loading...

Manfaat Tanaman Teh-tehan Merah Untuk Mengobati Sakit Perut, Antiradang dan Antiseptic

Posted by

Tanaman Obat Herbal Teh-tehan Merah, Bermanfaat dan Berkhasiat Untuk Mengobati Berbagai Penyakit. Bermanfaat sebagai antiradang dan antiseptic.

Teh-tehan Merah

Tanaman Teh-tehan Merah (Acalypha mycrophilia). Tanaman ini ditandai dengan warna daunnya yang khas merah keunguan sehingga mendapat julukan sebagai teh-tehan merah. Tanaman ini berkhasiat untuk membantu meluruhkan kentut, pengobatan radang , sakit perut, pening, sebagai antiseptik.

Deskripsi dan Ciri-ciri tanaman teh-tehan merah:
Tanaman ini memiliki tinggi antara 1-2 m, dengan batang tegak,bercabang banyak, kasar, coklat, memiliki daun tunggal, bersilang berhadapan, tangkai daun silindris, panjang 2-4 cm, berwarna merah keunguan (ciri khas teh-tehan merah), bentuk daun lonjong, panjang 2-4 cm, lebar 1-1,5 cm, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, permukaan kasar, warna merah sampai merah keunguan, tanaman teh-tehan merah memiliki akar serabut, warna akar putih kekuningan

Umumnya ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pagar. Tumbuh dari dataran rendah sampai pegunungan dari ketinggian 100 m sampai 2.300 m di atas permukaan laut. Dapat dengan mudah  tumbuh pada berbagai jenis tanah mulai dari tanah berpasir yang ringan sampai tanah berat berliat. Berbunga pada bulan Juni-September. Waktu panen yang tepat bulan September-November.

Bagian yang digunakan
Daun, atau seluruh bagian tanaman dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan

Kandungan kimia
Daun teh-tehan merah mengandung alkaloida, saponin dan flavonoida.

Manfaat Kesehatan Tanaman Teh-tehan Merah
  • Mengobati sakit perut dan pusing
  • Memiliki fungsi Antiseptic
  • Mempunyai khasiat sebagai Anti radang
Untuk mengobati sakit perut , ambil daun teh-tehan merah dalam keadaan segar sebanyak 30 – 60 gram, dicuci, direbus dengan 200 ml air sampai mendidih selama 5 menit, disaring, setelah dingin diminum sekaligus, dilakukan sehari 2 – 3 kali


Untuk mengobati pusing dan  pening, caranya ambil daun teh-tehan merah sebanyak 60 gram, dicuci, direbus dengan 400 ml air sampai mendidih selama 10 menit, disaring, setelah dingin diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:28
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.