loading...

Manfaat Belalang Untuk Mengobati Ambien dan Sengatan Kalajengking serta Sebagai Sumber Protein

Posted by

Manfaat Belalang. Belalang adalah hama pertanian, betapa hebat serangan hama belalang jika sudah "meledak" menjadi pasukan belalang yang berjumlah jutaan ekor silahkan dibayangkan. Tetapi tahukah anda bahwa sebenarnya hama belalang ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dengan cara yang sangat mudah yaitu mengkonsumsinya. Masyarakat sebenarnya dapat memanfaatkan belalang untuk membantu memenuhi kecukupan protein, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan.  Selain kadar proteinnya tinggi, dalam belalang terkandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Sedangkan kandungan vitaminnya beragam mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.  

Belalang
Belalang dan Sejarah
Dalam bebarapa kali peperangan melawan kaum kafir Quraisy, Rasulullah SAW menyediakan stok daging belalang dalam persediaan makanannya. Stok itu diperlukan selama peperangan yang memakan waktu cukup panjang. Abdullah bin Abu Aufa mengatakan, ketika dalam peperangan Rasulullah SAW bersama umatnya biasa memakan daging belalang. Selam tujuh kali perang Rasul mengonsumsi belalang sebagai stok makanan.

"Kami pernah berperang bersama Rasulullah SAW dalam tujuh kali peperangan, di mana kami makan daging belalang," tutur Abdullah bin Abu Aufa dalam riwayat Bukhari Muslim. Dalam ajarannya, Islam tidak melarang umatnya mengonsumsi daging belalang. Sebab, terdapat dua macam bangkai yang dihalalkan oleh Islam, yakni bangkai ikan dan belalang.

Selain itu mengonsumsi daging belalang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Buku Pintar Kedokteran Nabi karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dijelaskan, daging belalang dapat menuntaskan buang air kecil bagi wanita, mengobati ambien, dan luka sengatan kalajengking.

Berdasarkan penelitian kandungan protein dalam tepung Belalang Kayu (Melanoplus cinereus) ternyata lebih besar dibanding dengan kandungan protein yang dimiliki udang windu.Protein tepung belalang kayu lebih tinggi dibanding tepung udang windu dengan kadar masing-masing 17,922 dan 9,846 persen.

Kalau pada belalang yang masih segar, kandungan proteinnya sekitar 20 persen, tetapi pada yang kering sekitar 40 persen. Belum kulitnya yang juga mengandung zat kitosan seperti udang. Tetapi tergantung jenis belalangnya, pada musim-musim tertentu ada jenis belang yang kandungan vitaminnya lebih tinggi.  Belalang juga dapat  memenuhi 25 hingga 30 persen kebutuhan vitamin A.

Protein ini sangat penting untuk pertumbuhan.  Bila tubuh kekurangan protein, penyerapan dan fungsi zat gizi lain di dalam tubuh tidak optimal. Misalnya seseorang yang kurang vitamin A dianjurkan makan banyak sayuran. Tetapi makan sayuran tidak akan optimal kalau tubuh kurang protein karena penyerapan itu butuh lemak dan protein pengikat retinol.
Para ulama menjelaskan, boleh memakan belalang walau sudah menjadi bangkai. Binatang ini halal sebagaimana terdapat dalil dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
أُحِلَّتْ لَنَا مَيْتَتَانِ وَدَمَانِ فَأَمَّا الْمَيْتَتَانِ فَالْحُوتُ وَالْجَرَادُ وَأَمَّا الدَّمَانِ فَالْكَبِدُ وَالطِّحَالُ
Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.”  (HR. Ahmad 2:97 dan Ibnu Majah no. 3314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)
Bagaimana cara menyembelih belalang tadi? Jawabnya, belalang tadi jika mati dengan sendirinya, sudahlah halal sehingga tidak butuh pada penyembelihan khusus karena bangkainya saja suci.
Imam Nawawi berkata,
ويحل السمك والجراد من غير ذكاة
“Ikan dan belalang itu halal dimakan walau tidak lewat proses penyembelihan.” Lalu beliau rahimahullah berkata, “Dan tidak mungkin berdasarkan kebiasaan untuk menyembelih ikan dan belalang, maka penyembelihan keduanya tidak diperlukan.” (Al Majmu’, 9: 72)
Tips Hari Ini:
Mulailah Melakukan Segala Sesuatu dengan Mengucap Bismillah dan setelah Selesai Ucapkan Alhamdulillah, Insya Allah apa yang anda kerjakan, selama bukan maksiat, memperoleh nilai dan pahala sebagai ibadah.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:30
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.