loading...

Cara Mudah Mengecat Dengan Baik dan Benar, Ini Langkah-langkahnya

Posted by

Cara Mengecat Tembok Yang Benar
Cat. Sebelum memulai pengecatan, tentunya kita harus ketahui adalah jenis dari catnya dan cat yang digunakan harus sesuai dengan penggunaannya, misalnya cat eksterior dipakai untuk dinding luar karena lebih tahan dengan perubahan cuaca, suhu dan temperatur udara yang drastis. Cat yang gampang memudar biasanya disebabkan oleh kualitas cat dan penggunaannya, misalnya cat interior dipakai untuk eksterior.


Cat yang baik adalah cat yang memiliki resistensi terhadap garam (alkali resistant) yang terdapat dalam campuran bahan-bahan pengisi dinding agar warna cat tembok tidak cepat kusam dan belang. Untuk memperkuat cat eksterior agar lebih tahan lama, cat dasar diperlukan karena memiliki ketahanan terhadap garam atau alkali yang cukup tinggi agar mencegah rusaknya cat dinding. Cat dinding luar/ eksterior biasanya memiliki kandungan kimia yang membuatnya tahan cuaca, dan disebut weatherproof, weathershield, dan sebagainya. Meskipun akan menggunakan cat eksterior, akan lebih baik bila diberi cat dasar dahulu.

Langkah-langkah Memulai Pengecatan:
  • Persiapkan alat-alat sebelum mengecat seperti kuas, kaleng air. Cat aduk dulu kurang lebih selama lima menit.
  • Jangan lupa agar barang-barang lain tidak terkena cat, pertama pindahkan atau ditutupi dengan koran. Bersihkan dahulu dinding dengan vaccum cleaner kalau ada, atau dengan kemoceng atau sapu. Bila terlalu kotor dapat disikat dengan deterjen atau cairan pembersih jamur. Bersihkan permukaan dengan air.
  • Ratakan dengan plamir bagian dinding yang perlu ditambal seperti retak rambut, lubang paku dan lainnya.
  • Untuk permukaan lapisan tembok baru dapat dilapisi water base atau solvent yang bermutu agar hasil akhir menjadi lebih rata, halus dan tidak mudah mengelupas. Wall sealer juga bisa dipakai untuk menyesuaikan ph semen dengan ph cat sehingga warnanya akan tahan lama.
  • Cat dengan warna putih sebagai dasaran, tunggu sekitar 1-2 jam untuk mengeringkannya. Campur cat warna dengan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat, aduk hingga rata selama 5 menit.
  • Trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Setelah 2-3 jam baru lapisi kembali dengan cat agar lebih mulus hasilnya. Roller bisa digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding.
  • Untuk bagian plafon bisa menggunakan roller, campuran cat dibuat agak kental.
  • Bila ingin merubah warna lain dinding harus diamplas sampai rata. Bersihkan dengan alat pembersih, kemudian baru dicat dengan warna yang disukai. Agar dinding tidak terlihag berbeda warna, caranya adalah kerjakan satu bidang permukaan dinding di saat itu juga dalam satu waktu sehingga warna permukaan semua relatif sama. Jarak waktu antara lapisan satu dengan kedua sekitar 1-2 jam dan jangan terlalu lama.
Tips Mengecat Dinding:

1. Bersihkan Dinding

Pastikan permukaan dinding yang akan anda cat ulagn bersih dari debu. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada area dinding. Kotoran pada dinding ini sangat wajib dihilangkan. Debu, kotoran dan noda minyak akan membuat hasil akhir cat tidak halus dan merata. Berishkan dengan air yang dicampur dengan deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosok-gosokkan spons ke dinding hingga bersih, lalu bilas dengan air untuk menghilangkan residu sabun.

2. Lindungi Bagian yang Tak Ingin Dicat dengan Lakban

Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Lindungi bagian rumah yang tak ingin dicat dengan lakban atau pita perekat saat pengecatan. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

3. Tutup Retakan pada Dinding

Gunakan plamir (dempul tembok) untuk menutup celah atau retak pada dinding, lalu ratakan sampai halus menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat, sejenis cairan yang diaplikasikan sebelum pengecatan agar didapatkan hasil akhir yang rata dan mengkilap.

4. Gunakan Kuas Kecil pada Bagian yang Sempit

Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja. Sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.

5. Gunakan Teknik  Gerakan ZigZag

Trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Setelah 2-3 jam baru lapisi kembali dengan cat agar lebih mulus hasilnya. Roller bisa digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding..

6. Ulangi Lagi Jika Perlu

Bila hasil pengecatan masih kurang sempurna, ulangi sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan baik. Bila cipratan cat jatuh ke lantai, segera bersihkan dengan lap basah.

Tips Memilih Warna Cat Rumah yang Tepat

Warna Cat Abu-abu

Banyak sekali rumah dengan tipe minimalis yang menggunakan warna abu- abu. kesan luas akan didapatkan dengan mengaplikasikan warna ini. Asal tidak berlebihan yang akan mendatangkan kesan seram dan kaku.
Aplikasi Warna Hijau dan biru
Kesan alami bisa anda ciptakan dengan menggunakan warna hijau. Ketenangan dan kesegaran warna laut diwakili oleh warna biru Kedua warna ini sangat baik di aplikasikan untuk tempat tinggal Anda.

Bagaimana jika warna Hitam?

Gelap dan suram akan didapatkan dari warna hitam jika berlebihan dan dominan. namun kesan rumah terlihat kokoh, kuat, gagah serta elegan bida tercipta jika pemilihan warna ini tepat dan sesuai.

Putih yang Netral dan Luas

Warna ini bersifat netral. Kombinasikan saja dengan baik bersama warna lainnya. Tentu kesan yang ingin ditampilkan adalah bersih luas dan nyaman. Namun sebaiknya Anda tidak menggunakan warna putih terlalu banyak karena akan terlihat kaku dan dingin.

 Ungu untuk keluarga

Warna ini merupakan warna yang nyaman, menyenangkan dan teduh. Pertimbangkan anggota keluarga yang remaja dan selera pasangan. Para istri biasanya menyukai dominasi warna ungu, begituy pula turunan warna seperti pink yg segar yagn disukai remaja dan anak-anak.  Hadirkan keceriaan keluarga dengan warna ungu ini.
Demikian sedikit tips cara mengecat tembok rumah anda dengan benar.

Sumber:
http://nikifour.co.id/6-cara-mengecat-rumah-sendiri-tanpa-tukang/
dan sumber lain

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:43
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.