loading...

Daun Namnam, BerManfaat Untuk Mengobati Kencing Batu, Darah Tinggi, Diare dan Menguruskan Badan

Posted by

Manfaat Mujarab Daun Namnam, BerManfaat Untuk Mengobati Kencing Batu, Darah Tinggi, Diare dan Menguruskan Badan

Daun Namnam

Nama-nama lokal Daun Namnam. Dalam beberapa bahasa daerah dikenal juga sebagai namu-namu (Manado dan Maluku), namo-namo (Ternate), namet (Halmahera), namute, lamute, lamuta, klamute (Maluku bagian tengah), arepa (Bugis), dan puti anjeng (Makasar). Di Sunda buah namnam dikenal sebagai pukih. Juga sebagai kopi anjing, namnam (Sunda, Jawa, dan Madura), puci anggi (Bima), kuwanjo (Bali), aloma (Seram), dan kfamute (Buru).

Kegunaan :

Buah Boleh dimakan segar atau mentah, dicicah dengan garam atau dijadikan bahan rujak, jeruk atau manisan (halwa). Boleh juga digunakan sebagai campuran sambal.

Cara Membuat Ramuan Daun Namnam Untuk Pengobatan
  • Siapkan Daun Namnam yang masih muda
  • Rebus daun muda nam nam sebanyak 5, 7 atau 9 helai dengan air secukupnya
Ramuan ini untuk mengobati:
  • meringankan gejala diare.
  • melancarkan air mani
  • mengubati penyakit kencing batu.
  • penawar darah tinggi dan kencing manis
  • kuruskan badan.
Air herba dari rebusan daun ini warnanya seperti air teh, tidak pekat dan rasanya seperti air masak biasa.

Sekilas Tentang Pohon dan Buah Namnam
Pohon namnam mempunyai tinggi antara 3-10 meter. Batangnya tegak, bulat, berwarna abu-abu kecoklatan, dan berbonggol-bonggol. Daun namnam atau kopi anjing majemuk dengan sepasang anak daun berbentuk lonjong dengan panjang antara 5-15 cm. Daun berwarna putih atau merah jambu terang ketika masih muda dan berubah menjadi hijau tua mengkilat ketika tua.



Buah namnam (kopi anjing)

Bunga kopi anjing majemuk yang tumbuh di batang dan cabang. Buahnya berbentuk polong dengan daging yang tebal. Bentuk buah lonjong berwarna coklat atau kekuningan dengan permukaan yang kasar dan keriput. Buah namnam berukuran antara 3-9 cm dengan ketebalan antara 2-6 cm. Saat masak buah berasa asam agak manis. Di dalam buah namnam terdapat sebutir biji berbentuk pipih.

Meskipun belum diketahui dengan pasti asal usulnya namun sejumlah pihak menyakini pohon namnam merupakan tumbuhan asli Indonesia. Namnam diketahui ditanam di hampir seluruh wilayah di Indonesia, Asia Tenggara, dan India.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:44
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.