loading...

Manfaat Hebat Tidur Sejenak (15 - 30 Menit) Pada Siang Hari

Posted by

Manfaat Tidur Sejenak Siang Hari
Tidur Siang. Berbagai manfaat tidur siang sejenak sudah dibuktikan secara ilmiah sangat berpengaruh positif terhadap kesehatan seseorang. Tidur siang bukan saja dapat membuat suntikan energi dalam beraktivitas saja namun juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar jika dilakukan dengan benar dan dengan kuantitas waktu yang cukup. Tidur di siang hari memang berbeda dengan tidur di malam hari. Rentang waktu yang dilakukan juga sebaiknya harus pas dan normal karena jika tidur siang dilakukan dengan waktu yang sangat lama bahkan lebih dari 3 jam dapat membuat beberapa kerusakan mulai dari jaringan sel pada otak, saraf dan beragam gangguan pada organ.

Manfaat Tidur Siang Sejenak yang Di Sunnahkan Rasulullah SAW
Kebiasaan tidur siang atau Qailullah dapat meningkatkan konsentrasi dan penghilang kantuk. Kebiasaan ini menjadi rutinitas Rasullullah Muhammad SAW semasa hidup. Dan subhanallah, kebiasaan Rasulullah ini ternyata diterapkan oleh pemerintah Jepang.

“Bahkan ketika zaman penjajahan Hindia Belanda kebiasaan ini telah di lakukan. Saat ini, banyak negara yang mewajibkan pekerjaannya melakukan kebiasaan itu salah satunya Jepang,” kata Pimpinan Lembaga Dakwah Kreatif iHAQi, ustadz Erick Yusuf.

Pria yang akrab disapa Kang Erick ini menjelaskan, didalam Islam kebiasaan tidur siang sudah dilakukan oleh Rasulullah dan para sahabatnya. Ia menjelaskan, pola hidup Rasulullah patut dicontoh sebagai suri tauladan umat Islam. Pola hidup seperti itu telah dibuktikan oleh banyak ilmuan kesehatan pada fungsi-fungsi tubuh manusia.

Kebiasaan tidur siang merujuk pada pola kehidupan Rasul. Dijelaskan dari berbagai hadits, Nabi Muhammad SAW sudah lebih awal tidur setelah menunaikan shalat Isya’. Beliau kembali bangun ketika dini hari untuk menulaikan shalat Qiyamullail (shalat malam atau Tahajud) dilanjut dengan menunaikan shalat subuh. Selepas itu, beliau tidak tidur melainkan berdzikir hingga matahari mulai menunjukan cahayanya. “Saat itu beliau menunaikan shalat Dhuha untuk mengawali aktifitasnya,” jelasnya.

Ada kebiasaan Rasul dan para sahabatnya usai menunaikan shalat Dzuhur. Mereka beristirahat dan tidur dalam waktu singkat di siang atau Qailullah. “Ternyata fungsi ini adalah untuk melepas kantuk dan meningkatkan konsentrasi,” ujarnya. Kang Erick mengatakan, tidur Qailullah di zaman Rasul adalah sunnah-nya yang patut dicontoh. Hanya saja, kata dia, waktu tidur hanya berkisah 10 sampai 15 menit. “Jadi bukan tidur seharian ya. Itu salah,” ucapnya.

Tidur Qailullah, kata dia, selain diterapkan semasa penjajahan Hindia-Belanda dan negara-negara di dunia, hal serupa dapat ditemui di Indonesia. “Kebiasaan itu ada di masyarakat daerah Kupang,” ungkap Kang Erick.

Tidur Siang Sejenak
Manfaat tidur siang sejenak seperti yang dilansir dari healthmeup.com:

Meningkatkan kemampuan memori
Ketika Anda tidur, informasi ditransfer ke neokorteks Anda, di mana informasi tersebut dipadatkan ke dalam memori jangka panjang. Semakin banyak Anda tidur, maka kemampuan memori Anda juga akan semakin meningkat.

Meningkatkan produktivitas
Padatnya jadwal Anda membutuhkan produktivitas yang tinggi. Salah satu caranya adalah dengan selalu menyisihkan waktu untuk tidur siang setidaknya selama 30 menit. Sebab cara tersebut mampu menyegarkan tubuh Anda dan menurunkan tingkat stres sehingga akan membuat Anda lebih produktif.

Mengatasi efek kurang tidur
Jika Anda kurang tidur di malam sebelumnya, maka Anda bisa ‘membalasnya’ dengan tidur siang. Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda kurang tidur maka tubuh Anda akan melepas kelebihan kortisol yang akan melemahkan kekebalan, meningkatkan lemak perut, menghambat memori, dan mempengaruhi keseimbangan hormon Anda.

Meningkatkan mood
Kurang tidur mampu mempengaruhi suasana hati Anda. Bisa saja Anda menjadi lebih mudah marah dan cemas. Oleh karena itu redakan hal tersebut dengan tidur siang sebab tidur siang akan memicu pelepasan serotonin yang dapat meningkatkan mood Anda.

Meningkatkan tingkat kewaspadaan
Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa para karyawan yang meluangkan waktu untuk tidur siang mengalami peningkatkan produktivitas sebesar 34% dan kewaspadaan hingga 100%.

Mempertajam naluri Anda
Pernahkah Anda merasakan bahwa setelah tidur siang maka Anda merasa lebih baik? Hal ini disebabkan karena tidur siang ternyata mampu meningkatkan persepsi sensorik Anda sehingga naluri Anda akan lebih tajam, Anda akan merasa lebih bahagia, dan nafsu makan Anda membaik.


Manfaat Tidur Siang Untuk Anak-anak
Jangan pernah meremehkan tidur siang karena sangat amat bermanfaat, terutama untuk anak usia 5-12 tahun, dimana mereka tengah berada dalam masa pertumbuhan yang pesat. Tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun tidak hanya bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, tetapi lebih dari itu. Beberapa manfaat tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun, diantaranya : membantu proses metabolisme, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuhnya, mencerdaskan otak, membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal, meningkatkan konsentrasi anak, dan lain-lain.

Meskipun manfaat tidur siang bagi anak usia 5-12 tahun sangatlah besar, namun bukan berarti orang tua harus memaksa anaknya tidur siang hingga berjam-jam lamanya. Biarkan anak tetap beraktivitas seperti biasa, dan yang terpenting kebutuhan tidur anak bisa tercukupi dengan baik. Tidur siang tidak perlu lama, 1 atau 2 jam saja sudah cukup asalkan tidurnya berkualitas.

Tahukah Anda kebutuhan tidur anak usia 5-12 tahun? Pada usia segitu, anak membutuhkan waktu tidur 10 hingga 12 jam. Jadi jika ia menolak tidur siang, maka biarkan saja karena mereka akan memenuhi kebutuhan tidurnya di malam hari.

Dampak kekurangan tidur bagi anak usia 5 hingga 12 tahun
yang diantaranya adalah : sulit konsentrasi dalam belajar, kelelahan, tumbuh kembangnya terhambat, perubahan perilaku menjadi kurang baik, seperti gampang marah, malas, dan lain-lain.

Referensi:
www.Panjimas.com
https://bukanbikin.wordpress.com
www.viva.co.id

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:57
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.