loading...

Cara Mencegah, Mengobati dan Mengatasi Penyakit Keputihan Secara Alami

Posted by

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami. Keputihan atau Flour Albus adalah keluarnya cairan atau lendir dari vagina yang disebabkan infeksi oleh bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Jika dibiarkan keputihan menyebabkan timbulnya peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa perih saat anda sedang buang air kecil .


Dilansir bidanku.com tanda-tanda jika anda mengalami keputihan memerlukan penanganan serius yaitu dengan adanya cairan berwarna bening kehijauan yang keluar dari vagina secara berlebih seperti mentruasi, cairan yang keluar kental dan memiliki bau amis, daerah sekitar vagina terasa gatal sampai muncul rasa panas pada sekitar vagina.

Sampai saat ini perbincangan solusi untuk menghilangkan keputihan adalah pembahasan menarik untuk wanita. Di era modern dan perkembangan alat-alat medis yang semakin canggih.
Cara-cara tradisional warisan leluhur masih digunakan dalam menghilangkan keputihan. Berikut cara-cara menghilangkan keputihan baik secara tradisional maupun modern:

1. Daun Sirih





Daun sirih atau piper betle merupakan tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zar samak dan kavikol mempunyai manfaat dalam mematikan kuman, memiliki kandungan antioksidan dan anti jamur. Daun sirih bermanfaat dalam menghilangkan keputihan.

Caranya dengan mengambil sepuluh helai daun sirih yang telah dibersihkan kemudian direbus dengan dua liter air selama lima menit, tunggu hingga air rebusan hangat, gunakan air rebusan untuk membasuh area kewanitaan secara teratur seminggu tiga kali. Jangan terlalu sering membasuh area kewanitaan dengan daun sirih justru akan menghilangkan bakteri baik yang seharusnya dapat menjaga ph kewanitaan anda.

2. Lidah Buaya



Siapa sangka tumbuhan yang berkhasiat untuk bahan penyubur rambut , yang dikenal dengan istilah biologi yaitu aloe vera atau lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E merupakan antioksidan alami. Lidah buaya juga memiliki kandungan antiseptik, antijamur, antibakteri dan antivirus. Lidah buaya juga dapat mengatasi keputihan karena kandungan antiseptiknya, yaitu dengan mengambil bagian dalam daging lidah buaya kemudian potong-potong dan blender, rebus bersama dua gelas air dengan lima lembar daun sambiloto , tunggu hingga hangat dan gunakan untuk membasuh vagina , baik dilakukan dua kali sehari.

3. Sambiloto

Tumbuhan yang berasal dari asia tropika yang memiliki nama latin andrographis paniculata ness mempunyai kandungan laktone, homoandrografolid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral, asam kersik dan damar. Adapun cara untuk menghilangkan keputihan dengan sambiloto adalah dengan mengambil tiga batang tanaman sambiloto rebus bersama empat gelas air hingga menjadi dua gelas air kemudian saring dan diminum tiga kali sehari dengan dosis ¾ gelas sekali minum.

4. Konsultasi dengan Dokter Ahli
Ketika anda punya masalah dengan area kewanitaan anda sering kali anda segan untuk datang ke dokter untuk berkonsultasi , akan tetapi hal ini justru membuat anda akan mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah kewanitaan termasuk keputihan .Kunjungi dokter kandungan dan pastikan dokter tersebut memiliki alat kedokteraan untuk membantu anda mengatasi keputihan yang paling efektif. Konsultasikan pula pembersih vagina yang anda gunakan. Dengan cara suntik sitostatika, penisilin, vaksinasi dan sebagainya.Meskipuun tidak semua keputihan berbahaya akan tetapi mengatasi secara dini dengan pola kehidupan sehat maka anda akan terhindar dari bakteri, jamur, dan virus penyebab terjadinya keputihan

Tips Cara Aman Mencegah Timbulnya Keputihan

  • Lakukan pap smear satu tahun sekali jika berhubungan sex dan wanita yang pernah melahirkan.
  • Gunakan pembalut yang lembut dan kering saat menstruasi dan gantilah pembalut sesering mungkin minimal 6 jam sekali terutama saat aliran darah banyak.
  • Hindari stess, olah raga teratur dan juga pola makan harus seimbang karena  ternyata asupan makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi keputihan.
  • Jangan melakukan hubungan suami-istri saat sedang menstruasi/haid
  • Saat berada di toilet umum gunakan air yang berasal dari kran, karena air     yang ditampung di penampungan air di toilet umum dapat mengandung     bakteri dan jamur.
  • Biasakan membilas vagina setelah buang air kecil atau pipis yaitu dengan    membasuh vagina dari arah depan kebelakan jangan dari anus ke depan kemudian usap dengan tissu  yang bersih dari kuman sebelum mengenakan celana dalam. ingat jamur akan mudah tumbuh dalam keadaan lembab.
  • Gantilah celana dalam 2 kali sehari, terutama saat udara panas
  • Hindari mengunakan celana jeans yang terlalu ketat dan gunakan celana dalam  yang mudah meyerap keringat misal katun.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:40
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.