loading...

Panduan Praktis Cara Menanam Indigofera Sp Paling Sederhana

Posted by

Cara mudah menanam Indigofera Paling Simple

Cara menanam indigofera sp:
  • Lokasi Tanam Harus Cukup Sinar Matahari. Siapkan lokasi dimana mendapat cahaya matahari penuh karena indigofera merupakan tanaman yang mebutuhkan cahaya dan panas disaat mulai perkecambahan.
  • Siapkan Polibag ukuran minimal diameter 8-10 cm di isi tanah subur bagian atas atau tanah biasa diberi pupuk kandang, polibag ini saat pembibitan harus dalam kondisi tersiram air setiap hari tetapi tidak boleh digenangi karena kalau terlalu lama tergenang bias menyebabkan busuk.
  • Seleksi Biji Indigofera dengan Perendaman. Sebelum disemaikan rendam dulu biji indigofera 12 jam dalam air dingin kemudian buang yang mengambang setelah itu tabur 4-5 butir benih indigofera di dalam polibag dan sirami setiap pagi dan sore, tidak perlu menggunakan pupuk kimia tetapi cukup dengan tanah subur atau pupuk kandang atau organic karena indigofera akarnya bisa mengambil nitrogen dari udara.
  • Pemindahan Indigofera dari Polybag ke Loksi Tanam. Setelah usia 2-3 bulan di polybag indigofera bisa ditanam di lokasi , usahakan dibuat guludan saat tanam awal sehingga bila musim hujan deras dia tidak terkena genangan karena bisa menyebabkan akar busuk.
  • Masa Panen Indigofera. Tanaman indigofera bisa dipanen 70-90 hari sekali, sisakan dari tanah batang utama dengan ketinggian 80 cm.
  • Pemupukan. Untuk pemupukan bisa menggunakan kombinasi pupuk kandang dan tsp dan npk.
  • Keunggulan Indogofera. Indigofera toleran di lahan berketinggian 1 sd 1800 an meter dpl dan relative baik pertumbuhannya di lahan daerah kering dan pertumbuhannya cepat disamping tentu saja kandungan proteinnya yang tinggi sampai 27% dari Bahan Kering (BK). Dan tentunya memang sangat mudah dikembangbiakkan seperti langkah-langkah yang disebutkan dalam panduan praktis dan sederhana cara menanam Indigofera secara mudah dan simple.
Biji Indigofera Untuk Pembibitan Generatif

Bunga Indigofera

Daun Indigofera

Tanaman Indigofera Sp

Selamat mencoba menanam dan mengembangbiakkan Indigofera sebagai Hijauan Alternatif  Pakan Ternak yang memiliki Potensi tinggi sebagai HMT sumber protein. Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 09:05
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.