loading...

Tanaman Rujak Polo, Tribulus Terrestris: Bermanfaat Untuk Mengobati Impotensi, Ejakulasi Dini dan Menurunkan Tekanan Darah

Posted by

Tanaman Rujak Polo (TRIBULUS TERRESTRIS). Tribulus merupakan tumbuhan tropis, tumbuh dan berkembang di dataran rendah sepanjang tahun (sepanjang musim) sebagai tanaman gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh setinggi 10-50 cm, dengan , Tanaman ini mempunyai kemampuan untuk tumbuh pada tanah tandus, kering, berpasir, hingga berbatu, Tanaman yang berkembang biak melalui biji ini tumbuh menjalar. Tanaman ini memiliki batang yang  menjalar dan beruas, rata-rata mencapai panjang 1,5 m, terdiri dari banyak cabang dengan daun kecil-kecil yang berpasangan. Berdaun majemuk genap, anak daun antara 6-12 lembar, daun bertolak belakang berisi 5-8 pasangan dedaunan bulat panjang sepanjang 1 cm dengan lebar 6 mm.

Tanaman Rujak Polo (TRIBULUS TERRESTRIS)

Bunga soliter di ketiak daun (auxiliary) bergaris-tengah ± 1 inchi. Mahkota bunganya berwarna kuning berbilangan 5, mekar pagi hari sampai jam 10 secara serentak, tumbuh dari putik pendek dan kapsul melingkar keras dengan 3 sekam berisi benih. Buahnya persegi 5 dengan 5 kampuh yang pecah bila sudah tua. Dan setiap pecahannya menyerupai kepala banteng dengan duri seperti tanduk.Buah dari tumbuhan ini sangat keras dan berduri tajam.Bila sudah tua buahnya berwarna coklat muda, bulat, gepeng dan berdiameter 1 cm. Tanaman ini memiliki banyak sebutan termasuk puncturevine, caltrop, rujak polo, kepala kucing, pohon anggur kuning, goathead, duri setan, gulma setan, bulu mata setan, Burra gokharu dan bindii.

Tanaman ini banyak tumbuh di Cina dan Jepang. Di Indonesia terdapat 2 jenis tribulus, yakni Tribulus terrestris dan Tribulus citoides (keduanya telah dibudidayakan). Tribulus terrestris merupakan tumbuhan luar negeri yang dibawa ke Indonesia.Sedangkan Tribulus citoides merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat ditemui pada dataran rendah kepulauan Bali hingga Nusa tenggara.
Tanaman ini dapat berkembang bahkan di iklim gurun dan tanah yang memiliki kondisi kesuburan yang buruk. Tribulus terrestris merupakan tanaman herbal yang tumbuh sekali dalam setahun yaitu pada musim panas di daerah beriklim dingin.
Lily M. Perry, melalui bukunya yang berjudul ‘Medicinal Plants of East and Southeast Asia‘, mengatakan tibulus dapat digunakan sebagai astringen, aprodisiaka, diuretika, tonika, serta hemostatika.Di Eropa, Tanaman ini telah digunakan sebagai herbal stimulan untuk meningkatkan libido (kemampuan seksual) pria dan wanita sejak berabad-abad lampau. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam pengobatan hati, ginjal, serta penyakit saluran pencernaan.

Tanaman ini mengandung betacarboline alkaloids hamman, harmol, dan harmine. Zat berkhasiat yang terkandung dalam biji Tribulus terrestris mengandung golongan saponin ( Protodioscin , Furostanol) Glikosida, Flavoid,Resin, Tannin,sterol dan minyak essensial. Sebagai bahan aktif “PROTODIOSCIN“ serupa DHEA (Dihidroepiandrosteron) sebagai bahan dasar hormon sexual (Testosteron & Estrogen)

Tanaman tribulus sangat terkenal sebagai obat pria dewasa yaitu :

Sebagai obat impotensi.
  • Ambil 1 tanaman yang telah berbunga ± 50 gram, 
  • tumbuk halus dan tuangi air panas. 
  • Biarkan 1 jam lalu ambil supernatannya 1 gelas,
  • Tambahkan juga madu 1 sendok makan lalu diminum.

Sebagai obat Keperkasaan Pria.
  • Ambil 11 butir buahnya,
  • tumbuk sampai halus. 
  • Tambahkan susu hangat 1 gelas, 
  • saring, lalu minum.

Penelitian Tanaman Tribulus Terrestris :

Menurunkan tekanan darah, migrai atau pusing dan nyeri haid. Dari hasil uji klinis penderita tekanan darah systole diatas 170 mmHg, saponin tribulus terrestris mampu menurunkan tekanan darah lebih dari 40 mmHg sebanyak 80% penderita. Efek anti migran/pusing disebabkan mekanisme ICP (Intracaverous presser).ICP ini berfungsi melancarkan darah ke seluruh tubuh dan merelaksasikan otot. Hal ini sangat tepat bagi penderita migrant /pusing karena gangguan peredaran darah. Saponin mampu membantu menjaga keseimbangan hormone estrogen dan progesterone serta melenturkan otot kewanitaan sehingga berguna bagi wanita yang nyeri haid karena gangguan hal tersebut.(Zhong Yao Za Zi, August 2005;4;1290)

Menurunkan kadar Gula Darah (Diabetes) dan Kolesterol. Penelitian terhadap efek hipoglikemik, saponin mampu menurunkan kadar 26% sampai 40% kadar gula serum. Saponin Tribulus terrestris mampu menurunkan serum.(Zhong Yao Cai,May 2003;4;341).

Efek aprodisiak. Gairah seksual & stamina tubuh. Protodioscin dalam tubuh menjadi Dehidroepiandrosteron (DHEA) yang merupakan bahan dasar pembentuk hormone testosterone. Disamping itu protodioscin juga meningkatkan hormone luteinizing melalui mekanisme ICP. (DHEA) dan luteinizing berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan ketahanan seksual laki-laki. Di Negara Eropa biasa dipakai untuk menguatkan otot dan mempertahankan stamina para atlet di kejuaraan Olimpiade.Forustanol merangsang kelenjar androgen di hipotalamus sehingga hormone sex menjadi lebih terlatih dan selalu aktif.(Life Sci,August 2002;71;(12);96;1385)

Manfaat Tribulus Terrestris bagi kesehatan :
  • Meningkatkan gairah suami
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Mengatasi gejala impotensi
  • Menguatkan otot dan stamina
Komponen-komponen atau nutrisi utama lainnya dalam Tribulus terrestris adalah saponin steroid. Saponin steroid yang paling aktif di Tribulus disebut protodioscin. Protodioscin telah terbukti memicu pelepasan oksida nitrat dalam jaringan ereksi pada penis. Nitrat oksida mengirimkan sinyal ke pembuluh darah di penis untuk melebar (vasodilatasi), meningkatkan aliran darah, dan menyebabkan ereksi lebih kencang dan lebih penuh.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:16
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.