loading...

Cara Menghitung Feed Convertion Ratio (FCR) atau Rasio Konversi Pakan, Ketahui Efisiensi Pakan Ternak Anda

Posted by


Feed Convertion Ratio (FCR) atau rasio konversi pakan merupakan satuan untuk menghitung efisiensi pakan pada budidaya pembesaran dan penggemukan. Dengan menghitung FCR dari ayam broiler akan sangat membantu kita di dalam mengefisienkan pakan yang akan kita gunakan. Hasil perhitungan FCR dengan angka yang kecil berarti pakan yang diberikan tersebut semakin bagus. Rumus menghitung FCR adalah jumlah pakan selama pemeliharaan dibagi total bobot ayam yang dipanen. 



Rasio konsumsi pakan terhadap peningkatan berat badan atau Feed Conversion Ratio.

Rumus menghitung FCR ialah:


Dengan kata lain, FCR didefinisikan beberapa jumlah kilogram pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu kilogram berat badan. Idealnya satu kilogram pakan dapat menghasilkan berat badan 1 kg atau bahkan lebih. Sayangnya, kondisi tersebut tidak selalu terjadi. pada broiler biasanya target FCR = 1 maksimal dapat dicapai sebelum ayam berumur 2 minggu (FCR dua minggu ± 1,047-1,071. Setelahnya, FCR akan meningkat sesuai umur ayam.

Contoh Kasus:
Diketahui populasi ayam sebanyak 1000 ekor, menghasilkan berat ayam 1,3 kg, dengan penggunaan pakan sebanyak 40 sak, maka FCR-nya adalah :
  • Populasi = 1000 ekor
  • Berat Ayam = 1,3
  • Banyaknya Pakan = 40 sak (1 sak = 50 kg) = 2000 kg
Cara Menghitung FCR nya :
Berat total ayam yang dipanen = 1000 X 1,3 = 1300 kg
Feed Convertion Ratio (FCR) = 2000 / 1300 = 1,54

Prinsip: Makin kecil nilai FCR maka makin efisien usaha peternakan kita dari sisi pakan dan ini adalah hal yang sangat krusial karena 70% lebih biaya produksi diserap pada pakan. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:39
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.