loading...

Manfaat dan Efek Samping Mengkonsumsi Telur dan Daging Setengah Matang

Posted by

Telur Mata Sapi Setengah Matang, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya, Amankah?

Telur Ayam dan Telur itik. Komoditi telur unggas sudah lama menjadi makanan kegemaran sebagian besar orang Indonesia karena cara masaknya yang praktis dan tentu saja juga karena rasanya yang enak. Apalgi telur asin, rasanya demikian gurih dan masir sehingga bisa bikin ketagihan. Lantas bagaimana dengan memasak telur setengah matang? Adakah manfaat maupun efek sampingnya?

Telur matang atau telur yang dimasak setengah matang sama – sama memiliki rasa yang enak dan keduanya juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Meskipun demikian, masih banyak yang meragukan kandungan nutrisi di dalam telur ini. Banyak orang takut mengkonsumsi telur karena menganggap mengkonsumsi telur setiap hari bisa menaikan kolesterol di dalam tubuh. Namun ternyata, anggapan tersebut adalah salah. Faktanya, dengan mengkonsumsi telur secara rutin dapat memabantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.


Kandungan Gizi di dalam Telur Setengah Matang
Manfaat telur setengah matang dapat kita lihat dari kandungan gizinya yang sangat tinggi. Sebelum cari tahu mengenai berbagai manfaat dari telur setengah matang, yuk cari tahu terlebih dahulu mengenai berbagai nutrisi yang terkandung di dalam telur yang dimasak setengah matang. Ini dia kandungan gizi yang bisa anda dapat dari telur setengah matang.



Nama Gizi – Kandungan Gizi %AKG
  • Total Lemak 4.65 g 7%
  • Lemak Jenuh 1.432 g 7%
  • Kolesterol 186 mg 62%
  • Sodium 122 mg 5%
  • Potassium 55 mg -
  • Total Karbohidrat 0.49 g 0%
  • Serat 0 g 0%
  • Gula 0.49g -
  • Protein 5.51g -

Manfaat Kesehatan dari Telur Setengah Matang
Manfaat telur setengah matang mungkin akan mengejutkan anda karena dapat menurunkan berat badan. Selain rasanya enak, telur setengah matang juga menggandung banyak manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang dapat jika mengkonsumsi telur setengah matang: 

Membantu Menurunkan Berat Badan
Telur mengandung asam amino yang sangat tinggi. Inilah yang menjadi alasan mengapa telur setengah matang untuk sarapan. Asam amino yang masuk ke dalam tubuh bisa diubah menjadi energi. Sehingga bisa membantu untuk membentuk otot – otot ataupun kulit. Asam amino di dalam telur setengah matang bermanfaat sebagai sumber energi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan protein, dan bisa membantu kenyang lebih lama. Selain itu, 75% lemak di dalam telur merupakan lemak tidak jenuh sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Mencegah penuaan
Telur setengah matang merupakan seumber carotenoid, lutein, serta zeaxanthin yang dapat membantu melindungi organ penglihatan dari proses penuaan. Secara rutin mengkonsumsi telur setengah matang dapat membantu tubuh, organ tubuh serta fungsinya dari proses kerusakan sel dan jaringan akibat penuaan.

Sebagai Menu Sarapan yang Sehat
Dua buah telur setengah matang setiap hari untuk sarapan terbukti bisa mengecilkan lingkar pinggang. Lemak jenuh di dalam telur setengah matang juga merupakan sumber lemak tidak jenuh yang sangat baik. Tidak seperti sumber protein atau lemak hewani lainnya, telur setengah matang tidak akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Membantu Menguatkan Daya Ingat
Dua buah telur setengah matang merupakan sumber choline yang sangat tinggi. Choline adalah unsur yang sangat baik dan bisa meningkatkan kapasitas memori di dalam otak kita.

Telur Setengah Matang Lebih Kaya Nutrisi
Dengan memasak telur setengah matang, ini artinya kuning telur tidak terlalu masak. Dan ini membuat nutrisi di dalam kuning telur tidak hilang sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh anda. 

Telur Membantu Pembentukan Otot
Tahukah anda jika telur bisa menjadi membantu dalam pembentukan otot? Telur sudah dikenal di kalangan para binaragawan sebagai menu yang sangat cocok untuk diet dan sumber protein yang dibutuhkan untuk pembentukan otot dalam tubuh.

Membantu Menyehatkan Mata
Kesehatan mata sangat penting sebagai fungsi penglihatan. Vitamin A adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga merupakan salah satu nutrisi yang terkandung di dalam telur, dan di dalam telur setengah matang vitamin A yang terkandung jauh lebih banyak. Sehingga konsumsi telur setengah matang jauh lebih baik dibandingkan telur yang sepenuhnya matang.

Mencegah Anemia
Darah di dalam tubuh sangat penting bagi fungsinya. Kekurangan darah bisa membuat seseorang mengalami anemia. Anemia ini juga terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B12. Telur setengah matang bisa menjadi alternatif makanan untuk mengobati kekurangan darah.

Membantu Melancarkan Metabolisme Tubuh
Asam amino adalah zat atau nutrisi yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Telur setengah matang mengandung asam amino. Zat ini merupakan salah satu kandungan yang paling tinggi di dalam telur setengah matang.

Membantu Menjaga Kestabilan Imun Sistem
Asam amino mengandung banyak komponen yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Komponen di dalam asam amino dari telur setengah matang juga ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Sehingga bisa membantu tubuh untuk mencegah serangan berbagai penyakit.

Cara Tepat Memasak Telur Setengah Matang
Langkah pertama, masukan telur ke dalam wadah atau panci. Setelah itu, masukan air sehingga telur terendam di dalam panci. Gunakan air dingin. Setelah itu panaskan panci tersebut hingga air mendidih. Setelah mendidih, matikan api, tiriskan telur dan tutupi dengan kain hingga tiga setengah menit. Dan telur setengah matang pun siap disajikan. 

Dengan memasak telur selama enam menit
Cara memasak telur setengah matang yang satu ini juga csangat mudah dan tentunya salah satu cara yang paling tepat untuk mendapatkan telur dengan bagian kuning yang masih meleleh. Pertama, panaskan air hingga mendidih dengan buih yang masih jarang. Masukan telur ke dalam air mendidih tersebut. Biarkan telur di dalam air mendidih tersebut selama enam menit. Besarkan api sedikit, setelah enam menit keluarkan telur dan tiriskan. Telur setengan matang pun siap anda santap.
Telur setengah matang yang sempurna memiliki bagian putih yang sudah mengeras namun dengan bagian kuning yang masih meleleh. Telur setengah matang bisa menjadi pengganti selai untuk roti tawar atau untuk tambahan salad.

Efek Samping Telur Setengah Matang

Bagi beberapa orang, telur setengah matang bisa menyebabkan alergi. Pada orang yang alergi protein, putih telur bisa menjadi penyebab alergi. Sedangkan pada anak – anak, alergi bisa terjadi saat ia menginjak usia lima tahun. Selain itu, telur setengah matang mungkin bisa mengandung bakteri salmonella. Ibu hamil dan ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi telur setengah matang. Pada orang yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya menghindari telur yang dimasak setengah matang.

Catatan Penting Untuk Masakan Setengah Matang 
Sebelum anda menyantap hidangan setengah matang perhatikan dengan seksama hal-hal berikut ini atau  dengan kata lain, anda mesti perhatikan dengan teliti apabila anda memilih atau membuat masakan daging atau telur setengah  matang. Pastikan dagingnya tidak lagi mengandung darah lagi, terutama apabila terasa bau amis darah, segera stop makan anda. Karena dengan makan daging yang masih ada darahnya, maka anda makan makanan yang bisa jadi haram (mungkin masih perlu dikaji lagi hukumnya lebih detil dengan dalil-dalilnya).
  • Telur 1/2 matang, Inshaa Allah tidak ada masalah. Tetap halal. Hanya saja telur yg dimasak 1/2 matang masih mengandung salmonella. Maka mesti hati-hati  untuk mengkonsumsi telur 1/2 matang.
  • Ikan yg dimasak 1/2 matang, sama dengan daging, mesti diperhatikan juga apakah ada kandungan darah yg tertinggal.
  • Untuk sayur2an yg dimasak 1/2 matang, tidak ada masalah sama sekali.
Beberapa masakan 1/2 matang, terutama untuk daging, sangat riskan dan tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan (dan dokter), karena beberapa bibit penyakit ditengarai masih hidup dan berpotensi menyebabkan penyakit.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:17
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.