loading...

Manfaat Ternak Kuda Sebagai Kendaraan Darat, Perang, Diambil Susunya Sampai Diolah Dagingnya

Posted by

Penggunaan Kuda Sebagai tunggangan / kendaraan darat Kuda adalah salah satu alat transportasi tertua yang dikenal manusia. Tim peneliti arkeologi di Inggris menemukan bukti bahwa manusia sudah menjinakkan bangsa kuda sejak 5500 tahun yang lalu. Pada jaman tersebut, kuda banyak dimanfaatkan tenaganya sebagai pengangkut barang, penarik pedati/dokar, dan sebagai kuda tunggangan. Kuda juga kerap digunakan sebagai tunggangan para bangsawan dan raja-raja jaman dulu.

Kuda Binatang Perang
Kuda pada jaman dahulu juga digunakan sebagai armada perang, beberapa kuda dilatih untuk digunakan di medan perang melawan para musuh. Kuda-kuda ini kemudian diberi seragam layaknya seorang prajurit perang. Ketika para cowboy masuk Amerika, kuda menjadi kendaraan perang, memerangi penduduk asli Amerika para warga suku Indian. Banyak negara yang memanfaatkan kuda sebagai salah satu peralatan perang mereka hingga saat ini.

Dilatih untuk pacuan kuda
Pacuan kuda sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Kuda dilatih untuk berpacu menuju garis finish melawan kuda dari peserta lain. Balap kereta kuda sangat populer pada masa Romawi kuno. Di kalangan masyarakat Nordik juga dikenal pacuan kuda milik dewa Odin dengan raksasa Hrungnir dalam mitologi mereka. Olah raga ini sering disebut sebagai olah raga para raja.

Diambil susunya, Susu Kuda Liar
Susu kuda seringkali disebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, kanker payudara, kanker leher rahim, dan bahkan meningkatkan gairah seksual. Dan ternyata kandungan vitamin dalam susu kuda lebih banyak daripada susu sapi. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu kuda antara lain: Vitamin A, B2, B6, B12, C, E, zat besi, kalsium, kalium dan magnesium.

Dikonsumsi dan diolah dagingnya
Daging kuda rasanya agak manis, empuk, rendah lemak, dan berprotein tinggi. Dikatakan mirip dengan daging sapi dan daging babi, namun daging kuda dianggap tabu dalam banyak kebudayaan. Meski begitu daging kuda dipercaya dapat memperkuat daya tahan dan vitalitas tubuh. Daging kuda juga memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi, serta rendah kolesterol. Di Indonesia, daging kuda kebanyakan dimasak dalam bentuk sup dan sate.
Manfaat Daging Kuda antara lain:

  • Menambah stamina tubuh
  • Mengobati penyakit rematik
  • Mengobati pegal linu
  • Obat epilepsi
  • Sebagai menu diet
  • Menjaga kolesterol tetap stabil
Kandungan lemak yang rendah pada daging kuda membuat daging yang satu ini cocok untuk para wanita dan laki – laki yang ingin memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal. Daging kuda sebagai menu diet sangatlah baik, karna daging ini dapat menggantikan daging ayam dan daging sapi yang sebenernya lebih berlemak dibandingkan daging kuda. Mengkonsumsi daging kuda tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut. Kandungan kolesterol yang rendah pada daging kuda dipercaya cocok untuk menjaga kestabilan kolesterol pada tubuh kita. Dalam 100 gram daging kuda hanya mengandung 50-60 mg kolesterol. Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi.

Kuda Sebagai Hewan penggembala ternak
Beberapa orang jaman dulu juga menggunakan kuda untuk menggembala ternak seperti domba. Kuda digunakan untuk menggiring ternak ke padang rumput atau kembali ke kandang.Sampai saat ini di negara-negara dengan industri peternakan yang besar seperti di Australia, ternak kuda ini masih difungsikan untuk kendaraan menggiring ternak sapi yang digembalakan di ranch-ranch.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:55
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.