loading...

Manfaat Ketumbar, Untuk Mengobati Anemia, Kolesterol, Diare sampai Menurunkan Kadar Gula Darah

Posted by

Bumbu Dapur. Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.(Wikipedia.com). Daun ketumbar dinamai coriander leaves, fresh coriander, Chinese parsley, atau (di Amerika Utara) cilantro. Daunnya mempunyai rasa yang berbeda dengan biji, dengan adanya semacam rasa citrus. Namun, sejumlah orang merasainya seperti sabun tidak enak, berbau menyengat dan menghindari memakan daun ini.

Ketumbar

Manfaat yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.

Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Sebagai obat luar biasanya dihaluskan lebih dulu lalu dijadikan adonan dengan dicampur air dan bahan lain. Lalu adonan itu ditempelkan pada bagian yang sakit. Cara ini dilakukan untuk perut kembung (ditambah katuk, bawang merah, dan buah pinang), sakit kepala (ditambah biji piang, daun sirih, bangle, dan pacar jawa), serta radang payudara.

Sedangkan untuk pengobatan dalam biasanya ketumbar direbus. Setelah direbus dan ditambah beberapa bahan lain, air rebusannya disaring lalu diminum secara rutin. Cara ini digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi (ditambah seledri), influenza (ditambah jahe, daun bawang putih, dan madu), batuk (ditambah kayu manis, kumis kucing, dan gula aren), memperbanyak ASI, muntah-muntah, radang lambung, keracunan jamur, dan lainnya.

Berikut Beberapa Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Menurunkan kolesterol jahat. Senyawa asam yang ada dalam ketumbar seperti asam oleat, asam stearat, asam linoleat, asam karbonat, dan asam palmitat terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Senyawa tersebut juga menghambat deposit kolesterol pada vena dan pembuluh darah.

Mengobati Anemia. Bagi penderita anemia, ketumbar baik untuk dikonsumsi. Ini disebabkan oleh zat besi yang ada dalam ketumbar.


Melancarkan sistem pencernaan
. Minyak esensial yang ada dalam ketumbar membantu gerakan peristaltik dalam perut sehingga proses pencernaan berjalan baik. Demikian pula proses sekresi enzim menjadi lancar. Minyak tersebut juga efektif mengobati anoreksia.

Anti Peradangan. Ketumbar mengandung cineole dan asam linoleat yang bersifat anti-arthritis dan anti-rematik. Oleh karenanya, ketumbar mampu mengobati bengkak yang disebabkan arthritis dan rematik.

Mengobati diare.  Ketumbar dapat digunakan untuk mengobati diare. Linalool dan borneol efektif melancarkan pencernaan, membantu pengikatan feses di usus, dan meningkatkan fungsi hati. Sifat anti-bakteri yang dikandung oleh ketumbar bermanfaat untuk mengobati diare akibat infeksi bakteri.

Siklus menstruasi tidak teratur. Zat yang ada dalam ketumbar membantu sekresi hormon dari kelenjar endokrin. Ini artinya bahwa siklus menstruasi dapat berjalan normal. Rasa sakit saat menstruasi pun berkurang.

Menurunkan kadar gula darah. Cumin yang terdapat dalam ketumbar, pada kelenjar endokrin memiliki efek menstimulasi peningkatan sekresi insulin dari pankreas. Jadi, gula diubah menjadi glikogen sehingga menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Bagi penderita diabetes, ketumbar sangat baik untuk dimasukkan ke menu harian.

Melindungi hati. Zat yang dikandung oleh ketumbar dapat mengobati peradangan, ekspektoran, kejang, anti-karsinogenik, melindungi hati, anti-konvulsan, hipnotik, dan anti-histamin. Ketumbar juga bisa bersifat sebagai afrodisiak alami apabila dikombinasikan dengan tanaman lainnya.

Nutrisi bagi kulit dan Mengobati berbagai gangguan kulit. Kandungan luar biasa yang terdapat dalam ketumbar dapat mengobati berbagai gangguan pada kulit seperti kulit kering, eksim, dan infeksi oleh jamur pada kulit. Ketumbar juga dapat mencegah jerawat, jika dipadukan dengan pasta kunyit. Daun ketumbar bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan kulit anda. Zat tersebut juga dapat mengatasi infeksi pada mata, atau biasa disebut sebagai konjungtivitis.

Melawan racun dalam tubuh.  Panas tubuh berlebih dapat diturunkan dengan mengkonsumsi daun ketumbar dan air. Ketumbar juga memiliki fungsi detoksifikasi, yang mampu mengeluarkan logam berbahaya dalam tubuh seperti timah, merkuri, dan aluminium.

Meningkatkan Kesehatan mata. Kandungan mineral, fosfor, vitamin A, dan vitamin C yang terdapat dalam minyak esensial ketumbar baik untuk kesehatan mata. Ini juga mencegah degenerasi makula dan mata lelah.


Resep Obat Herbal Ketumbar 

Untuk Perempuan dengan sindrom pramenstruasi (PMS). Ketumbar bermanfaat bagi perempuan terutama bagi yang menderita sindrom pramenstruasi (PMS). Rebus saja 6 gram biji ketumbar dalam 500 ml air lalu tambahkan gula. Minumlah selagi hangat. Bila haid tidak datang, gunakanlah racikan sebagai berikut, 10 biji ketumbar, 1 jari kunyit, 1 buah pala, 10 biji jintan hitam, 3 kuntum cengkeh, 20 lembar daun srigading. Seluruh bahan padat dilembutkan, direbus dengan 2 gelas air bersih hingga menjadi 1 gelas. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum sekaligus. Lakukan cara ini 2 kali sehari selama seminggu.

Resep Ketumbar Untuk Wasir, Lemah Syahwat dan Batuk
Caranya adalah dengan menyangrai biji ketumbar, ditumbuk halus, lalu diseduh dengan air (wasir). Ada pula dengan menghaluskan ketumbar dan bahan lainnya, ditambah air, disaring lalu diminum (lemah syahwat). Untuk mengatasi batuk, ketumbar, jahe, dan buah pir di tim, lalu dimakan. ‘ Cara untuk mengatasi haid tak lancar beda lagi. Caranya adalah dengan menghaluskan ketumbar dan bahan lain, direbus, lalu disaring.


Untuk penderita arthritis atau radang sendi, ketumbar memiliki sifat antiinflamasi. Rebus saja biji ketumbar dengan air dan minumlah untuk meredakan nyeri radang sendi.

Ketumbar juga bagus untuk kulit. Aduk bubuk ketumbar dengan bubuk kunyit yang diberi air secukupnya lalu oleskan pada jerawat dan komedo.
Tips Hari Ini:
Jika anda menginginkan umur panjang yang bermanfaat : Jalin Silaturahim dan jangan pernah memutuskannya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:57
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.