loading...

Faktor Penyebab Ejakulasi Dini dan Tanda-tanda Adanya Gejala Premature Ejaculation

Posted by

Waspadai Ejakulasi Dini. Meskipun sulit dipercaya, namun 50 persen keluhan ejakulasi dini atau premature ejaculation (ED) terjadi pada kaum muda. Satu dari tiga pria dewasa melaporkan bahwa ejakulasi mereka lebih cepat dari yang diharapkan. Pada pria yang telah menikah, 30-40 persen mengalami ejakulasi dini. Ejakulasi dini menjadi masalah yang dikhawatirkan banyak pria. Mereka kerap bertanya seberapa lama seharusnya seorang pria mempertahankan ereksinya saat bercinta. Padahal, definisi dari ejakulasi dini sendiri sebenarnya selalu berubah dari waktu ke waktu. Hingga sekarang tidak ada definisi yang tetap tentang ejakulasi dini.

Dari beberapa terapis seks dan dokter banyak menggunakan definisi yang berbeda dalam menjelaskan pengertian ejakulasi dini. Namun pada tahun 2008 International Society for Sexual Medicine merilis sebuah definisi baru tentang ejakulasi dini. Definisi tersebut diperoleh setelah berkonsultasi dengan 21 ahli yang diakui secara internasional.

Kurang dari 7 Menit. Ejakulasi dini adalah disfungsi seksual pada pria yang ditandai dengan ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi sebelum atau dalam waktu sekitar satu menit setelah penetrasi, dan ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi. Beberapa peneliti seks mendefinisikan ejakulasi dini terjadi jika pria berejakulasi dalam waktu kurang dari dua menit setelah penetrasi dilakukan. Tetapi sebuah survei yang dilakukan oleh Alfred Kinsey pada tahun 1950 menunjukkan bahwa ¾ pria mengalami ejakulasi kurang dari 7 menit penetrasi pada lebih dari setengah kegiatan seksual mereka.

Menurut dr. Nugroho Setiawan, Sp.And, dokter spesialis andrologi dari RS Premier Bintaro, saat ini banyak terapis seks yang mendefinisikan ejakulasi dini sebagai ketidakmampuan mengontrol ejakulasi saat hubungan seksual terjadi dan berakibat mengganggu kesejahteraan emosional dalam salah satu satu atau kedua pasangan.

Ejakulasi dini tentunya tidak akan muncul tanpa adanya penyebab. Ejakulasi dini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor fisik dan non fisik. Khusus untuk faktor fisik, beberapa hal yang bersifat fisik dapat menyebabkan terjadinya ejakulasi dini pada pria. Mulai dari terjadinya perubahan pada kelenjar prostat, penyakit diabetes, gangguan pada saraf dan karena kegagalan dalam mengendalikan titik ejakulasi.
Pengalaman seksual seperti kebiasaan onani atau masturbasi turut memberi andil terjadinya ejakulasi dini. Karena kegiatan ini kerap dilakukan secara terburu-buru, maka jika kegiatan ini dilalukan secara terus-menerus, lama-kelamaan kegiatan ini akan respon pada otak untuk mempercepat proses ejakulasi. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap cepatnya terjadi ejakulasi.

Faktor-faktor non fisik juga memberi andil terjadinya ejakulasi dini pada pria. Misalnya, pasangan wanita sedang menderita sakit, tekanan kerja yang meningkat, masalah keluarga yang belum terselesaikan, orientasiseksual yang salah, kurang pengalaman dalam seks, suasana rumah yang tidak mendukung ketika berhubungan seks, kecemasan, perasaan takut gagal dan fantasi seks yang berlebihan. Ketakutan atau kegelisahan juga bisa menjadi penyebab ejakulasi dini.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:12
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.