loading...

Tanda-tanda Penting Saat Bayi Akan Lahir dan Si Ibu Akan Segera Melahirkan Dalam Waktu Dekat

Posted by

Sebuah keluarga baru yang akan memiliki anak pertama sering dilanda was-was saat si calon ibu akan melahirkan. Sebagai persiapan kelahiran maka pasangan suami istri yang baru akan mempunyai jabang bayi wajib mengetahui tanda-tanda si ibu akan melahirkan dalam waktu dekat. Jadi baik ayah mapun Ibu juga perlu memahami tanda-tanda wanita hamil yang akan melahirkan. Memang banyak keluhan saat hamil, tetapi hal tersebut harus juga dipahami agar Ibu mengerti apabila hendak bersalin.


Berikut ini tanda-tanda persalinan atau kelahiran bayi semakin dekat:
  • Perubahan Bentuk Tubuh
Biasanya, menjelang persalinan terjadi perubahan hormon yang berakibat pada perubahan bentuk tubuh ibu hamil. Misalnya, tulang kemaluan yang melebar sehingga membuat dasar panggul semakin lunak. Hal ini tentu akan memudahkan jalan lahir si Kecil. Payudara Anda juga semakin terlihat membesar karena telah memproduksi ASI.
  • Sakit Punggung
Gejala ini paling umum dialami seorang wanita hamil yang hendak bersalin. Oleh karena itu, Anda harus bisa membedakan antara sakit punggung normal dan tanda-tanda hendak melahirkan.
  • Perut Terasa Mengeras
Saat menjelang persalinan, si Kecil mulai turun ke arah mulut rahim. Selain itu, rasa mulas yang dirasakan akan membuat bagian perut semakin mengeras.
  • Kontraksi
Kontraksi identik dengan kerasnya dinding rahim saat menjelang persalinan. Beberapa wanita hamil terkadang tidak menyadari hal ini. Anda harus mengenali dengan benar apa yang saat ini sedang dirasakan karena bisa jadi tidak lama lagi si Kecil segera lahir.
  • Vagina Keluar Lendir
Tanda-tanda akan melahirkan ini disebabkan adanya peningkatan debit lendir dari vagina. Lendir tersebut akan menjadi air saat terjadi persalianan nantinya.
  • Pembukaan
Tanda akan melahirkan yang terakhir adalah kepala bayi sudah berada di bagian pintu rahim, pembukaan sudah mulai berjalan secara perlahan yang secara umum pembukaan ini naik satu persatu sekitar sekitar dua jam sekali yang semakin dekat dengan persalinan.
  • Kepala bayi mulai bergeser ke bawah
Pergeseran posisi bayi ini dapat dirasakan oleh ibu hamil, terutama karena perut bagian atas ibu hamil mulai kosong. Tanda tanda akan melahirkan yang satu ini terjadi karena sang calon bayi sudah menuju ke bagian pintu rahim.
  • Flek Darah
Bukan hanya saat implantasi saja flek bisa terjadi, tetapi menjelang persalinan pun Anda masih mengalaminya. Jika Ibu telah mengalaminya saat ini, segelah menuju rumah sakit dan membawa perlengkapan untuk persalinan karena flek darah menandakan persalinan semakin dekat.
  • Air Kencing Yang Tak Tertahankan
Intensitas buang air kecil saat hamil memang menjadi gejala umum. Pasalnya, saat hamil janin akan menekan kantong kemih sehingga Anda sering ingin ke toilet. Namun menjelang persalinan, Anda merasakan dorongan hebat yang membuat ingin selalu buang air kecil.

Sumber: http://www.katalogibu.com

Catatan:

Hal Penting Untuk Ibu Hamil

Pemeriksaan rutin Ke Bidan atau Dr Kandungan
  • Melakukan pemeriksaan berguna untuk memantau kesehatan serta keadaan janin dan ibu. 
  • Sehingga jika ditemukan gangguan tertentu maka dapat segera diberikan tindakan dengan cepat dan tepat.
Konsumsi makanan bernutrisi/Bergizi
  • Menu sehat yang kaya akan nutrisi sangat diperlukan untuk ibu yang sedng hamil demi pertumbuhan janin. 
  • Maka dari itu dengan terpenuhinya gizi maka janin akan berkembang menjadi lebih sehat.
Hindari asap rokok
  • Bahaya asap rokok kini sedang gencar di publikasikan demi kesehatan masyarakat Indonesia. 
  • Apalagi untuk ibu hamil, dilarang keras untuk dekat dengan asap rokok bahkan menjadi perokok aktif. Karena hal ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:24
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.