loading...

Jenis dan Macam Kandang Sapi Disesuaikan Dengan Pertambahan Umur Sapi Yang Dipelihara

Posted by

Kandang Sapi Berdasarkan Perkembangan dan Pertumbuhan Sapi Mulai dari Pedet sampai Dewasa



Kandang sapi. Seyogyanya seorang peternak memiliki bebrapa macam kandang sapi yang digunakan sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan ternak sapi yang dipeliharanya. Berikut ini beberapa jenis macam kandang sapi sesuai umur pertumbuhan sapi:


Kandang Pedet 0 – 4 bulan
Pedet yang berusia 0 – 4 bulan harus dibuatkan kandang sendiri agar tidak bercampur dengan pedet atau sapi lainnya. Dapat pula dibuatkan penyekat atau penghalang antar kandang. Hal ini disebabkan pedet sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh perubahan cuaca dan pedet memiliki naluri menyusu sehingga jika disatukan dapat saling mngisap dan menjilat. Kandang pedet lazimnya dibuat dari bahan bambu atau kayu berukuran 95 x 150 x 130 cm.

Kandang Pedet Lepas Sapih (4 – 8 bulan)
Kandang yang diperlukan untuk pedet lepas sapih yang berusia 4 – 8 bulan berupa kandang sistem kelompok di dalam kandang koloni. Hal ini dimaksudkan agar sapi-sapi remaja lebih bebas bergerak sehingga tulang dan badannya kuat dan tidak terjadi persaingan dalam mendapatkan pakan. Karenanya tempat pakan, tempat minum dan tempat berteduh dibuat terpisah.

Kandang Sapi Dara (8 bulan – 2 tahun)
Kandang sapi dara dapat dibuat dengan sistem koloni agar memudahkan pengontrolan saat birahi. Namun jika kandang khusus sapi dara ini tidak ada, sapi dara dapat ditempatkan pada kandang sapi dewasa.

Kandang Sapi Dewasa atau Masa Produksi (lebih dari 2 tahun dan laktasi)
Sapi yang telah berproduksi dikelompokkan dalam satu kandang. Pangelompokkan ini sebaiknya berdasarkan tingkat produksi susu sehingga sapi yang berproduksi tinggi tidak bercampur dengan sapi yang produksinya rendah. Dengan pengelompokkan seperti ini manajemen atau tatalaksana pemberian pakan dapat dilakukan secara optimal.

Kandang sapi dewasa biasanya dibuat satu jajar dengan jumlah genap, karena satu bak air disediakan untuk 2 ekor sapi. Kandang per ekor sapi adalah panjangnya 180 – 200 cm, lebar 135 – 140 cm, lebar saluran kotoran 30 – 40 cm dan lebar tempat pakan 80 – 100 cm.

Kandang Sapi Kering Keberadaan kandang untuk sapi yang akan beranak atau kandang kering kandang sangat penting. Hal ini disebabkan karena sapi yang akan beranak memerlukan exercise atau latihan persipan melahirkan untuk merangsang kelahiran normal. Di kandang ini sapi tidak di perah susunya selama sekitar 2 bulan. Dengan demikian pakan yang dimakan hanya untuk kebutuhan anak yang berada dalam kandungan dan kebutuhan hidup dalam mempersiapkan kelahiran.

Pemisahan kandang ini sangat bermanfaat untuk membuat sapi lebih "nyaman" dan lebih sehat sehingga pertumbuhan bisa lebih bagus dan pertambahan berat badan bisa lebih cepat. Tetapi sebenarnya hal ini tidak mutlak, karena terkadang peternak memiliki keterbatasan lahan yang tidak memungkinkan untuk membuat berbegai macam kandang dilahannya. Cara yang terbaik adalah dengan menggunakan sekat, prinsipnya sebisa mungkin pedet lepas sapih tidak tercampur dengan induknya sehingga perkembangan pedet bisa lebih terjamin, salah satunya adalah kompetisi pakan jika pedet masih digabung dengan induk maka pedet akan kalah makan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:16
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.