loading...

Tepung Pisang Hijau: Manfaat Kesehatan dari Tepung Pisang Mentah

Posted by

Manfaat Tepung Pisang Hijau (Pisang Mentah)

Pisang Mentah

Manfaat Pisang. Pisang sebagai buah yang banyak disukai sudh lama diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Tetapi sayangnya buah pisang ini tidak bisa disimpan lama meskipun dimasukkan dalam kulkas lama-lama akan timbul bintik-bintik hitam pada kulitnya dan pisangnya juga menjadi berair dan kemudian busuk. Salah satu cara untukmengawetkannya adalah dengan dibuat sebagai tepung yaitu tepung pisang. Tepung pisang ini bisa dibuat dengan pisang yang masih mentah yaitu pisang yang masih berwarna hijau kulitnya.

Cara Membuat Tepung Pisang

Bahan :
  • Pisang raja atau pisang kepok atau pisang tanduk
  • Natrium tiosulfat (dapat dibeli di toko bahan kimia)
Alat :
  • Pisau
  • Perajang
  • Alat pengering
  • Alat penghancur atau penggiling
  • Ayakan atau saringan
Fungsi masing-masing peralatan:
  1. Penggiling ukuran kecil untuk kapasitas satu kwintal atau lebih sesuai yang diinginkan. Penggilingan digunakan untuk menghancurkan potongan pisang menjadi tepung.
  2. Pisau digunakan untuk memotong pisang menjadi ukuran kecil-kecil sebelum dilarutkan kedalam bahan natrium tiosulfat
  3. Saringan/ayakan sebagai alat untuk menyaring/mengayak hasil tepung, guna mendapatkan tepung yang baik dan halus serta berkualitas.
  4. Plastik yang lebar dan bersih sebagai alat untuk menaruh tepung pisang ketika dijemur agar supaya kering untuk memudahkan dalam proses penggilingannya.
  5. Sinar matahari sangat diperlukan dalam proses pembuatan tepung pisang dalam proses pengeringan.
  6. Plastik kemasan untuk membungkus tepung pisang telah jadi.
  7. Plastik sealer, alat menutup kantong plastik.
Cara membuatnya:
  1. Pisang yang telah tua dikupas kulitnya, dipisahkan daging buahnya.
  2. Potong pisang kecil-kecil dengan ukuran kurang lebih 1 cm x 0,5 cm dengan pisau atau alat pengiris.
  3. Rendam pisang dalam larutan natrium tiosulfat, setelah itu ditiriskan.
  4. Keringkan potongan pisang. Pengeringan dengan sinar matahari perlu waktu kurang lebih dua hari. Jika menggunakan alat pengering gabah (dengan suhu 60 derajat celsius) proses pengeringan lebih cepat. Untuk mengeringkan dua kwintal pisang segar hanya perlu waktu 1 jam 20 menit.
  5. Setelah kering atau kadar air kurang lebih 14 persen, potongan pisang dapat digiling/dihancurkan dengan menggunakan hammer mill atau ditumbuk.
  6. Hasil penggilingan kemudian diayak.
  7. Tepung pisang yang lolos dari ayakan dikemas dalam kantong plastik.
Jenis Dan Sifat Tepung Pisang 
Sebenarnya semua jenis pisang bisa dijadikan tepung pisang, tinggal dibuat sesuai kebutuhan saja. Jenis pisang kepok dan pisang lampung  menghasilkan tepung yang berwarna lebih putih daripada pisang yang lain sehingga potensial dijadikan tepung untuk tujuan komersial.
Varietas
Warna
Kadar Air (%)
Kadar Asam (%)
Karbohidrat
Kepok
Putih
6.08
1.85
76.47
Nangka
Putih Coklat
6.09
0.85
79.84
Ambon
Putih Abu-abu
6.26
1.04
78.99
Raja Bulu
Putih Coklat
6.24
0.84
76.47
Ketan
Putih Abu-abu
6.24
0.78
75.33
Lampung
Putih
8.39
0.49
70.10
Siam
Putih Coklat
7.62
1.00
77.13
Sumber : Murtiningsih dan Imam Muhajir (1988)
 
Kalau ingin tepung pisang dengan kadar karbohidrat yang tinggi dapat digunakan pisang jenis pisang Nangka ataupun pisang ambon, tapi tentu saja warnanya tak seputih tepung pisang kepok. Ciri tepung pisang yang baik antara lain:
1.    Warna putih
2.    Rasa dan aroma khas
3.    Tahan dalam jangka waktu 9-12 bulan
4.    Tidak ditumbuhi jamur
5.    Kadar air 9-11 %


Manfaat Tepung Pisang Hijau Untuk Diet Menurunkan Berat Badan
Memiliki tubuh yang sehat secara fisik dan mental merupakan keinginan setiap orang. Begitu pula dengan Anda. Oleh karena itu Anda pun mulai tertarik untuk menerapkan pola hidup sehat yang banyak disarankan oleh para ahli kesehatan.


Salah satu hal yang sangat penting dari bagian menjalankan pola hidup sehat adalah memperbaiki pola makan. Banyak tips kesehatan yang menyarankan Anda untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah. Nyatanya, hal tersebut nampaknya tidak cukup sebab Anda pun harus mengganti menciptakan menu makanan sehat yang menyeluruh seperti mengganti karbohidrat menjadi lebih sehat dan mendapatkan protein tidak hanya protein hewani.

Dilansir dari dailymail.co.uk, peluang ini pun ditangkap oleh produsen penyedia makanan sehat di Brazil dengan menciptakan tepung yang terbuat dari pisang mentah.
"Pisang adalah buah super sehat dan kami pun menemukan bahwa pisang yang belum terlalu matang mengandung pati resisten, jenis karbohidrat yang dapat berfungsi seperti serat dan membantu Anda untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan membuat Anda kenyang lebih lama," jelas James Taylor-Grime dari perusahaan ini.

"Selain itu sama seperti pisang pada umumnya, tepung ini tinggi akan kalium yang membantu Anda mengontrol aktivitas jantung dan magnesium yang membantu meningkatkan kesehatan saraf serta otot," lanjutnya.

Sementara itu, peneliti dari Leeds Beckett University yaitu Ursula Philpot pun menambahkan bahwa tepung pisang mentah ini dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan karena bebas gluten serta mampu mencegah diabetes karena tidak dapat mengakibatkan kenaikan tingkat insulin terlalu cepat.

Manfaat Tepung Pisang Hijau Untuk Membuat Penganan/Jajanan
Anda sendiri bisa mengonsumsi tepung ini dengan cara diolah menjadi seperti bubur atau bentuk olahan makanan lainnya. Tepung pisang mengandung zat gizi yang banyak. Di dalamnya terkandung karbohidrat, protein dan mineral. Selain itu tepung pisang mempunyai aroma dan rasa yang khas dan istimewa sehingga dapat digunakan sebagai bahan campuran dalam pembutan aneka jenis makanan. Tepung pisang dapat digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan pudding, biscuit, roti, pastry, soufflé, cake/pancake dan industri makanan bayi.
Tips Hari Ini:
Jangan Pernah Berdoa Ingin menjadi Orang kaya Apalagi orang miskin, Tetapi Berdoalah Agar Bisa Menjadi Orang Yang Beruntung, Di Dunia dan Akherat....semoga bermanfaat. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:45
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.