loading...

Membuat Screenshoot dan Puzzle Foto dengan Photoscape dan Menu-Menu Lainnya Mulai Editor sampai Face Search

Posted by

Editing Foto dengan Program Yang Mudah Digunakan, Photoscape.
Photoscape. Kegiatan mempercantik photo dengan animasi atau lainnya memang menyenangkan apalagi jika didukung program atau aplikasi yang mudah dipakai seperti photoscape. Nah mengenai photoscape ada banyak menu yang bisa dipakai untuk otak atik photo. Dan yang akan coba dicontohkan kali ini adalah menu membuat screenshoot dan membuat puzzle foto dengan program photoscape.

Berikut, adalah menu yang ada dalam photoscape;
  • Viewer (penilik)fungsinya ialah sebagai jendela penilik (melihat) foto di folder Anda.
  • Editor (Editor) Memiliki beraneka fungsi salah satunya adalah untuk mengubah ukuran, kecerahan, dan penyesuaian warna. Disamping itu juga digunakan untuk menambahkan teks, memotong, penghapusan mata merah, efek stempel, frame, balon, mode mosaik, menggambar gambar, koreksi backlight, dan sebagainya.
  • Batch Editor (editor tumpak) dapat digunakan untuk mengedit beberapa foto sekaligus.
  • Page (halaman) Ingin membuat tampilan foto dari gabungan beberapa foto sekaligus ke dalam satu frame halaman? Page ini dapat digunakan. Dalam photoscape disediakan lebih dari 100 template frame yang bisa kita pilih.
  • Combine (menggabungkan) Buatlah foto Anda lebih menarik dengan menggabungkan beberapa foto secara horisontal dan vertical melalui menu combine ini.
  • Animated GIF (Animasi GIF) Foto Anda pun dapat dijadikan bentuk animasi dengan menu Animated GIF. Tidak hanya 1 foto, Anda dapat berkreasi dengan beberapa foto sekaligus.
  • Print (cetak), Gunakan menu print untuk mencetak foto sesuai keinginan Anda.
  • Splitter (pemotong foto), Jika Anda ingin memotong foto menjadi beberapa bagian sesuai ukuran yang diinginkan, gunakan Splitter.
  • Screen Capture (menangkap layar), Menu ini digunakan untuk mengambil gambar screenshot.
  • Color Picker (pemilih warna), Pilih warna favorit Anda pada menu berikut, untuk tampilan lebih berwarna
  • RAW Converter (konversi RAW), Ingin mengonversi format RAW ke JPG? Gunakan menu ini.
  • Rename (ganti nama file), Kadangkala kita ingin mengubah nama file pada foto kita, gunakan menu ini untuk mengganti nama file foto dalam modus batch.
  • Paper Print (mencetak kertas), Fungsi menu ini beragam, dapat mencetak kertas grafik, kertas garis, kertas musik, atau kalender.
  • Face Search (pencarian wajah), Cobalah bereksplorasi mencari wajah yang mirip Anda di internet dengan menu ini.
  • Selain itu,Photoscape juga dilengkapi dengan fitur Filter, misalnya Film Effect, Antique Photo, Lens Flare, Texture, Pictorialization, dan puluhan jenis filter lainnya.
Membuat Screenshoot dengan Photoscape
Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah jalankan dulu program Photoscape lalu anda dapat langsung memilih Fitur Capture Screen yang iconnya bergambar tangan sedang memegang kertas.
Fitur ini dapat memungkinkan anda membuat screenshoot secara full screen atau semua yang terlihat pada layar atau hanya window / wizard saja. Kalau membuat yang full screen mirip seperti pembuatan cara manual yaitu Shift + Print Screen.


Coba  buka window yang ingin anda ambil gambarnya lalu klik tombol Capture Full Screen. Secara otomatis screenshoot anda akan tampil di Fitur Editor Photoscape, sehingga anda mudah bila ingin melakukan pengeditan.


Contoh Screenshoot dengan Photoscape
Berikutnya yaitu screenshoot window, atau wizard atau bagian tertentu dari layar anda. Caranya sama hanya saja anda klik Capture Window lalu klik pada bagian yang ingin anda rekam. Kelebihan cara ini yaitu anda tidak perlu memotong atau crop foto yang dihasilkan.

Cara berikutnya adalah cara bebas sesuai dengan kehendak anda. Setelah anda klik Capture Region, anda lakukan klik sekali (jangan ditahan karena bukan drag) pada sudut yang rencananya sebagai screenshoot lalu geser hingga membentuk bidang kemudian klik lagi sekali sebagai penutup. Hasilnya sangat tergantung dari besar region yang anda buat.  Cara ketiga itu mirip sekali dengan cara crop, hanya saja dibuat langsung pada layar anda dan hasilnya berupa potongan.Mudah sekali bukan? Selamat Mencoba!


Membuat Puzzle Foto dengan Photoscape

Puzzle foto ini sangat bagus untuk melatih daya analisis anak, apalagi gambarnya berupa buah-buahan atau tokoh kartun yang lucu. Nanti bisa anda cetak pada kertas yang agak tebal seperti karton lalu digunting-gunting. Berikan pada anak supaya merangkai foto tersebut...

Memotong Foto dengan Splitter Photoscape
Langkah awalnya anda jalankan dulu program Photoscape. Nanti ada gambar huruf Q besar terbalik (sebenernya ini huruf P, hasil karya anaknya pembuat Photoscape kali yah...), cari icon Splitter yang artinya pembelah tepat di bawah huruf P itu...
Nah... Akan muncul Spitter Wizard (maksudnya jendela menu), kemudian anda klik tombol Add (nomer 1) lalu cari foto yang akan dibelah-belah pada folder di dokumen anda. Cari foto yang unik supaya sulit ditebaknya :)

Langkah selanjutnya anda atur berapa banyak potongan yang akan dilakukan. Ada dua pilihan yaitu Col, Row dan Width, Height (nomer 2). Col, Row memotong foto berdasarkan jumlah baris dan kolom yang ini membagi foto menjadi potongan-potongan sama besar dan tidak bersisa.
Sedangkan Width, Height memotong berdasarkan tinggi dan lebar sehingga gambar yang dipotong terkadang ada yang kecil ukurannya karena tidak habis dibagi. Hasilnya langsung terlihat kok di preview (nomer 3).

Setelah pengaturan selesai anda boleh tekan tombol Split (nomer 4). Nanti yang keluar langsung Save wizard, foto anda langsung disimpan pada folder Output (folder tersendiri). Ada dua pilihan (nomer 5), pertama disimpan sesuai letak asal foto atau anda tentukan sendiri dimana anda akan menyimpan.
Anda juga dapat menyimpan foto dengan ekstensi berbeda dengan foto asal (nomer 6). Misalkan foto asal berekstensi JPEG, anda dapat menyimpan dengan ekstensi PNG, GIF atau BMP. Langaka selanjutnya tekan Split (nomer 7) lagi dan potongan-potongan foto pun otomatis tersimpan ke folder Output, ingat ya... “folder Output”.


Menggabungkan Foto dengan Combine Photoscape
Langkah berikutnya ini tinggal anda gabungkan potongan-potongan foto tadi dalam satu kotak / gambar. Tahap inilah anda acak-acak posisi foto tadi tidak seperti sediakala. Baiklah... singkatnya begini, anda drag potongan-potongan foto yang tersimpan di folder Output tadi secara acak. Misal potongan 5 dulu lalu potongan 7 kemudian 2, 9, 6, dan seterusnya... sampai habis. Selanjutnya anda atur jumlah kolomnya (nomer 8) agar sama seperti jumlah kolon pada potongan foto yang anda buat tadi. Misal tadi anda memotong foto dengan 3 kolom, berearti anda satukan potongan-potongan foto itu menjadi 3 kolom lagi. 

Sumber referensi:
http://pemburututorial.blogspot.com
http://gustibogor.blogspot.com

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:04
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.