Cara Memilih Mangga Yang Masak dan Tips Panen Mangga Yang Benar benar Tua

Posted by

Loading...
Bagaimana Cara Yang Benar Memilih  Mangga yang Sudah Masak Atau Sudah Tua dan Bukan Mangga Muda?

Musim mangga hampir tiba, biasanya akan banyak pedagang mangga yang berjualan mangga dipinggir-pinggir jalan juga di pasar-pasar tradisional yang harganya sangat bervariasi tergantung jenis mangga dan kualitas mangga yang dijual. Harga mangga akan melangit atau sangat mahal saat dijual di super market atau hyper market, memang secara umum mangga yang dijual ditempat ini sudah merupakan mangga pilihan.

Agar tidak tertipu membeli mangga muda saat anda membeli di pinggir jalan, sebaiknya anda memiliki sedikit pengetahuan tentang ciri mangga yang sudah tua atau hampir masak, bagaimana caranya? Simak tipsnya dibawah ini.

Cara termudah memilih buah mangga arumanis yang sudah masak adalah dengan menekan bagian lengkungan mangga dekat pucuk buah tersebut. Jika saat ditekan sudah empuk maka mangga sudah masak. Bisa juga dengan mencium aromanya pada bagian pangkal mangga, jika harumnya sudah menyengat berarti mangga arum manis sudah matang atau masak.

Jika anda punya pohon mangga sendiri, berikut tips untuk panen mangga yang benar-benar sudah tua dan cukup umur untuk dipanen.

Tanda pada tangkai bunga mangga.

Tangkai bunga dapat dibagi dua bagian :
1) bagian dari buah sampai ke ranting pohon dan
2) bagian dari buah ke ujung ranting bunga (bunga).

Untuk mengetahui apakah buah mangga sudah tua kita perhatikan ranting bunga bagian kedua tersebut. Apabila ranting bunga bagian kedua sudah berubah warnanya dari kehijau-hijauan berubah menjadi hitam menandakan buah mangga sudah mulai tua. Buah mangga mencapai ketuaan apabila ranting bunga tersebut sudah hitam sampai ke buahnya atau bagian kedua sudah hitam 100% silakan buah mangga di panen, tidak lama lagi akan masak dan rasanya manis sesuai dengan jenis mangganya.

Mengamati kulit buah mangga

Untuk mengetahui buah manga sudah tua dapat pula dilakukan dengan mengamati warna kulit buah atau tekstur kulit buah. Biasanya kulit buah mangga dari waktu muda sampai tua berubah warnanya. Karena ada berbagai jenis mangga dan warna kulit mangga tidak sama satu jenis dengan jenis lainnya maka diperlukan perhatian yang serius bagi pemiliknya. Waktu mangga masih muda warna kulit buahnya hijau muda mendekati kekuning-kuningan, setelah tua warnaya berubah lebih hijau dan setelah mendekati masak (mengkal) berubah lagi menjadi agak merah pada pangkal buah (kemerahan) atau kekuningan tergantung jenis mangganya.

Secara umum dapat diketahui perubahan pada tekstur kulit buah. Waktu muda kulit mangga agak kasar, setelah tua menjadi halus dan setelah mengkal kulit buah mangga lebih halus lagi dan mengkilat. Jika kulit buahnya sudah mengkilat dapat dipastikan mangga sudah tua benar dan siap dipanen.

Mengamati lebah madu hitam terbang mengelilingi buah.

Di daerah tertentu ada jenis lebah madu hitam, badannya kecil kira-kira sebesar biji beras. Apabila didaerah ada lebah tersebut dapat dipakai untuk memberi petunjuk bahwa buah mangga sudah mengkal atau masak. Lebah biasanya mencari madu dalam bunga. jika ada lebih terbang berkeliling-keliling (mengelilingi buah mangga berkali-kali) kita dapat pastikan bahwa buah tersebut telah mengkal atau masak.

Dengan mengetahui buah mangga sudah siap panen kita dapat menghasilkan buah mangga yang berkualitas, rasanya enak dan dapat dijual dengan harga yang tinggi

Panen mangga yang benar-benar sudah tua membuat fisik mangga tidak mudah berkerut atau mengkerut dan kelihatan layu.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 15:35

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.