loading...

Bahaya dan Efek Samping Konsumsi Protein Berlebihan

Posted by

Sebagai zat pembangun, proteindibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Akan tetapi, menumpuk proteindalam jumlah banyak dalam tubuh tidak selalu berbuah baik.

Berikut adalah hal hal yang akan terjadi ketika tubuh kelebihanprotein:

1. Bau Mulut

Ketika anda mengkonsumsi banyak protein dan sedikit karbohidrat, tubuh anda mengalami fase yang disebut ketosis.

Fase ini ditandai dengan dibongkarnya cadangan lemak untuk menghasilkan energi. Hal ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Namun tidak dengan bau mulut anda. Hal ini karena ketika membakar lemak tubuh juga memroduksi zat yang membuat bau mulut.

Kabar yang kurang baik adalah karena baunya berasal dari dalam tubuh menyikat gigi atau kumur dengan cairan penyegar gigi tidak berperan banyak.

2. Moody

Saat anda berada pada diet rendah karbo, otak anda pada dasarnya tetap membutuhkan gula pada karbohidrat untuk menstimulasi otak supaya menghasilka hormone serotonin untuk mempengaruhi mood anda.

Mencoretnya dari daftar makanan anda membuat mood anda tidak stabil.

Hasil penelitian terakhir dari Australia menemukan bahwa mereka yang menerapkan diet rendah karbohidrat terpantau lebih emosional, daripada mereka yang menambahkan karbohidrat sedikit lebih banyak (tetap rendah lemak) pada diet mereka.

3. Sakit Ginjal

Terdengar sedikit menyeramkan tapi memang begitulah adanya. Ketika kita mengonsumsiprotein, kita juga memroduksi nitrogen yang harus disaring ginjal dan dikeluarkan saat buang air kecil.

Mengonsumsi protein dalam jumlah besar berarti memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras dari biasanya. Kalau keadaan ini terjadi terus-menerus, bukan tidak mungkin ginjal akan rusak.

4. Gangguan Pencernaan

Protein sangat bagus untuk memperbaiki sel-sel tubuh, tapi hal yang perlu dicatat adalah ia rendah serat.

Jika anda menghapus sumber karbohidrat dari daftar menu anda dan menukarnya denganprotein, maka bersiaplah menghadapi akan gangguan pencernaan karena anda kekurangan serat.

5. Kenaikan Berat Badan

Diet tinggi protein membantu anda menurunkan berat badan.

Tetapi jika anda mulai terobsesi dan tergila-gila pada pola makan yang tinggi proteinkemungkinan berat badan anda malah bertambah. (foxnews/

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 09:10
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.