loading...

Biji Kelor, Bermanfaat Untuk Menjernihkan Air Secara Alami Sekaligus Membunuh Bakteri

Posted by

Manfaat Biji Kelor. Jika daun kelor sudah lama diketahui banyak manfaatnya untuk kesehatan karena berdasarkan penelitian kandungan klorofil dalam daun kelor adalah tertinggi dibandingkan jenis sayuran lainnya. Klorofil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain daunnya ternyata tanaman kelor masih memiliki manfaat lain pada bijinya. Berikut ini manfaat biji kelor yang sangat aplikatif untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.


Biji kelor sebagai pembersih alami
Biji kelor adalah adalah salah satu pembersih air alami yang sangat efektif. Satu biji kelor bisa membersihkan 1 liter air kotor (air banjir misalnya) menjadi 1 liter air siap minum.

Kalau Anda sedang berada di tengah banjir, atau bisa air sungai atau air danau, di tangan Anda tersisa satu botol air minum – maka dengan bantuan 20 biji kelor, Anda bisa melipat-gandakan sebotol air minum Anda menjadi 20 liter air minum.

Cara Memanfaatkan Biji Kelor Untuk Membersihkan Air

  • Langkah Pertama, Kupas kulit 20 biji kelor sampai bersih kemudian tumbuk halus.
  • Setelah itu campur dengan sebotol air bersih dan kocok hingga merata selama lima menit.
  • Kemudian Saring airnya
  • Selanjutnya tuangkan kedalam 20 liter air banjir.
Langkah Penjernihan Air dengan Biji Kelor
Teknik Penjernihan Air Dengan Biji Kelor
  • Sambil diaduk cepat awalnya (2 menit pertama), kemudian aduk perlahan hingga 10-15 menit. 
  • Setelah itu diamkan sekitar 1 jam, maka Anda akan melihat kekeruhan di dalam air banjir tersebut perlahan-lahan mengendap dibawah dan menyisakan air yang sangat bersih di atasnya. 
  • Setelah disaring dengan kain saringan tahu (atau kain apapun lainnya) maka akan ada hampir 20 liter air bersih siap minum – sedikit berkurang karena kotoran yang mengendap tadi.
Dengan pendekatan seperti ini insyaAllah tidak ada lagi problem air bersih, karena Alhamdulillah kita masih sering diberi air hujan. Bukan hanya bersih, penyaringan air dengan kelor juga mematikan 90-99% bakteri yang ada di dalamnya sehingga menjadikannya air yang jauh lebih aman untuk diminum.

Mengingat manfaat biji kelor yang mampu menjadi penjernih air alami, maka jangan ragu untuk memanfaatkan tanah pekarangan anda untuk menanam tanaman kelor yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat

Sumber:
https://ceritanurmanadi.wordpress.com/2014/12/14/manfaat-biji-kelor/

Cara Paling Mudah Menanam dan Memperbanyak Tanaman Kelor adalah dengan STEK BATANG

Perbanyakan dengan batang membutuhkan batang stek dengan tinggi antara 0,5 – 1,5 m disesuaikan dengan kebutuhan dan diameter 4 sampai 5 cm. Penanaman dengan batang stek yang pendek dapat dilakukan pada pekarangan rumah, namun untuk kebun diperlukan batang yang tinggi untuk melindungi tanaman dari ternak. Batang stek yang digunakan sebaiknya berasal dari tanaman yang sehat dan berumur lebih dari enam bulan. Semakin besar lingkaran batang stek semakin besar peluangnya untuk hidup.

Penanaman stek dilakukan dengan membuat lubang sedalam 10 – 15 cm dan dihindari melakukan tujak langsung yang dapat merusak bagian kulit ujung batang sehingga mengganggu tempat pertumbuhan perakaran. Pada bagian ujung stek dipotong diagonal untuk memperluas bidang pertumbuhan akar sehingga tanaman dapat bertumbuh dengan cepat dan dengan perakaran yang kokoh. Batang stek setelah dipotong tidak boleh dibiarkan lebih dari tiga hari sebelum ditanam. Ketika ditanam, sepertiga dari batang harus terkubur dalam tanah.

Stek Batang Kelor

Waktu penanaman stek batang terbaik adalah pada akhir musim kemarau sampai awal musim hujan. Jarak tanam sangat ditentukan oleh tujuan penanamannya. Bila dimaksudkan sebagai tanaman pagar, maka jarak tanam harus dibuat rapat untuk mencegah masuknya hewan liar kedalam kebun.

Kelemahan Menanam Kelor dengan Stek Batang
Tanaman yang berasal dari stek batang, tidak akan memiliki sistem akar yang mendalam dan akan lebih sensitif terhadap angin dan kekeringan. Stek batang juga lebih sensitif terhadap serangan rayap.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:43
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.