loading...

Batu Ginjal, Gejala dan Cara Mencegahnya Secara Alami

Posted by

Gejala dari batu ginjal biasanya akan terlihat pada stadium lanjut. Gejala yang paling menonjol adalah rasa sakit di punggung bawah, air kencing yang berdarah, nyeri saat buang air kecil, nyeri perut yang abnormal, infeksi saluran kencing sering dan muntah. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah batu ginjal, seperti dilansir kidney.org.

1. Jangan terlalu banyak keringat

Sauna dan olahraga yang berat mungkin baik untuk kesehatan, tetapi mereka juga dapat menyebabkan batu ginjal. Mengapa? Kehilangan air melalui keringat mengarah pada produksi urine yang kurang. Semakin banyak Anda berkeringat, semakin sedikit Anda buang air kecil, yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

2. Minum banyak air

Salah satu langkah terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari batu ginjal adalah dengan minum banyak air, sehingga Anda bisa sering buang air kecil. Jadi, pastikan untuk tetap terhidrasi, terutama ketika berolahraga atau melakukan kegiatan yang memicu banyak berkeringat.

3. Kurangi makanan yang kaya oksalat

Jika Anda cenderung membentuk batu kalsium oksalat, dokter biasanya akan merekomendasikan kepada Anda untuk membatasi makanan yang kaya oksalat. Makanan kaya oksalat termasuk bit, bayam, lobak, ubi jalar, kacang-kacangan, teh, cokelat dan produk kedelai.

4. Kurangi makanan tinggi kandungan garam dan protein hewani

Dengan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan protein hewani, Anda dapat menurunkan risiko batu ginjal.


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:43
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.