loading...

Cara Agar Stress Berkurang Lakukan Cara Unik dan Aneh Mulai Dari Memecahkan Balon, Minum Jus Jeruk sampai Pijat Telinga

Posted by

Penyebab-penyebab Stress dan Cara Menguranginya

Stress banyak penyebabnya
, karena beban kerja yang terlalu banyak, kurang tidur, kondisi kesehatan yang menurun sampai urusan rumah tangga dapat mengakibatkan orang menjadi stress. Banyak cara menghilangkan stress yang sudah dikenal orang seperti melalui obat-obatan sampai pergi refreshing ke tempat-tempat wisata. Tetapi jarang yang tahu bahwa ada juga cara-cara khusus dan aneh yang bisa dicoba untuk mengurangi stress.

Istilah stres sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu strictus yang berarti ketat atau sempit, dan menjadi kata kerja stringere yang artinya “mengetatkan” (tighten). Cooper (1988; Skripsi Margaretha Mega, 2001:34) menyatakan bahwa stres pada penggunaannya mengalami berbagai variasi dalam pemaknaan kata stres itu sendiri. Pada sekitar abad ke-17, stres digunakan untuk menggambarkan adanya kesulitan, penderitaan, atau kemalangan.


Berikut ini adalah beberapa cara cepat mengatasi stres, seperti dilansir laman Care2:

Cobalah Berteriak atau Bersumpah dengan suara keras 

Lakukan ditempat yang sepi atau tidak ada orang,  jangan biarkan rekan kerja Anda atau ibu Anda mendengar Anda. Selama Anda tidak melakukannya karena marah belaka, bersumpah bisa meningkatkan ketenangan dan kontrol. Tindakan sederhana ini telah terbukti mengurangi stres.

Meletuskan atau Meledakkan balon 

Anda mungkin tidak akan merasa seperti mengadakan pesta jika Anda sedang stres, tapi meledakkan balon adalah cara yang bagus untuk memaksa diri Anda untuk menghirup dan menghembuskan napas secara perlahan. Ini membuat Anda menggunakan diafragma Anda.

Minum segelas jus jeruk

Jus jeruk merupakan sumber vitamin C yang dikenal untuk menurunkan kortisol, hormon stres. Dalam sebuah penelitian di Jerman, 120 orang diberi tugas stres karena harus berbicara di depan umum dan memecahkan masalah matematika.

Mereka yang telah diminta untuk mengonsumsi suplemen vitamin C menunjukkan penurunan tingkat kortisol yang jauh lebih rendah dan tekanan darah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengambil suplemen.

Mengkonsumsi segenggam pistachio

Pistachio telah terbukti menurunkan tekanan darah. Sebuah studi dari Penn State University menemukan bahwa makan tiga ons pistachio sehari bahkan bisa membuat arteri lebih tenang dan membuat jantung tidak bekerja terlalu keras.

Menghirup parfum aromaterapi

Banyak sekali penelitian telah menyarankan bahwa aromaterapi adalah cara yang efektif untuk mengurangi stres. Untuk melihat cara kerjanya untuk diri sendiri, Anda bisa mencoba aroma menenangkan seperti lavender, melati, vanili, kelapa atau aroma favorit lain yang Anda sukai.

Berjalan tanpa alas kaki di rerumputan.

Berjalan tanpa alas kaki di rerumputan telah terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan dari mengurangi peradangan, memperbaiki tidur, mengatur keseimbangan kadar glukosa darah dan variabilitas detak jantung.

Pijat telinga Anda 

Percaya atau tidak, telinga Anda mengandung titik-titik tekanan yang bisa membantu mengatur emosi Anda ketika mereka sedang dirangsang dengan cara yang benar. Coba menghabiskan sekitar 3 sampai 5 menit perlahan menggosok daerah dalam telinga Anda dan bergerak ke daerah-daerah rawan luar. Ulangi pada telinga yang lain selama sekitar 10 menit

Sekilas Tentang Stres
Dalam Kamus Psikologi, stres diartikan sebagai (ketegangan, tekanan, tekanan batin, tegangan, konflik) :
  • Satu stimulus yang menegangkan kapasitas-kapasitas (daya) psikologis atau fisiologis dari suatu organisme.
  • Sejenis frustasi, dimana aktivitas yang terarah pada pencapaian tujuan telah diganggu atau dipersukar, tetapi tidak terhalang-halangi; peristiwa ini biasanya disertai oleh perasaan waswas kuatir dalam pencpaian tujuan.
  • Kekuatan yang diterapkan pada suatu sistem; tekanan-tekanan fisik dan psikologis yang dikenakan pada tubuh dan pada pribadi.
  • Suatu kondisi ketegangan fisik atau psikologis disebabkan oleh adanya persepsi ketakutan dan kecemasan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:39
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.