihasilkan akan sehat juga. Untuk mengkonsumsi daging sapi sehat, gunakan sedikit minyak dan mentega karena dua bahan ini akan menambah lemak. Sebaiknya gunakan cara memasak seperti direbus, dikukus, dipanggang, steam atau dengan cara lain yang tidak terlalu banyak menggunakan minyak atau mentega. Dengan cara seperti itu, daging sapi olahan akan tetap sehat untuk dikonsumsi.

Memilih Potongan Daging Sapi Yang Sesuai dengan Jenis Masakan.
Daging sapi memang mengandung lemak, tetapi hanya beberapa bagian saja. Untuk daging sapi yang sedikit lemak adalah daging sapi yang berwarna merah, seperti fillet, has atau tenderloin. Daging sapi yang berwarna merah kaya akan zat besi, protein, seng, selenium dan asam lemak yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya hindari konsumsi daging sapi pada bagian yang mengandung banyak lemak, seperti kulit, iga dan jeroan.

Selalu Gunakan Rendah Sodium atau Gunakan Garam Jangan Berlebihan Untuk Membumbui Daging Sapi.
Kandungan sodium terdapat pada garam, sodium tidak boleh terlalu banyak saat mengolah daging sapi karena bila menggunakan sodium untuk bumbu daging sapi terlalu banyak dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Gunakan bumbu herbal, rempah – rempah atau jeruk yang bisa membuat aroma olahan daging sapi semakin menggoda.

Jika dikonsumsi secara benar, sesuai dan tidak berlebihan maka banyak manfaat yang akan diperoleh dari daging sapi ini. Berikut manfaat daging sapi untuk kesehatan:
  • Membangun otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat
  • Sumber energi yang besar
  • Menjaga hidup sehat untuk segala umur
  • Mencegah diabetes dan Obesitas
  • Mengatur berat badan
  • Kesehatan kognitif (otak)
  • Menyembuhkan luka
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah anemia
  • Meningkatkan sel darah merah
  • Meningkatkan kesehatan kulit


Untuk usia tertentu sebaiknya mengurangi asupan daging berlemak dan juga jerohan sapi karena pada umur tertentu metabolisme tubuh akan jauh berkurang untuk mencerna makanan sehingga konsumsi berlebih daging berlemak dan jerohan bisa menimbulkan penyakit tertentu seperti asam urat dan hipertensi serta penyakit jantung koroner.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:01
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.