loading...

Penyebab dan Cara Mengatasi Mual, Muntah dan Diare atau Mencret terus-menerus

Posted by

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam.Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan diare atau muntaber :

1. Faktor lingkungan yang kurang bersih.

2. Faktor penyediaan air bersih yang belum memadai.

3. Infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau parasit lainnya.

4. Korban keracunan bahan makanan atau alergi terhadap zat dalam makanan.

Salah satu penyebab  diare adalah adanya kontaminasi makanan atau minuman oleh mikroorganisme patogen tertentu. Ada beberapa mikroorganisme patogen yang biasa menyebabkan kasus diare atau muntaber. Diantaranya :

Vibrio cholerae, bakteri berbentuk batang bengkok yang dapat bergerak dan tidak membentuk spora. Bakteri ini penyebab angka kematian tertinggi. Diare yang disertai muntah dan kejang perut, dapat datang secara tiba-tiba (nausea). Penularannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri yang terdapat dalam muntahan maupun feses penderita.Shigella sp. penyebab utama disentri basiler, yakni suatu penyakit dengan gejala disentri yaitu nyeri perut hebat, berak yang sering, dan sakit dengan volume tinja sedikit disertai lendir dan darah.Escherichia coli, bakteri ini berbentuk batang, gram negatif, fakultatif anaerob, dan tak mampu membentuk spora. Seperti kita ketahui bakteri E. coli merupakan organisme yang normal terdapat dalam usus manusia sehingga keberadaannya bukan merupakan masalah. Namun, beberapa strain tertentu dari bakteri ini dapat menimbulkan penyakit seperti diare atau muntaber.Amuba. Beberapa dari jenis organisme bersel satu ini kemungkinan dapat berperan dalam terjadinya wabah diare atau bahkan muntaber. Manusia dapat terinfeksi karena memakan kista yang terdapat dari makanan atau minuman. Kista bahkan dapat terbawa oleh lalat maupun kecoa dan mengontaminasi makanan maupun minuman. Gejala klasik yang terjadi adalah sering buang air besar, tinja sedikit yang dengan darah dan lendir dan disertai demam dan sakit perut. Dalam keadaan akut bisa disertai sakit kepala, nausea, kram perut, dan kadang muntah.Virus, mikroorganisme penyebab infeksi terkecil ini, di antaranya dapat menyerang saluran pencernaan, terutama bayi. Gejala khas yang dapat ditemukan adalah diare, demam, nyeri perut, muntah-muntah sehingga terjadi dehidrasi. Pada bayi dan anak-anak kekurangan cairan dan elektrolit dapat mematikan apabila tidak ditangani secepat mungkin.Keracunan, baik oleh bakteri maupun bahan kimia dari makanan yang kita konsumsi. Pada awal gejala bakteri ini menyebabkan gangguan pencernaan akut, mual muntah, diare, demam, pusing dan mulut terasa kering. Gejala akan berlanjut berupa kabur penglihatan dan kelumpuhan otot.

Penanganan diare antara lain :

Pastikan tanda-tanda dehidrasi, cegah perburukan dan bawa ke fasilitas kesehatan:?

Dehidrasi ringan-sedang : berikan cairan oral (minum) seperti minuman bersoda, jus buah, atau minuman olahraga. Minuman rehidrasi buatan rumah dapat dari 8 ons apel, jeruk atau buah lainnya ditambah ½ sendok teh madu, seujung jari garam, 8 ons air dan ¼ sendok teh baking soda. Cairan rehidrasi berbahan dasar beras dapat dibuat dengan mencampur ½ mangkuk sereal bayi kering dengan 2 cangkir air dan ¼ sendok teh garam. Berikan sesuai dengan jumlah yang keluar.Pada dehidrasi berat dimana terdapat gangguan kesadaran, ketidakmampuan untuk minum serta adanya diare dan atau muntah yang terus berlangsung maka dilakukan pemberian cairan melalui intravena (infus ) pada fasilitas kesehatan

Selain itu, gejala demam disertai diare dan mual muntah juga dapat disebabkan karena typhoid. Ada baiknya memeriksakan diri Anda ke dokter karena diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk menunjang diagnosis dan pengobatan akan disesuaikan  dengan penyebab.

Demikian informasi tentang penyebab mual muntah diare dan cara mengatasinya.

Sumber klikdokter

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 15:57

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.