loading...

Cara Membersihkan Jerohan Sapi, Kambing, Domba, Ayam Agar Layak Makan

Posted by

Cara Membersihkan Babat, Hati, Jantung, Ginjal dan Usus agar Layak Makan dan bisa diolah menjadi masakan yang Lezat

Aneka Olahan Masakan Serba Jerohan

Cara mengurangi aroma babat: rendam babat dalam air kapur sirih selama 30 menit, lalu keruk kotorannya. Rebus babat dengan mencampurkan cuka masak atau asam jawa ke dalam air rebusan.

Kotoran kehitaman pada babat bisa dibersihkan dengan menyiramkan air panas mendidih sedikit demi sedikit sambil keruk babat dengan pisau tajam.

Saat memasak babat, tambahkan bumbu aromatik (daun salam, daun jeruk, serai) serta aneka rempah kering (cengkeh, pala, kapulaga) dalam jumlah banyak untuk mengurangi aroma kurang sedap dari babat.

Bersihkan usus sapi atau iso dengan air mengalir. Pasang ujung usus ke mulut kran air, lalu nyalakan aliran air. Tekan usus dengan ibu jari dan telunjuk sambil dorong mengikuti aliran air. Lakukan hingga air yang keluar dari usus menjadi jernih.

Yang Penting Untuk Diketahui Seputar Jerohan
  • Jerohan yang berupa hati. Hati bagi mahluk hidup merupakan organ utama termasuk dalam tubuh hewan. Nah di dalam hati hewan perlu perhatian yang lebih dibanding dengan organ jeroan yang lain, mengapa demikian? Karena hati memiliki senyawa beracun lebih banyak dibandingkan dengan bagian jeroan yang lain, hal ini disebabkan karena hati merupakan tempat dimana racun dinetralisir sehubungan dengan sistem pencernaan. 
  • Untuk mengkonsumsi hati hal yang perlu dilakukan adalah pertama, cucilah hati berkali-kali hingga benar-benar bersih. Kedua, setelah dicuci bersih rebus lah hati hingga matang, baru kemudian yang ketiga diolah menjadi bahan makanan. Hal ini sangat penting untuk setidaknya mengurangi bahaya yang muncul apabila salah dalam mengolah hati. Ciri-ciri yang pasti untuk hati adalah warna merah kecoklatan, lembut dan sangat mudah hancur, namun apabila hati tersebut direbus akan mengeras.
  • Untuk jeroan yang lain adalah ginjal, meskipun tidak seperti hati namun juga perlu untuk diperhatikan sebelum dikonsumsi, yang pasti adalah dicuci hingga benar-benar bersih baru diolah. 
  • Beberapa jeroan juga memiliki ciri-ciri khusus yang baik untuk dikonsumsi biasanya dari warna nya . Umumnya ginjal berwarna merah tua, selain itu ciri khas yang lain untuk hewan yang masih muda biasanya sangat lembut dan beraroma khas. hal ini berbeda dengan hewan yang sudah tua biasanya bertekstur lebih keras, rasanya pahit dan bau amis yang menyengat.
  • Selanjutnya adalah babat, babat yang masih segar biasanya berwarna putih kelabu atau berwarna krem kehijauan. 
  • Hati-hati jika anda melihat babat yang dijual di pasaran biasanya berwarna putih bersih, bisa jadi sudah dilakukan proses pemutihan dengan bahan kimia, hal ini jika tidak diperhatikan akan menyebabkan hal yang buruk bagi kesehatan.
  • Lidah merupakan bahan utama untuk sup, yang perlu diperhatikan dari ciri-cirinya adalah warnanya merah jambu atau keabu-abuan dan diselimuti membran muscus tebal dan kasar. Sebaiknya sebelum diolah hilangkan dulu membran kasarnya dengan dikuliti.
  • Usus, usus pada umumnya berwarna kecoklatan untuk sapi dan kuning kecoklatan untuk ayam. 
  • Usus merupakan bagian organ yang sangat mudah rusak dan terkontaminasi kuman penyakit, untuk itu sebaiknya segera dibersihkan dari sisa kotoran yang dan jangan lebih dari empat jam setelah disembelih karena usus sudah tidak layak untuk dikonsumsi.
Manfaat dan Bahaya Makan Jerohan

Manfaat Jerohan. Secara umum jeroan memang mengandung banyak sekali protein, karbohidrat, lemak, mineral zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, vitamin B komplek, vitamin B12 dan asam folat. Protein sangat dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan ataupun penggantian sel tubuh yang sudah rusak. Anggapan bahwa protein hanya dibutuhkan anak-anak tidaklah benar, sebab orang dewasa walau berhenti tumbuh memerlukan protein untuk pergantian sel. Memang kalau dilihat dari kandungan dalam jeroan baik juga untuk fungsi tubuh diantaranya untuk memelihara syaraf, kandungan kolin dalam hati baik untuk bayi dalam kandungan, dan yang lain untuk penyembuhan anemia.

Bahaya Makan Jerohan Berlebihan. Jerohan tinggi kandungan lemaknya yang bisa menyebabkan kolesterol darah naik. Penyakit kolesterol ini cukup membuat masalah masalah penyakit degeneratif lain utamanya jantung koroner, obesitas, darah tinggi, dan stroke.

Jerohan juga memiliki kadar purin relatif tinggi yang sangat tidak baik untuk penderita asam urat, untuk sebaiknya hindari benar jeroan ini untuk mencegah naiknya kadar purin dalam tubuh, karena kita ketahui dalam tubuh kita sendiri telah tersedia senyawa purin 85 % sedang dari asupan makanan tiap hari tidak boleh lebih dari 15 % yang masuk dalam tubuh atau akan terjadi keluhan asam urat apabila berlebihan yang masuk ke tubuh kita.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:06
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.