loading...

Waspadai Gejala-Gejala Anemia Agar Bisa Mencegah dan Mengatasinya Secara Dini

Posted by

Gejala-gejala Anemia yang Secara Umum Terlihat dan Mudah Diamati.

Apa Itu Anemia? Menurut situs terkemuka wikipedia.org,  Anemia (dalam bahasa Yunani: ἀναιμία anaimia, artinya kekurangan darah, from ἀν- an-, "tidak ada" + αἷμα haima, "darah" ) adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari jantung yang diperoleh dari paru-paru, dan kemudian mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Sering Merasa Kelelahan dan Kecemasan adalah Gejala Anemia

Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif).
Seorang pasien dikatakan anemia bila konsentrasi hemoglobin (Hb) nya kurang dari 13,5 g/dL atau hematokrit (Hct) kurang dari 41% pada laki-laki, dan konsentrasi Hb kurang dari 11,5 g/dL atau Hct kurang dari 36% pada perempuan.
Gejala anemia bisa muncul atau menampakkan diri karena kekurangan nutrisi, stres, faktor keturunan atau gangguan lainnya. Penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda anemia untuk segera menyelidiki penyebabnya.

Berikut tanda-tanda atau gejala yang bisa menunjukkan bahwa Anda mengalami anemia:

Sering Merasa Kelelahan
Kelelahan biasanya tanda pertama dari anemia, tapi itu bukan hanya perasaan lesu yang Anda dapatkan dari olahraga atau stres. "Kelelahan ini sangat berbeda,'" kata seorang dokter integratif , Dr. Dana Cohen, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (13/8).

Selalu Terlihat Pucat Pada Bagian TertentuSalah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda mengalami anemia adalah dengan melihat selaput lendir mata, juga biasa disebut sebagai garis air di atas bulu mata bawah Anda. Ini adalah wilayah vaskular jadi jika itu pucat, itu pertanda bahwa Anda tidak mendapatkan cukup sel darah merah ke area lain dari tubuh Anda baik. Wajah Anda, telapak tangan dan kulit di bawah tempat kuku Anda juga mungkin terlihat pucat," kata Dr Jack Jacoub, seorang ahli onkologi medis dan ahli hematologi di MemorialCare Cancer Institute di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California.

Kadang-kadang Merasa Sesak napas
Dapat diamati pada saat kita berolahraga agak keras. Jika Anda merasa seperti Anda tidak bernapas terutama saat berolahraga, saat mendaki tangga atau ketika Anda mengangkat sesuatu, itu pertanda bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Begitu juga jika Anda tiba-tiba merasa pusing saat berdiri.

Jantung berdebar-debar terus
Jika jantung Anda berdebar-debar terus maka Anda mengalami palpitasi atau mendengar suara mendesing di telinga Anda ketika Anda berbaring, itu bisa berarti bahwa jantung Anda overdrive. "Jantung Anda memompa lebih cepat untuk mencoba untuk mendapatkan lebih banyak oksigen," kata Cohen.

Sering Timbul Kecemasan (Rasa Cemas) Jantung berdebar bisa membuat orang merasa cemas yang bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami anemia.

Sering Merasa Kesemutan atau Bahkan Mati Rasa
Mati rasa "Karena tubuh Anda akan menarik darah untuk memberi makan tempat-tempat tertentu pada tubuh Anda, maka Anda mungkin memiliki perasaan mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki atau Anda mungkin merasa dingin sepanjang waktu," kata Cohen.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:45

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.