loading...

Tanaman Obat Herbal Sambang Colok, Bermanfaat Untuk Mengobati Nyeri Haid dan Radang Rahim Serta Sulit Kencing

Posted by

Tanaman Sambang Colok. (Aerva sanguinolenta), banyak ditanam masyarakat kita sebagai tanaman hias karena warna daunnya yang cukup menarik yaitu berwarna merah. Sambang colok merupakan keluarga bayam-bayamanan (Amaranthaceae), jadi kalau anda lihat secara teliti ada kemiripan dengan bayam pada daun dan terutama pada bunganya. Secara tradisional Daun sambang colok banyak digunakan sebagai obat haid kurang teratur, obat untuk menghilangkan rasa nyeri haid, obat kencing kurang lancar, obat kencing darah, obat kurang darah, obat keputihan, obat cacing dan obat radang rahim. Nama daerah : Kisambang , gondang kasih, sambang colok




Kandungan kimia dan efek farmakologis, Sambang colok kaya akan kandungan kimia seperti saponin, polifenol, flavonoid, dan minyak asiri. Anggota familli Amaranthaceae itu memiliki sifat diuretik, anti flamasi, dan antipiretik.

Cara menanam dan  budidaya tanaman Sambang Colok. 
Perbanyakkan sambang colok dengan setek batang. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang memadai,menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. Sambang colok menghendaki tempat yang cukup sinar matahari. Sebagai tanaman obat, hindari penggunaan pupuk dan pestisida kimia.

Bagian-bagian  tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional  dan pemanfaatannya

Bahan tanaman yang digunkan sebagai bahan baku obat tradisional adalah daun untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut :

Nyeri haid :
  • Cuci bersih gr daun segar. Rebus bahan dalam gelas selama 15 menit. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.
Sulit berurine :
  • Cuci bersih 10 gr daun segar. Rebus bahan dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin saring dan minum sekaligus.
Radang rahim :
  • Ambil 20 gr daun segar, lalu cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Saring hasil rebusan setelah dingin, minum ramuan sekaligus.
Pengobatan Luka:
  • Daun Sambang Colok ditumbuk sampai lembut dan digunakan untuk pengobatan luka.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:03
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.