loading...

Temu Kunci, Bermanfaat Untuk Mengobati Sariawan, Perut Kembung, Pencegah Kanker sampai Penambah Stamina

Posted by

Manfaat Temu Kunci Bagi Kesehatan dan Kecantikan.
Bumbu Rempah Berkhasiat. Temu Kunci adalah salah satu tanaman obat berupa rimpang yang termasuk dalam jenis temu-temuan seperti halnya Temulawak dan Lengkuas. Temu kunci ini juga sering dimanfaatkan sebagai rmpah atau pelengkap bumbu masakan seperti kuah bening dan lain-lainnya.

Temu Kunci

Penyebarannya menurut wikipedia.com, banyak sekali ditemukan di wilayah Asia Tenggara khusunya di Indonesia. Dengan mempunyai nama latin atau Ilmiah Boesenbergia rotunda, Temu kunci ini di klasifikasikan dalam kelompok kerajaan Plantae. Dan ciri dari tumbuhan temu kunci berbentuk terna serta berwarna kuning hampir putih pada setiap rimpangnya.

Kandungan kimia yang terdapat Pada temu kunci sebagai berikut : Minyak atsiri (Kamfer, Sineol, Metil Sinamat, dan Hidromirsen), Damar, Pati, Saponin, Flavonoid, Pinostrolerin, dan Alipinetin. Dan dari semua kandungan tersebut, banyak sekali manfaat serta khasiat yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh kita. 
Manfaat Temu Kunci Untuk Kesehatan :
  • Mengobati Sariawan serta Panas Dalam
  • Mengobati Masuk angin dan perut kembung
  • Sebagai peluruh atau melancarkan air seni
  • Mengatasi penyakit kulit seperti gatal-gatal dan lain-lainnya.
  • Mencegah Sel tumor atau kanker berkembang dalam tubuh
  • Penambah tenaga atau stamina tubuh
Manfaat Temu Kunci Untuk Kecantikan :
  • Melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui
  • Mengobati Keputihan
  • Menghilangkan nyeri pada saat haid
  • Melancarkan Menstruasi atau datang bulan
Ternyata manfaat lain juga terdapat pada ibu yang sedang hamil Jika rajin mengkonsumsi tanaman obat yang satu ini, Maka calon bayi yang akan keluar menjadi bersih dan lebih sehat. Untuk penggunaan dan pengolahan bisa memanfaatkannya sebagai bumbu dapur serta untuk konsumsi lain sebagai jamu, atau bisa juga dengan menghaluskan beberapa rimpang dari temu kunci kemudian rebus dan diminum selagi hangat.


Resep Ramuan Obat Temu Kunci

Untuk Mengatasi  masuk angin,
15 gram temu kunci, 1 sendok teh adas, dan 2 jari pulasari, dihaluskan lalu digosokkan pada bagian perut, lakukan 1 sampai 2 kali sehari. Mengatasi perut kembung, 5 gram temu kunci, daun temu kunci secukupnya, ditumbuk hingga halus lalu ditempelkan pada perut sebagai tapal. 

Memudahkan/Melancarkan buang air kecil,
temu kunci, adas, dan pulasari dihaluskan lalu dijadikan tapal atau bedak tebal yang ditempelkan pada perut. Mengatasi gatal-gatl, 10 gram temu kunci, 5 gram temu lawak, 15 gram kunyit, dan 15 gram daun ketepeng cina kering dihaluskan lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit. 

Obat keputihan,
10 gram temu kunci, 5 gram kunyit, 5 gram temulawak, dan 15 gram sambiloto kering, direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari. 

Meredakan  panas dalam,
10 gram temu kunci yang dipotong-potong, 25 gram daun kumis kucing segar, dan 20 gram daun sosor bebek segar, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc, lakukan dua kali sehari. Mengatasi tuberkulosis, 15 gram temu kunci dan 4 gram biji pinang dihaluskan lalu ditambahkan 200 cc air masak, kemudian disaring dan diminum airnya. 

Penambah stamina
Campurkan empat rimpang temu kunci seukuran jari dengan 500 gr temu lawak. Setelah ditumbuk, dicampur air, lalu peras. Agar tidak terlalu hambar, air perasannya dapat ditambah sedikit madu, diminum segelas sehari. 

Perangsang ASI
Ambil 20 gram temu kunci (kurang lebih 6 rimpang), dipotong kecil-kecil, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus. 

Bersih diri setelah bersalin
Caranya, campur 4 rimpang temu kunci seukuran jari dengan 50 gr temu lawak. Kemudian ditumbuk dan dicampur air untuk diambil sarinya. Agar tidak telalu hambar dapat ditambahkan sedikit madu, dan selanjutnya diminum segelas setiap hari.Konsumsi jamu temu kunci ini dianjurkan minggu pertama pasca melahirkan. Manfaat temu kunci ini dapat mengembalikan stamina dan kebugaran tubuh ini, seperti pati, saponin, dan flavonoid.
Tips Hari Ini:
Jaga Kesehatan Diri Anda dengan Berpuasa

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:12
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.