loading...

Cara Mencegah Migrain dan Makanan Serta Minuman Penyebab Migrain Yang Harus diwaspadai

Posted by

Inilah Makanan dan Minuman Penyebab Migrain dan Tips Cara Mencegah Kambuhnya Migrain

Penyakit Migrain. Sakit kepala sebelah atau migrain banyak menjangkiti mereka yang memiliki beban kerja tinggi, kurang mengurus kesehatan, depresi dan lain-lainnya. Tetapi beberapa penelitian terbaru menyebutkan bahwa ternyata ada makanan atau minuman yang berpotensi menyebabkan migrain.


Berikut makanan dan Minuman yang bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala sebelah atau migrain:
Minuman Beralkohol

Anggur, terutama anggur merah diyakini menjadi salah satu pemicu migrain. Menurut review oleh para peneliti di Brazil, penderita migrain mengatakan bahwa alkohol bisa memainkan peran dalam serangan migrain mereka sekitar 30 persen. Alasannya masih bisa diperdebatkan, tetapi beberapa ahli percaya bahwa senyawa tertentu dalam anggur seperti tanin dan flavonoid adalah penyebabnya.

Minuman dengan kadar Kafein tinggi

Jika Anda rentan terhadap migrain, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali mengonsumsi kopi atau soda. Terlalu banyak konsumsi kopi atau soda bisa menyebabkan serangan migrain yang mungkin disebabkan karena tindakan kafein pada reseptor tertentu di otak yang terkait dengan migrain.

Makanan Yang Banyak Menggunakan Keju

Gorgonzola, Camembert dan Cheddar. Keju tua biasanya memang kaya rasa namun mereka juga bisa memicu migrain. Penelitian menunjukkan bahwa keju bisa mengandung senyawa yang disebut tyramines yang bisa berinteraksi dengan neurotransmitter dalam tubuh dan menyebabkan migrain.

Daging Olahan atau Daging yang diproses

"Hot dog, sosis bahkan sandwich mungkin bisa menyebabkan migrain," kata seorang ahli saraf Rebecca Traub, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Selasa (15/9).
Daging tersebut bisa mengandung pengawet yang disebut natrium nitrat dan peneliti berspekulasi bahwa aditif ini juga bisa menyebabkan perubahan kimia otak yang berkontribusi terhadap sakit kepala.

Berbagai Jenis Jeruk (Masih perlu penelitian lebih lanjut)

Kelompok makanan ini masih bisa diperdebatkan dimana beberapa studi telah menemukan hubungan antara migrain dan jeruk citrus, sementara yang lain tidak.

Tips dan Cara Mencegah Migrain

Mengatur dan Memilih makanan yang akan dikonsumsi
  • Dari sekian banyak hal yang dianggap sebagai pemicu migrain, beberapa makanan termasuk di dalamnya. Yang paling sering adalah cokelat, tyramine (yang terkandung dalam daging asap atau keju yang disimpan lama), aspartam dan pemanis buatan lainnya, kafein dan alkohol. Jika salah satu atau lebih makanan tersebut memicu nyeri kepala, hindarilah makanan tersebut.
Melakukan Olahraga secara teratur
  • Olahraga yang teratur sangat bermanfaat bagi penderita migrain, terutama jika dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Namun, olahraga dapat menjadi pemicu serangan migrain pada beberapa penderita.2 Hal ini berkaitan dengan intensitas olahraga yang terlalu berat dan keadaan dehidrasi. Disarankan mulailah dengan olahraga yang berintensitas ringan dan minum yang cukup sebelum dan setelah olahraga.
Manajemen Stres agar tidak terlalu berlebihan sampai Depresi
  • Stres merupakan salah satu pemicu migrain yang tersering dikeluhkan oleh penderita.2 Hal ini terasa sulit mengingat stres tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Mempelajari manajemen stres, seperti meditasi, relaksasi, terapi perilaku kognitif merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan
Membiasakan Diri Hidup Secara Teratur dengan Jadwal Yang Pas
  • Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari dan membiasakan diri untuk mengikuti jadwal tersebut secara teratur. Serangan migrain cenderung datang jika anda begadang, bangun di jam yang tidak teratur, makan tidak teratur, bahkan mengerjakan tugas secara terburu-buru. Penderita migrain diharapkan tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, jangan tidur terlalu lama atau singkat, makan teratur di jam yang sama. Ketidakteraturan atau “kejutan” dapat memicu terjadinya migrain.
Hindari dehidrasi dan usahakan makan dengan diet yang seimbang
  • Penderita migrain sangat rentan dengan keadaan dehidrasi dan terlambat makan. Kedua hal tersebut dapat memicu serangan migrain. Bawalah botol berisi air dan makanan ringan (misalnya buah apel, biskuit, snack bar). Makanlah yang teratur dengan komposisi yang seimbang (karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin).

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:01
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.