loading...

Manfaat Jangkrik Untuk Vitalitas, Mencegah Penuaan Dini dan Menopause

Posted by

Manfaat Jangkrik. Jangkrik, awalnya lebih dikenal sebagai pakan burung atau sebagai umpan untuk memancing ikan. Tetapi dewasa ini jangkrik sudah banyak dimanfaatkan untuk kuliner dan pengobatan/suplemen makanan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa kandungan gizi dalam daging jangkrik ternyata bermanfaat bagi manusia. Kandungan proteinnya tiga kali lipat kandungan daging ayam, sapi dan udang. Jangkrik juga mengandung protein omega 3, omega 6 dan omega 9 yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, konsumsi jangkrik dipercaya dapat menambah stamina tubuh, menambah gairah seksual, serta mampu menunda menopause bagi wanita.

Jangkrik


Protein jangkrik bisa bermanfaat sebagai anti-oksidan pada tubuh untuk mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Asam aminonya dapat menghasilkan protein collagen yang berfungsi untuk mempertahankan elastisitas persendian tulang, sel kulit, dan kornea mata, hingga dapat menghambat penuaan dan penyakit katarak.

Tidak hanya itu, dengan kandungan omega di dalamnya, jangkrik juga baik dikonsumsi bayi atau anak masa pertumbuhan. Yang lebih penting lagi, bagi orang dewasa yang memiliki masalah seksual, jangkrik dipercaya dapat meningkatkan vitalitas baik pria maupun wanita.

Cara Mengkonsumsi Jangkrik. Jangkrik bisa langsung digoreng atau dibakar untuk dimakan, atau dibuat tepung yang selanjutnya dapat dibuat bermacam adonan makanan. Untuk anak-anak, adonan dapat dibuat menyerupai nuget atau biskuit.
Membuat biskuit jangkrik dapat dengan bahan-bahan dari kelapa, jahe dan jangkrik yang digiling halus, ditambahkan telor serta mentega, lalu dicetak. Warna biskuit jangkrik umumnya akan nampak hitam seperti Oreo.

Pembuatan Tepung Jangkrik. Jangkrik dikeringkan secara alami dengan sinar matahari atau di-oven hingga kering, lalu digiling menjadi serbuk/tepung. Tepung jangkrik tersebut tinggal dicampur dengan jamu dan ramuan tradisional penambah stamina yang juga dihaluskan.

Berdasarkan keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) No.Kep.139/MUI/IV/2009 yang ditandatangani Prof KH Ibrahim Husen MAg menyatakan jangkrik adalah binatang serangga sejenis belalang dan jangkrik diambil manfaatnya untuk dimakan, obat dan kosmetik hukumnya adalah halal sepanjang tidak menimbulkan bahaya. Kandungan yang dimiliki jangkrik adalah protein, asam amino, asam lemak essensial. Selain itu, bila ditinjau dari asam aminonya, maka protein jangkrik dimungkinkan untuk digunakan sebagai anti-oksidan pada tubuh guna mencegah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

Asam amino lainnya terutama alanin, glysin merupakan zat untuk sintetis protein collagen pada tubuh. Protein collagen banyak digunakan untuk membangun struktur sel. Protein kolagen berfungsi untuk mempertahankan elastisitas persendian tulang, sel kulit dan kornea mata. Jadi protein pada jangkrik memungkinkan mempertahankan elastisitas persendian tulang dan sel kulit sehingga mencegah proses penuan dan penyakit ketarak. Kemudian ada disebut sebagai jangkrik kalung.

Seperti diketahui, Jangkrik ini sangat baik dikonsumsi anak balita, ibu hamil, ibu menyusui, gadis remaja, pria berkeluarga dan manula. Selanjutnya tepung jangkrik dapat pula dibuat jamu yang memiliki manfaat, untuk pria yaitu meningkatkan stamina dan anti oksidan, mencegah impotensi, meningkatkan gairah seksual, melembabkan kulit sedangkan bagi wanita yaitu, melembabkan kulit, mengencangkan payudara, menunda menopause, memelihara kehamilan, menunda proses penuan, meningkatkan kesuburan wanita dan memperkuat janin. Jangkrik yang belum bersayap dapat diolah menjadi, digiling dan dicampur ke dalam nasi tim untuk bayi, dicampur dengan daging sapi atau ayam, dapat dibuat nuget terutama untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan yang kandungan protein mencapai 77 persen. 
Tips Hari Ini:
Jika anda sedang bimbang dan ragu menentukan pilihan : Lakukan Shalat Istikharah, Mintalah Petunjuk Kepada Yang Maha Kuasa Membolak-balik Hati Manusia

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:05
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.