loading...

Berantas Tikus Sawah Dengan Merebus Singkong Memakai Air Kelapa

Posted by

RACUN TIKUS : SINGKONG DIREBUS AIR KELAPA, INSEKTISIDA ALAMI UNTUK TIKUS SAWAH

Cara Mengendalikan Hama Tikus Sawah Secara Alami


Untuk mengendalikan hama yang satu ini sudah banyak yang dilakukan, mulai dari memasang perangkap, pengasapan, pakai racun tikus, dll.

Dalam satu kesempatan, saya berbincang dengan teman sesama penyuluh POPT. Dari perbincangan ini, saya dapat informasi bahwa untuk mengendalikan hama tikus bisa menggunakan singkong dan air kelapa.

Alhamdulillah di Bantul Jogjakarta, ada petani yang mencoba cara mudah untuk membasmi hama tikus ini. Nama petani ini adalah Pak Hartoyo. Hartoyo mengatakan, temuannya adalah ramuan pengusir hama tikus dari singkong direbus yang dicampur dengan air kelapa. Jika tikus meminumnya, dia akan kehilangan nafsu makannya dan beberapa hari kemudian tikus akan mati.

Bagaimana Pak Hartoyo mencoba ramuan ini? awalnya percobaan ini dimulai dengan sembilan temannya dari pelatihan yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bantul. Kemudian, mereka kombinasikan dengan banyak membaca buku-buku yang terkait. Alat-alat dan ramuan yang ditemukan berlaku untuk pengendalian hama untuk jenis apapun.

Dengan resep yang sederhana ini, kita pun dapat mencobanya. Dan semoga tikus-tikus yang menyerang tanaman padi dan tikus-tikus yang ada di rumah kita dapat dikendalikan.

Saya pribadi sudah mencobanya, ingin saya lihat tikus-tikus yang ada di dalam rumah dalam 1 pekan ini. Kalau berkurang maka racun tikus ini akan saya buat terus. Sebab cara ini mudah dibuat dan ramah lingkungan.

Bahan dan Alat

1. siapkan singkong ( singkong lama -kalau bisa yang sudah ada warna kebiruan- )
2. air kelapa
3. panci
4. kompor

Cara pembuatan

Singkong
Singkong yang tua di potong-potong

1. potong-potong singkong (nga usah dikupas kulitnya dan nga usah dicuci). kan buat tikus,,,
2. masukkan ke dalam panci
3. tuang air kelapa secukupnya
4. rebus sampai singkong matang
5. setelah selesai, dinginkan bebeberapa saat
6. taruhlan potongan singkong-singkong tsb ditempat yang dilalui tikus
7. ulangi terus cara ke-6 dalam beberapa hari

Dengan cara ini, memang tidak langsung bisa membunuh tikus. Akan tetapi setelah tikus memakan, nafsu makannya akan berkurang, sehingga dalam beberapa hari tikus akan mati.

Catatan: kita bisa membuat racun dari singkong ini dalam jumlah banyak, kemudian kita simpan untuk diberikan pada hari berikutnya.

Sumber:
https://ceritanurmanadi.wordpress.com
Penulis : Nurman Ihsan, SP ( THL TBPP DEPTAN di BANTEN ) 


Tips Cara lain Basmi Tikus Sawah dengan Jengkol
Cara Membuat :

Jengkol di iris kecil-kecil lalu disebarkan ke area persawahan. Dalam jangka waktu 3-4 hari, aroma jengkol sudah terasa di sawah kita. dan biasanya tikus enggan untuk masuk ke sawah kita. Praktis dan mudah aplikasinya. semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:26
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.