loading...

Cara Memasak Beras Merah Agar Hasilnya Selembut Nasi Putih

Posted by

Cara Agar Nasi Merah Bisa Selembut Nasi Putih Saat di Masak.

Karena alasan kesehatan mulai banyak orang yang beralih mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti nasi putih atau beras putih. Seperti diketahui bahwa nasi putih adalah sumber karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat merupakan salah satu zat makanan yang dibutuhkan oleh manusia untuk tumbuh dan berkembang. Banyak orang berpikir bahwa karbohidrat bersifat jahat pada tubuh sebab dapat menggemukkan badan. Sehingga orang pun membatasi konsumsi karbohidrat demi menjaga berat badan idealnya. Namun saat kekurangan karbohidrat, tubuh akan menjadi lemas dan mudah lapar. Sehingga ujung-ujungnya Anda pun kembali makan karbohidrat dalam jumlah banyak.

Untuk menyiasati hal ini, sebenarnya terletak pada jenis karbohidrat yang Anda pilih. Daripada mengonsumsi karbohidrat yang tinggi serat sebab proses penyerapan karbohidrat ini di usus lebih lama sehingga dapat membuat Anda cepat kenyang dan mencegah makan secara berlebihan.

Salah satu jenis karbohidrat tinggi serat adalah nasi merah. Hal ini tentu saja cukup menggembirakan bagi Anda, orang Indonesia pecinta nasi. Namun sayangnya tekstur nasi merah yang kaku dan sulit untuk ditelan serta rasanya yang tidak seenak nasi biasa membuat banyak orang berpikir dua kali untuk mengonsumsinya. Termasuk juga Anda.

Padahal ternyata ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat nasi merah menjadi lunak dan selembut nasi putih. Caranya adalah dengan merendam beras merah dengan air bersih selama kurang lebih 45 menit sebelum dimasak. Menurut beberapa penelitian, cara ini cukup ampuh untuk membuat tekstur nasi merah menjadi lunak. Bahkan rasanya hampir sama seperti nasi putih. Sehingga dengan demikian Anda tidak lagi merasa malas dalam mengonsumsi nasi merah.

Setelah direndam, Anda bisa langsung memasaknya dengan cara ditanak atau menggunakan rice cooker seperti Anda memasak nasi putih biasa.

Meskipun diyakini beras merah lebih aman dikonsumsi oleh penderita penyakit tertentu seperti diabetes namun yang terpenting adalah jumlah yang dimakan juga harus dijaga. Jika jumlah yang dikonsumsi berlebihan sama saja anda tetap memasukkan karbohidrat dalam jumlah besar ke dalam tubuh yang tentunya memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh anda.

Kunci utama menjaga kesehatan adalah konsumsi makanan secukupnya saja dan jangan berlebihan.


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 15:46
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.