loading...

Teknik dan Cara Mengasah Pisau Yang Benar Agar Tajam dan Tahan Lama

Posted by

Cara Mudah dan Tepat Mengasah Pisau Dapur Agar lebih tajam dan Tahan lama menggunakan cara yang benar. Cara yang benar mengasah pisau juga membuat pisau dapur menjadi lebih awet dan tidak cepat aus disamping ketajamannya terjaga.Mengasah pisau tak semudah kelihatannya. Diperlukan cara yang tepat agar pisau kembali tajam dan awet dari waktu ke waktu.



Memilih Batu Asah

Memilih batu asah yang tepat adalah batu asah dengan dua permukaan, yaitu kasar dan halus. Basahi permukaan batu asah dengan air atau sabun untuk melumasi permukaan batu. Hindari menggunakan minyak pelumas karena akan membuat pori-pori batu asah tertutup.

Cara Mengasah Pisau
  • Sebaiknya mengasah pisau dengan sudut kemiringan sekitar 10-20 derajat. Jangan mengasah pisau dengan posisi berdiri karena akan menghilangkan ketajamannya.
  • Asah pisau secara satu arah, jangan dilakukan secara bolak-balik karena akan membuat pisau menjadi tumpul.
  • Ulangi langkah 1 dan 2 sekitar 3-4 kali.
  • Setelah diasah, segera bersihkan pisau dengan air dan jangan dibiarkan begitu saja. 
  • Bekas asahan akan menimbulkan bakteri yang menempel pada pisau dan membuat pisau jadi tumpul.
Menggunakan Pengasah Pisau dari Baja
Anda dapat menggunakan pengasah pisau baja atau disebut pula pengasah pisau berlian, atau yang alami, gunakan batu. Jika Anda membeli satu set pisau, biasanya lengkap dengan pengasah pisau baja. Jika Anda harus membelinya, pilih yang ukurannya lebih panjang dari pisau terpanjang Anda.

Berikut langkah-langkah menajamkan pisau seperti diulas Themainmeal:

1. Pegang pengasah pisau di satu tangan dan pisau di tangan yang lain. Sisi pisau yang tajam harus menyentuh pengasah dengan sudut sekira 20 derajat. Tempatkan sisi pisau yang tajam (paling dekat dengan gagang pisau) di dekat bagian atas pengasah.

2. Dengan gerakan cepat, gesekkan pisau dan seluruh baja sampai ujungnya menyentuh bagian bawah pengasah. Pertahankan sudut 20 derajat sehingga sisi miring yang kecil pengasah dan sisi tajam pisau akan selaras dengan benar. Anda hanya perlu menggunakan tekanan ringan.

3. Ulangi gerakan penajaman dengan sisi berlawanan dari baja. Enam sampai sepuluh gesekan di setiap sisi cukup untuk menghasilkan ketajaman pisau yang Anda inginkan.

4. Buatlah gesekan terakhir secara perlahan dan tidak terlalu ditekan. Jangan pernah membiarkan sisi pisau menyentuh pengasah karena pisau Anda akan tergores, karena itu posisi sisi tajam pisau selalu dengan sudut 20 derajat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:11
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.