loading...

Tips Cara Menghafal Al Quran 30 juz Ala Mahasiswa asal Singapura

Posted by

Tips dari Fadhil Azman (22) yang sukses menghafalkan Qur’an 30 juz selama 4 bulan di sela kuliahnya yang padat di University of Jordan.
Yang menarik adalah, pemuda Singapura yang mendalami bidang Islamic Theology ini menyampaikan tips tersebut dengan sangat sederhana, sehingga insyaa Allah akan mudah untuk kita ikuti, sebagaimana dilansir Sirap Limau dari blog pribadi Fadhil Azam, Selasa (4/8/2015).
Bagaimana saya hafal Al-Qur’an dalam 4 bulan.
13 November 2014 ~ Fadhil Azman
Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah atas nikmat yang Allah terus-menerus berikan. Saya memohon kepada Allah untuk selalu memudahkan urusan saya dalam mengahafal Qur’an & memberikan sarana untuk berbagi dengan dan mengilhami orang lain.
Saya ingin jelaskan bahwa saya telah hafal sekitar 9 juz saat selama menjalani sekolah dasar, smp dan sma. Jadi itu semacam menghafal 20juz’ ditambah juzu baru dan merevisi kembali yang 9 lainnya selama 4 bulan ini. Saya juga tidak memiliki komitmen selain birrul walidain (berbuat baik kepada orang tua) hehe. Tapi demi Allah, mereka yang memiliki niat dan keinginan untuk menghafal Al-Qur’an karena Allah, Dia akan membuatnya mudah bagi Anda insyaa Allah. Hal ini berdasarkan pengalaman saya.
Berikut adalah tips saya:
1- Memurnikan niat Anda.
Ini adalah poin penting yang terbaik bahwa seseorang harus selalu memperhatikan, melakukannya dengan tulus demi Allah. Berharap untuk rahmat-Nya, memperoleh kesenangan-Nya dan mencapai Jannah (surga). Tidak demi ujian, teman, keluarga atau memamerkan (riya’) wal iyyahu min zalik, kami mencari perlindungan dari Allah dari itu.
“Allah hanya menerima tindakan yang dimaksudkan murni untuk kesenangan-Nya.” (H.R. An-Nasa’i) Semoga Allah menjaga niat kami murni bagi-Nya.
2-Mulai, sekarang.
Tidak, tidak menunda-nunda. Niat Anda tidak akan sekuat sekarang dalam sebulan mendatang. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Jangan membuat alasan untuk diri sendiri. Aku tahu beberapa orang yang memiliki niat, tetapi tidak memiliki motivasi. Bagi saya, di situlah letak sumber motivasi: memikirkan manfaat – Anda akan dapatkan begitu banyak – imbalan untuk membaca setiap Huruf (huruf), indahnya ayat-ayat yang indah dan kisah-kisah yang akan Anda temukan (!!!). Ambil Qur’an setelah Anda shalat. Insyaa Allah Anda akan mendapatkan momentum sejak saat itu.
3- Gunakan mushaf yang sama.
Saya telah menggunakan mushaf yang sama (buku; Qur’an) sejak usia 14 tahun. Ini adalah saran yang biasanya diberikan asatizah saya (guru). Alasannya adalah, ketika Anda menggunakan mushaf yang sama, mata Anda terbiasa dengan cara itu ditulis dalam buku, warna, dekorasi dll, sehingga membuat pikiran mejadi terbiasa untuk itu, insya
4- Mendengarkan bacaan Al-Qur’an.
Ini mungkin sulit, tapi mungkin Allah membuatnya mudah bagi Anda; lepaskan lagu Anda, musik, pop, rock. Dua hal berlawanan tidak dapat hidup berdampingan satu sama lain. Tentu saja, ada pendapat yang berbeda tentang hal ini. Tapi apakah Anda lebih suka mendengarkan musik daripada mendengarkan pembacaan Al-Qur’an yang dikatakan untuk menenangkan dan menentramkan hati seseorang? (Q.S. 13:28)
Saya akan mendengarkan pembacaan Al-Qur’an yang sedangsaya hafal atau surat berikutnya, mengulanginya saat melakukan kegiatan-kegiatan saya. Kata-katanya akan memasuki pikiran bawah sadar Anda. Anda akan menemukan menghafal surah (bab) insyaa Allah lebih mudah. Saya juga akan membuka mushaf dan mendengarkan pembacaan surah Al-Qur’an akan membuat Anda terbiasa dengan halaman – kemudian mulai menghafal.
5- Pengulangan dan pembagian halaman sebagai dasar untuk menghafal.
Baca seluruh halaman beberapa kali, Anda dapat memilih untuk membagi halaman menjadi tiga atau dua bagian. Hal ini tergantung pada bagaimana mudahnya dan praktisnya Anda menemukan halamannya. Hafalkan bagian pertama sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Hindari melanjutkan ke bagian berikutnya sebelum yang pertama. Pastikan bahwa Anda mendapatkan bagian pertama yang tersimpan dalam memori Anda, kuat dan utuh.
6- Memahami adalah kunci untuk menghafal.
Ini memberikan Anda kesenangan dari memahami apa yang Dia sampaikan. Demi Allah, saya menemukan Al-Qur’an sangat indah, bahkan dapat membawa Anda ke titik terendah dan membuka Anda untuk perubahan terbesar. Fokus pada apa yang Anda baca untuk memahami ayat. Tidak berpikir tentang hal-hal lain sambil berulang kali membacanya.
Download aplikasi terjemahan / tafsir Al-Qur’an di telepon. Atau dapat menggunakan mushaf yang memiliki terjemahan di sisinya. Ustadzah saya (semoga Allah memberikan kebaikannya) selalu menasihati kami bahwa memahami berarti setengah menjawab pertanyaan. Jadi dalam konteks ini, memahami ayat Qur’an berarti setengah menghafal ayat itu, insyaa Allah
7- Mulailah dengan perlahan.
Jika Anda mengambil langkah-langkah kecil satu per satu,  Anda akan menemukan keistiqomahan lebih mudah.
8- Jangan menyerah.
Tidak berarti itu tampaknya sulit untuk Anda sekarang, itu akan tetap sulit besok, berdoalah sebelum mulai hifz Anda (menghafal). Ingat bahwa di mana Anda berada sekarang (dalam menghafal), merupakan langkah lebih dekat untuk menyelesaikan Qur’an, jangan berhenti. Teruslah bergerak. (Ini berlaku untuk segala sesuatu yang lain juga dalam apa pun yang Anda kejar / lakukaninsyaa Allah).
9- Memiliki teman yang ingin menghafal Al-Qur’an juga.
Ini membantu untuk menjaga motivsai satu sama lain, dengan cara berbagi berapa banyak yang Anda telah hafal dan revisi.
10- Membuat rencana.
Jadi pada dasarnya, saya telah menghafal 4-6 halaman dalam sehari. Menghafal 1 halaman butuh waktu sekitar 30 menit +/-. Hal ini tergantung pada kesulitan halaman. Beberapa halaman, Allah membuatnya mudah bagi sayaalhamdulillah. Jadi butuh sekitar 20 menit untuk menghafalnya.
Ada cukup banyak halaman yang memiliki ayat-ayat yang saya telah pelajari / hafal di sekolah dan itu lebih memudahkan saya, seperti mata pelajaran seperti fiqh (hukum Islam), aqidah (keyakinan Islam) dan sebagainya. Sedangkan halaman yang sulit membutuhkan sekitar 45 menit.
11- Waktu terbaik,
menghafal Al-Qur’an adalah setelah shalat Subuh atau fajar ketika pikiran segar. Di waktu fajar, segala sesuatu terasa lebih mudah untuk memasuki pikiran Anda. Ketenangan fajar. Ustadz-ustadz saya (semoga Allah memberi mereka kebaikan) terus menyarankan kita untuk menjadi produktif di pagi hari, seperti yang digambarkan oleh Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits “Ya Allah, berkatilah umatku di pagi hari.” (H.R. Abu Dawud, al- Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Setelah waktu shalat selalu menjadi saat terbaik untuk melakukan hifz Anda (menghafal). Periode antara Maghrib dan Isya juga bagus, isilah waktu dengan menghafal.
12- Jadilah produktif.
Bacalah Al-Qur’an di jalan ke sekolah / kerja dll di kereta / bus. Secara pribadi, seringnya, saya lebih memilih naik kereta daripada mengemudi, karena waktu perjalanan bisa dihabiskan secara produktif, dengan hifz atau revisi.
13- Bawa selalu mushaf Anda ke manapun Anda pergi.
Ini akan dijadikan sebagai pengingat untuk membacanyainsyaa Allah
14- Jaga mata Anda.
…. Dari memandang, menatap lawan jenis yang terbuka ‘auratnya (bagian dari laki-laki / tubuh perempuan yang harus ditutupi). Jaga telinga Anda dari mendengarkan gosip. Jaga mulut Anda dari fitnah, yang mengatakan hal-hal yang dapat membuat fitnah (kebohongan) dan dari semua perbuatan yang dilarang. Sekali lagi ustadzah saya (semoga Allah membalasnya) memberitahu kami, dan meminta untuk menghafal puisi Imam Syafi’i (di Arab) dalam hati kita untuk ditetapkan sebagai pengingat.
Aku mengadu kepada Wakii'(Guru Imam Syafi’i) tentang memori saya yang miskin
Dia menyarankan saya untuk menjauhkan diri dari perbuatan dosa
Dan dia mengatakan kepada saya bahwa pengetahuan adalah cahaya
Dan cahaya Allah tidak akan menjadi pedoman bagi orang berdosa
“Seorang pria bertanya kepada Malik bin Anas, ‘Wahai Abu ‘Abdullah! Apakah ada sesuatu yang akan meningkatkan memori saya? “Dia berkata, ‘Jika ada akan memperbaikinya, itu adalah meninggalkan dosa.”
15- Banyak bertaubat.
Istighfar lah selalu, kadang-kadang kita melakukan dosa bahkan tanpa menyadarinya. Haruskah seseorang jatuh dulu, baru seseorang harus bersegera bertaubat kepada Allah? Dia menerima pertobatan bagi mereka yang tulus bertaubat insyaa Allah.
“Dan, sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal shalih, kemudian tetap di jalan yang benar.” (Q.S. 20:82)
16- Memiliki seseorang untuk mendengarkan hafalan Anda; tasmii ‘.
Milikilah teman, anggota keluarga atau guru untuk melakukan tasmii’ untuk Anda. Orang ini harus seseorang yang tahu bagaimana membaca Al-Qur’an dengan baik, sehingga ia dapat menangkap kesalahan kecil Anda yang sering terjadi.
17- Muraja’ah (mengulang dan merevisi) apa telah Anda hafal.
Milikilah seseorang untuk mendengarkan muraja’ah Anda (revisi). Seseorang harus memegang hifznya dengan mengulangi dan merevisinya terus-menerus.
“Berpegang teguhlah kalian dengan Al-Qur’an, dengan Yang Menggenggam jiwa saya, itu lebih erat dari terlepas ikatannya daripada unta yang diikat.” (Muttafaqun ‘alaihi)
Lagi pula, kita adalah Insaan(manusia) yang merupakan sifat manusia untuk menjadi pelupa, sebagai penyair Arab mengatakan “Dia hanya disebut insaan karena kelupaannya (nasiyaan), dan itu hanya disebut jantung (al-qalb) karena perubahan begitu cepat (yataqallib). “
18- Makan kismis dan madu.
Saya tidak yakin secara detil, tetapi saya sudah diajarkan hal ini membantu untuk meningkatkan memori Anda insyaa Allah.
19- Shalat malam.
Shaat malamlah setidaknya duaraka’ah. Hanya mulai dengan duaraka’ah shalat tahajjud dan beroa. Ini akan membantu 
Dalam hadits yang indah nabiShalallahu ‘alaihi wasallamberrkata, “Tuhan kami turun setiap malam ke langit bumi saat sepertiga terakhir malam dimulai. Dia mengatakan: “Apakah ada permohonan untuk Ku jawab? Apakah ada pencari pertolongan-Ku sehingga Aku akan memberi mereka? Apakah ada pencari pengampunan sehingga saya akan memaafkan mereka? “(Diepakati)
“Doa yang dipanjtkan saat ahajud adalah seperti anak panah yang tidak melewati target” ( Imam Syafi’i)
20- Berdoalah. Selalu mencari bantuan Allah.
Jangan meremehkan kekuatan doa. Sungguh menakjubkan untuk melihat betapa besarnya manfaat doa sebenarnya.
Rasulullah (S) mengatakan; “Sesungguhnya Tuhanmu adalah murah hati dan pemalu. Jika hamba-Nya mengangkat tangannya kepada-Nya (dalam permohonan) Ia menjadi malu untuk mengembalikan mereka dalam keadaan kosong. “(H.R. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi)
Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. (Q.S. 40:60)“…Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku,…”(2: 186)
Ketahuilah bahwa tidak ada yang lebih didambakan Allah lebih dari seorang hamba berdoa kepada-Nya. (H.R. Tirmidzi).
Jadi mintalah Allah untuk membuat pikiran dan hati Anda mudah untuk mengingat firman-Nya. Mintalah kepda-Nya untuk memperkuat memori Anda untuk mengingat dan tidak melupakan apa yang telah Anda hafal, beberapa orang mengalami kesulitan dalam menghafal, mereka merasa sulit untuk mengingat dan mudah melupakan, meminta Allah untuk memperkuat itu. Mintalah Allah untuk menghapus kemalasan Anda.
21- Doakanlah orang lain.
Pada saat-saat Anda berdoa untuk diri sendiri, sisipkan doa untuk orang lain ke dalam doa Anda juga, barangkali mereka membutuhkan barakah Allah. Lagi pula, Anda mungkin juga mendapatkan keuntungan dari itu.
“Doa seorang muslim untuk saudaranya (Muslim) tanpa sepengetahuannya mudah diterima, satu malaikat diutus untuk menyertainya, setiap kali ia membuat doa bermanfaat bagi saudaranya malaikat yang diutus mengatakan”aamiin dan mungkin Anda juga sama-sama diberkati. “(H.R. Muslim)
22- Mintalah orang tua Anda untukmendoakan Anda.
Ketika saya mulai menghafal Al-Qur’an di bulan pertama, saya mengatakan kepada ibuku niat saya dan meminta orang tua saya untuk mendoakan saya. Ini sangat membantu.
“Rasulullah (S) mengatakan; Tiga permohonan tidak akan ditolak oleh Allah, doa dari orang tua untuk anaknya, orang yang berpuasa dan musafir. “(H.R. Al-Baihaqi, at-Tirmidzi)
Itu semua, saya berharap hal ini membantu / bermanfaat dengan cara apapun bahkan jika itu sedikit. Saya masih memiliki banyak muraja’ah untuk dilakukan. Silakan doakan saya. Semoga Allah memudahkan Anda dalam menghafal / merevisi hafalan Qur’an. Semoga Allah memudahkan urusan kita. Terima kasih khusus kepada teman-teman saya atas dukungannya!
Baarakallahu fiik.
Sumber/arrahmah.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 15:11
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.