loading...

Buah Gowok, Buah Langka Bermanfaat Untuk Mengobati Diare, Kudis dan Penawar Mabuk Alkohol

Posted by

Cara Alami Mengobati Diare dan Kudis Dengan Memanfaatkan Buah Gowok, Berguna Juga Untuk Penawar Mabuk Karena Alkohol
Manfaat Buah Gowok. Meskipun buah ini buah asli pulau jawa, namun karena keberadaan buah ini sudah terbilang langka maka sebagian dari kita masih merasa asing dengan buah yang bulat-bulat kecil warna ungu ini. Buah asli dari negara kita, terdapat tumbuh secara liar di hutan-hutan skunder pulau Jawa dan Kalimatan. Namun selain tumbuh liar dihutan, pohon buah gowok ini juga ada yang ditanam di pekarangan sekitar rumah atau di area perkebunan petani.


Pohon buah gowok tumbuh liar terutama di hutan-hutan sekunder, antara ketinggian 200-1800 m dpl. Selain itu gowok dapat juga ditanam di ditanam di kebun-kebun pekarangan dan lahan-lahan yang lainnya.

Ketika berbuah, menempel ditangkai hijau sama seperti juwet (duwet). Ketika masih muda buah gowok ini memiliki kulit kaku yang berwarna merah atau ungu tua ketika sudah masak. Buah gowok ini memiliki rasa segar karena didalamnya tersimpan banyak air dan sedikit rasa masam. Dagingnya berwarna putih dan pada saat digigit kenyal seperti buah manggis.


Pemanfaatan Gowok yang paling umum adalah untuk diambil buahnya. Buah Gowok dapat dimakan segar, sebagai bahan rujak, atau bahan pembuatan sirup. Pada tahun 1980 hingga awal 1990, buah gowok masih sering dijumpai dijual di pasar-pasar tradisional di Jawa. Namun seiring dengan serangan buah impor dan buah lokal yang lebih bernilai ekonomis, buah gowok semakin terlupa dan tersisihkan. Kini buah ini sudah sangat jarang ditemukan.

Pemanfaatan lainnya adalah kayunya yang berwarna kemerahan, baik digunakan sebagai bahan bangunan maupun perabot rumah tangga. Pohon gowok yang rindang dan tidak menggugurkan daun pun cocok digunakan sebagai tanaman peneduh.

Tanaman Gowok atau Kupa pun mengandung saponin dan flafonoida (pada daun dan kulit buah) serta polifenol pada kulit batangnya. Dengan kandungan tersebut, Gowok bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati sakit maag, kudis, dan gatal-gatal, serta menetralkan pengaruh mabuk karena alkohol.

Berikut ini manfaat dari buah Gowok, kulit pohonya, dan daunya :

Cara Membuat Ramuan Herbal Buah Gowok Untuk Pengobatan:

Mengobati Mabuk karena Alkohol
  • Ambil segenggam buah gowok yang sudah ranum
  • Cuci bersih lalu peras
  • Ambil cairannya
  • Sari gowok siap diminum
Mengobati Diare Non Spesifik
  • Siapkan kurang lebih 15gr kulit batang buah gowok.
  • Cuci bersih
  • Rebus selama kuramg lebih 15 menit dengan 1 gelas air
  • Setelah 15 menit, angkat dan dinginkan
  • Saring setelah dingin, Kemudian minum
  • Minum secara teratur, sampai diare sembuh
Mengatasi Kudis atau Gatal
  • Ambil daun atau kulit batang
  • Cuci bersih lalu haluskan
  • Oleskan ke bagian kulit yang sakit
  • Ulangi sampai penyakit sembuh
Buah gowok berbentuk bulat agak lonjong dan gepeng, mirip dengan buah juwet dan mendekati bentuk buah jambu. Ditiap daerah yang berbeda, buah gowok memiliki nam yang bebeda-beda pula misal di Betawi disebut dengan buah gohok, disidoarjo dengan nama buah kupa, di Palembang disebut dengan buwah sali, di Sunda di sebut dengan nama buah kupa sedangkan di Jawa sendiri biasa di sebut gowok. Buah yang memiliki tekstur kulit yang kaku ini berasa manis asam dan mengandung banyak air, daging buahnya bewarna putih bersih dan kenyal, walaupun kulitnya bewarna ungu tua.

Gowok atau Kupa yang merupakan tanaman dari suku Myrtaceae (jambu-jambuan) ini mempunyai beberapa sebutan lokal di setiap daerah. Nama-nama tersebut diantaranya adalah gohok, kepa (Betawi), kupa, kupa beunyeur (Sunda), gowok, gowak, kupa, dompyong (Jawa), dan kaliasem (Bali).

Nama latin tanaman buah ini adalah Syzygium polycephalum (Miq.) Merr. & L.M.Perry. Mempunyai beberapa nama sinonim Eugenia polycephala Miq., Jambosa cauliflora DC., Jambosa polycephala (Miq.) Miq., Myrtus cauliflora Blume, dan Syzygium cauliflorum (DC.) Bennet.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:19
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.