loading...

Bersihkan Paru-paru Secara Alami dengan Daun Pisang, Oregano, Ginkgo Biloba, Thyme dan Bahan Alami Lainnya

Posted by

Bagaimana Cara Membersihkan Paru-paru Yang Alami dan Sehat dengan Memanfaatkan bahan-bahan Berkhasiat Obat. 

Banyak cara alami untuk detoksifikasi paru-paru yang terkontaminasi polusi udara dan hal-hal lainnya. Berikut adalah beberapa cara alami yang menggunakan bahan-bahan alami :

Manfaat Daun Pisang Sebagai Pembersih Paru-paru

Daun pisang bagian dari tanaman tradisional di daerah tropis di dunia. Selama ratusan tahun daun pisang digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan umum. Itu bahkan dianggap sebagai salah satu dari 9 herbal suci dalam pengobatan Anglo-Saxon. Sifat obat daun pisang masih diterapkan saat ini, karena ini adalah pilihan populer untuk detoksifikasi paru-paru.

Daun Pisang

Studi menunjukkan bahwa daun pisang mengandung pektin dan gliserin, dua bahan yang umum ditemukan di tablet hisap dan obat batuk. Tanaman ini dapat digunakan untuk menghilangkan batuk kering dan ketidaknyamanan pernapasan lainnya. Daun pisang juga memiliki antimikroba, antitoksin, dan sifat anti-inflamasi yang penting dalam pertempuran dan mencegah infeksi pernapasan.

Cara Membuat Ramuan Teh plus Daun Pisang
  • Membuat teh dengan menyeduh 1-2 daun pisang dalam secangkir air mendidih. 
  • Atau, cukup dengan makan buah pisang rebus. 
  • Lanjutkan menelan buah atau teh selama 2 sampai 3 bulan atau sampai gejala hilang.
Manfaat lainnya dari daun pisang kering diantaranya adalah membantu mengatasi radang yang terjadi pada tenggorokan. Radang pada tenggorokan tentunya memberikan rasa tidak nyaman, terutama disaat Anda berbicara dan menelan makanan karena ketika Anda melakukan kedua kegiatan tersebut secara otomatis, tenggorokan akan terasa sakit. Atasi radang tenggorokan yang tidak menyenangkan dengan menggunakan daun pisang, daun pisang bisa dijemur hingga kering untuk kemudian diseduh dengan air panas atau direbus hingga matang, air seduhan atau air rebusan daun pisang diminum secara teratur hingga radang pada tenggorokan sembuh.


Cara Kerja Oregano Sebagai Pembersih Paru-paru

Oregano adalah ramuan populer digunakan untuk memasak. Daun ini masih satu jenis dengan daun mint dan memiliki rasa minty dengan aroma yang menyenangkan.

Minyak Oregano
Oregano dapat membantu mengurangi keparahan berisn dan batuk yang mengeluarkan banyak lendir karena memiliki asam rosmarinic – antihistamin alami. Ramuan ini juga mengandung thymol, terpene, dan carvacrol yang secara efektif dapat membasmi jamur dan berbagai jenis bakteri dari paru-paru Anda. Selain antihistamin, antibakteri, dan fungisida, oregano adalah dekongestan alami. Penelitian oleh Departemen THT dari Israel Institute of Technology menemukan bahwa oregano – bersama dengan aromatik herbal lain – meningkatkan aliran udara di sepanjang saluran hidung. Oregano karena itu dapat membantu membersihkan paru-paru Anda dari lendir berlebih.

Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: Masak oregano dengan makanan. Oregano dapat disiapkan segar atau kering tergantung selera Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam susu, teh, atau jus setidaknya sekali sehari untuk detoksifikasi paru-paru Anda.

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Kesehatan Paru-paru

Ginkgo Biloba merupakan spesies tunggal dari suatu divisio tumbuhan berbiji terbuka yang dulu tersebar luas. Sekarang tumbuhan ini tumbuh terbatas di Asia Timur dan lokasi beriklim sedang lainnya.

Nama ginkgo berasal dari bijinya yang berasal dari tanaman ginkgo betina. Biji ginkgo berwarna kuning hijau dan matang dalam bentuk buah berdaging yang berbau busuk dan berwarna jingga cokelat. Daun ginkgo terbagi atas dua lobus, namanya sering disebut dengan tambahan kata biloba.

Dalam bahasa Cina, ginkgo biloba dikenal dengan sebutan yin xing. Dalam bahasa Inggris, ginkgo biloba juga dikenal dengan sebutan the maidenhair tree karena bentuk daunnya menyerupai daun suflir rambut Dewi Maiden atau maidenhair fern.

Dilihat dari tata letak taksonomi, ginkgo biloba terhitung keluarga Ginkgoaceae. Sampai saat ini pusat penanaman ginkgo biloba terbesar di dunia terdapat di Provinsi Zhejiang, Cina Timur. Ginkgo biloba tergolong pohon yang sangat besar. Tingginya dapat mencapai 20-35 meter. Di Cina, pohon ginkgo biloba dapat mencapai 50 meter. Pohon ini termasuk tanaman berumur panjang.

Bahkan, di Provinsi Shandong, Cina, ditemukan pohon ginkgo biloba yang telah berumur lebih dari 3.000 tahun. Sayangnya, pohon ini jarang ditemukan di Indonesia, tetapi justru banyak ditemukan di pasaran, suplemen yang berasal dari ekstrak gingko biloba.

Sebagai bahan obat herbal, ginkgo sudah terkenal sejak dahulu kala. Masyarakat Cina kuno telah memanfaatkan daun dan buahnya sejak 5.000 tahun lalu, khususnya untuk mengobati penyakit jantung dan penyakit yang berkaitan dengan paru-paru, semisal asma ataupun bronkitis. Masyarakat China kuno juga menggunakannya sebagai minuman tonikum penyegar tubuh, setelah sarinya disaring.Tak hanya memanfaatkan ekstrak daun dan buahnya, penduduk Cina kuno juga memakan bijinya setelah disangrai. Rasanya gurih manis seperti biji mete goreng.
Berdasarkan riset yang dilakukan, daun ginkgo biloba mengandung dua  senyawa penting yaitu flavonoid and terpenoid. Senyawa flavonoid mempunyai sifat antioksidan, yang akan menetralkan radikal bebas yang dibentuk oleh tubuh. Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan berbagai jaringan tubuh serta berperan dalam timbulnya penyakit seperti kanker, penyakit jantung, Alzheimer, dan penurunan daya ingat (demensia). 
Sedangkan, terpenoid dapat meningkatkan aliran darah dengan cara memperlebar pembuluh darah dan mengurangi daya gumpal darah.Selain fungsi di atas, beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak ginkgo biloba juga mempunyai kemampuan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta berfungsi sebagai anti-vertigo yaitu sakit kepala yang menyebabkan penderitanya merasa berputar-putar.

Efek Negatif
Meski begitu, Ginkgo biloba ternyata mempunyai dampak negatif. Dosis ginkgo  lebih dari 120 mg per hari dapat memberikan efek samping berupa mual dan pusing. Namun, ada sebagian orang yang tahan hingga dosis 200-240 mg. Disarankan agar konsumsi ginkgo dimulai dengan dosis rendah supaya terhindar dari efek samping. Juga dianjurkan menghubungi dokter bila mengalami keluhan akibat minum ginkgo.

Ginkgo biloba disarankan tidak dikonsumsi dengan berbagai obat lain. Ginkgo  biloba yang berinteraksi dengan aspirin (obat penghilang rasa sakit) dapat menimbulkan perdarahan dalam rongga anterior mata (hypema) secara spontan. Ekstrak ginkgo biloba bila berinteraksi dengan parasetamol dapat menimbulkanbilateral penimbunan darah di otak subdural (Haematoma). 

Bersihkan Paru-paru dengan Tanaman Mullein

Tanaman berbunga telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk penyakit pernapasan seperti asma, pneumonia, dan tuberkulosis. Dewasa ini, bunga ini dijadikan ekstrak untuk membuat obat herbal. Tapi Anda masih bisa menggunakan mullein dengan cara yang lebih praktis untuk membersihkan paru-paru Anda.

Mullein adalah ekspektoran alami. Ini mengandung saponin yang memecah lendir di paru-paru dan saluran udara dan mengurangi hidung tersumbat. Efek yg menawar rasa sakit dari tanaman ini juga patut diperhatikan. Ia memiliki sifat menenangkan yang efektif menenangkan paru-paru dan saluran udara jengkel disebabkan oleh paparan kotoran udara.

Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: Siapkan mullein sebagai teh dengan menambahkan 1 sampai 2 sendok teh bunga kering dan/atau daun untuk secangkir air mendidih. Uap ramuan selama 10 menit lalu saring sebelum diminum. Dianjurkan juga untuk menghirup uap dari teh yang sekali dipakai, karena hal ini dapat membantu dengan hidung tersumbat.

Khasiat Akar Osha Untuk Detoks Paru-paru

Akar Osha adalah salah satu pendetoks paru yang paling kuat. Tumbuh di pegunungan tinggi laut Meksiko dan Pegunungan Rocky Kanada. Akar Osha digunakan untuk mengobati pilek, batuk, dan masalah pernapasan lainnya.

Akar Osha mengandung minyak yang penting untuk pembersihan paru-paru. Akar Osha melindungi Anda dari infeksi pernapasan. Hal ini juga meningkatkan aliran darah di paru-paru yang meningkatkan fungsi kesehatan secara keseluruhan. Akar Osha memiliki sifat antihistamin yang berguna terhadap asma dan masalah pernapasan lainnya dipicu oleh paparan alergen.

Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: Tambahkan 1 sampai 2 sendok teh akar Osha yang telah dihancurkan untuk 1 cangkir air mendidih. Kukus untuk setidaknya 25 menit dan minum sebagai teh.

Tanaman Lungwort, Alternatif Bahan Alami Pembersih Paru-paru

Juga dikenal sebagai pulmonaria. Tanaman ini berbunga yang menyerupai jaringan paru-paru, jadi tanaman ini disebut lungwort. Lungwort telah digunakan sebagai obat untuk masalah pernapasan sejak tahun 1600-an.

Lungwort bertindak dengan meningkatkan produksi lendir serosa di saluran udara. Hal tersebut akan membuat dahak lebih mudah untuk diludahkan. Selain membersihkan lendir, lungwort dikenal untuk menghapus akumulasi tar dari paru-paru, tenggorokan, dan saluran udara. Perokok yang ingin berhenti merokok akan sangat menguntungkan dari ramuan ini. Orang yang menderita bronkitis, asma, dan penyakit pernapasan yang menyempit saluran udara bisa mendapatkan keuntungan dari lungwort juga karena efek anti-inflamasinya. Penelitian lebih lanjut membuktikan lungwort membantu melawan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Kualitas pelindung lungwort dapat dikaitkan dengan tingkat tinggi antioksidan, yaitu senyawa fenolik.
Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: lungwort yang terbaik adalah diambil sebagai teh. Campur 1-2 sendok teh daun lungwort kering dengan 1 cangkir air mendidih. Minum 1 cangkir tiga kali sehari untuk membersihkan paru-paru Anda

Akar Licorice, Penyegar Nafas dan Pembersih Paru-paru yang Ampuh

Anda lihat, akar licorice bukan hanya bahan yang digunakan untuk membuat permen. Ini juga salah satu yang terbaik herbal untuk detoksifikasi paru-paru.

Akar licorice terkenal untuk rasa manis. Ramuan ini secara efektif mengurangi tenggorokan dan paru-paru yang disebabkan oleh iritasi penyakit seperti sakit tenggorokan, batuk kering, dan paparan alergen. Akar licorice bahkan memiliki sifat antibiotik, membunuh bakteri dan virus dan mencegah infeksi pernapasan. Akar licorice juga bronkodilator; memudahkan orang untuk bernafas (mengurangi nafas yang berat). Dengan demikian, akar licorice digunakan untuk mengobati asma dan bronkitis.

Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: Teh Licorice sangat menenangkan. Anda dapat membuat beberapa dengan menambahkan 1 sendok teh akar licorice yang telah hancur untuk secangkir air mendidih. teh minimal 3 kali sehari.

Daun Thyme, Diminum Untuk Menyehatkan Paru-paru Anda

Daun Thyme mengandung detoksifikasi yang kuat dikenal sebagai timol – zat alami dengan efek antiseptik. Timol sangat baik untuk memerangi mikroba dan umum sebagai bahan aktif dalam obat kumur. Thyme membersihkan paru-paru dan saluran udara dengan membersihkan bakteri, virus, atau jamur. Hal ini membuatnya sangat berguna melawan infeksi pernafasan termasuk pneumonia, bronkitis, influenza, dan batuk biasa dan pilek.

Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: Tambahkan daun thyme segar atau kering dan masukkan ke dalam air mendidih. Biarkan selama dua menit dan minum sebagai teh. Anda dapat memiliki minimal 2 sampai 3 cangkir teh thyme untuk detoks paru. Tapi jika Anda memerangi infeksi pernafasan, disarankan bahwa Anda minum secangkir untuk setiap jam sampai Anda sepenuhnya pulih. Menghirup uap dari daun thyme segar direbus juga bermanfaat untuk menghilangkan kemacetan.

Daun Tanaman Coltsfoot, Obat Alami Batuk Pilek Yang Bermanfaat Sebagai Pembersih Paru-paru

Daun coltsfoot digunakan di zaman kuno sebagai pengobatan untuk pilek, flu, batuk, dan masalah pernapasan lainnya. Coltsfoot juga merupakan pengobatan yang efektif untuk paru-paru perokok.

Coltsfoot baik untuk pemulihan paru-paru perokok dengan menghapus akumulasi tar. Untuk orang lain, itu dapat bertindak sebagai ekspektoran, membersihkan paru-paru dan saluran udara dan mengurangi kemacetan. Coltsfoot dapat menghilangkan sakit tenggorokan dan batuk kering. Daun tersebut dapat digunakan sebagai obat untuk asma, bronkitis, pertusis, flu, batuk, pilek, dan pneumonia.

Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: daun Coltsfoot adalah pilihan khas untuk pembersihan paru-paru. Anda dapat menggunakan kedua daun dan bunga tanaman ini untuk membuat teh untuk detoksifikasi paru-paru. Untuk hasil terbaik, campurkan 1 bagian daun coltsfoot dan / atau bunga 2 bagian mullein dan 1 bagian uva ursi. Tambahkan 1 sdt. campuran ini ke secangkir air dan diamkan selama 10 menit mendidih sebelum diminum. Minum teh setidaknya sekali sehari.

Manfaatkan Tanaman Bunga Tembakau India Untuk Menyehatkan Paru-paru

Tembakau India meruapakan tanaman berbunga yang sekarang digunakan untuk membersihkan paru-paru. Juga dikenal sebagai Lobelia inflata, tanaman ini tumbuh hanya sekali atau dua kali setahun di wilayah asli – Amerika Utara. Tanaman ini telah digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan dan penyakit lainnya jauh sebelum kita mulai menggunakannya untuk mendetoksifikasi paru-paru kita.

Lobeline adalah alkaloid dan komponen utama di balik manfaat paru tembakau India. Lobeline membuka saluran udara karena bronkodilator. Tanaman ini merangsang pelepasan epinefrin yang mempromosikan pernapasan lebih mudah. Lobelia inflata sangat berguna untuk asma, bronkitis, dan penyakit kronis lainnya paru obstruktif (COPDs). Tanaman ini juga sering digunakan sebagai obat dingin. Ironisnya, tembakau India dapat digunakan untuk mencegah penarikan tembakau pada orang yang ingin berhenti merokok.

Bagaimana untuk membersihkan paru-paru Anda: Tambahkan 5 sampai 10 daun tembakau India dalam air mendidih. Menghirup uap selama setidaknya 10 menit, dua kali sehari untuk membersihkan paru-paru Anda.

Tanaman Elecampane, Herbal Asma dan Bronkhitis, Bahan Alami untuk Detoksifikasi Paru-paru

Tanaman ini untuk penyakit paru-paru seperti tuberkulosis, meskipun juga digunakan untuk penyakit pernapasan yang lebih umum. Dalam prakteknya tanaman ini secara tradisional Cina dan India, sering diresepkan untuk asma dan bronkitis.

Tanaman Elecampane

Akar Elecampane mengandung lakton seskuiterpen yang memiliki manfaat antiseptik dan menenangkan. Dengan menghilangkan penyebab infeksi pernapasan dan meredakan napas jengkel dan paru-paru, secara efektif dapat mengobati batuk dan pilek. Elecampane juga berfungsi untuk menghilangkan racun dari saluran pernapasan, yang mengapa digunakan untuk mengobati TBC, asma, dan emfisema. Selanjutnya, ramuan mengandung inulin yang, selain menenangkan bagian jengkel, bertindak sebagai ekspektoran dan mengusir lendir.

Cara Membuat Ramuan Elecampane :
  • Tambahkan 1 sendok teh akar Elecampane untuk secangkir air. 
  • Tanaman ini dapat detoksifikasi paru-paru Anda dalam waktu 2-3 tahun.
  • Jika Anda memiliki kondisi yang lebih serius seperti tuberkulosis, Anda dapat minum teh Elecampane sampai 3 bulan. 
Manfaat Bagian-bagian Tanaman Elecampane

Akar rimpang kering dan digunakan sebagai ekspektoran untuk rawatan batuk dan penyakit selesema bronkial. Secara tradisional digunakan sebagai tonik pahit, obat sakit perut yg mengeluarkan hawa, cholagogue, yang mengeluarkan keringat, dan diuretik.

Akar digunakan untuk melawan dan mengatasi beberapa parasit usus dan penyakit saluran kencing. Pengobatan luar dapat digunakan sebagai antiseptik untuk merawat keadaan kulit.

Elecampane akar telah lama digunakan sebagai perisa untuk aneka permen. Akar Elecampane juga bisa dibuat manisan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:31
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.