loading...

Manakah Macam dan Jenis Ikan Yang Paling Populer? Ikan Koi, Ikan Cupang Atau Arwana

Posted by

IKAN KOI
Terkenal Karena Keindahan dan Kemahalan Harganya, IKAN KOI

Gambar Ikan Koi
Ikan Koi
Ikan Koi. Ikan Koi adalah jenis ikan yang mempunyai penggemar fanatik yang menyebabkan ikan ini secara harga tetap bertahan tinggi. Apalagi ikan koi dengan motif-motif tertentu harganya bisa mencapai jutaan rupiah.  Dengan kata lain, Ikan koi adalah salah satu ikan yang terindah dan ikan ini cukup digemari oleh banyak orang.

Memelihara ikan koi cukup sulit, apalagi di daerah pegunungan yang memiliki hawa yang dingin dan mengakibatkan ikan koi mudah terkena penyakit dan bisa-bisa sampai mati. Tetapi tenang anda jangan khawatir ikan ini akan stabil disaat musim panas. Berikut ciri-ciri ikan yang kurang sehat diantaranya ikan berada di dasar kolam, tidak mau makan, ada luka di tubuhnya, insang atau ekor yang rusak, sisik yang terbuka, ada jamur halus, bisa saja kercunan dan suka berenang dengan cepat atau bisa melompat ke atas dikarenakan gatal terkena jamur tersebut.

Macam-macam ikan koi

Ikan Tancho 


Ikan Tancho
Ikan Tancho adalah ikan yang di seluruh badannya berwarna putih dan terdapat warna merah di kepalanya. Ikan ini berharga mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu

Ikan Kinginrin 


Ikan Kinginrin
Ikan ini mempunyai tanda perak di badannya dengan harga 500 ribu-1 juta

Ikan Ogon

Ikan Ogon
Ikan Ogon memiliki ciri-ciri badannya berwarna emas (gold) dengan harga 1 juta-1,5 juta

Ikan Kawarimono

Ikan Kawarimono
Ikan tersebut mempunyai warna yang gelap dengan harga 1,5 juta-2 juta
Masih banyak lagi ikan koi yang lainnya, Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan koi antara lain : arus air harus deras, pompa udara untuk menghasilkan gelembung, ikan koi tidak terlalu tahan dengan hawa dingin, makanan yang cukup, filter di dalam kolam, sebaiknya terkena sinar matahari, sebaiknya tidak terlalu banyak ornamen di dalam kolam dan masih banyak lagi.



IKAN CUPANG

Ikan Yang Terkenal karena Kecantikan  dan Keunikannya, Ikan  Cupang 

Cupang

Ikan cupang adalah ikan yang memiliki keistimewaan yang begitu luar biasa dan mempunyai karakter yang unik yaitu cenderung agresif apabila ada ikan cupang lainnya dalam satu area atau wadah. Ikan ini di golongkan menjadi 3 golongan, antara lain : ikan cupang hias, ikan cupang aduan, dan ikan cupang liar. Dimana ikan cupang dapat bertahan hidup dengan masa yang cukup lama. 

Jangan salah, ikan ini sangat cantik sekali dengan warna yang sangat terang berkelap kelip dan tidak membosankan untuk dilihat. Banyak sekali orang-orang yang tertarik untuk memeliharanya, cukup mudah untuk memelihara ikan ini.

Ikan Cupang

Cupang



IKAN ARWANA
Ikan Yang Terkenal Karena Keindahan, Kelangkaan dan kemahalan Harganya, Ikan Arwana 

Ikan Arwana

Arwana

Ikan Arwana adalah salah satu ikan air tawar Asia Tenggara. Pada umumnya ikan ini mempunyai keunikan yang istimewa. Ikan ini tidak kalah saing dengan ikan dari air laut. Sedangkan ikan arwana super red adalah ikan termahal di Indonesia,karena bentuk yang unik,tampilan gagah,ekor dan siripnya yang begitu indah sekali. Pantas saja ikan ini sangat mahal sekali, ikan arwana juga cukup banyak digemari oleh kalangan tertentu. Tetapi tidak semuanya mahal tergantung keunikan dan keistimewaannya dari ikan tersebut. Ikan arwana disebut juga dengan ikan naga dari Mitologi Tionghoa. Tapi sayang,ikan arwana sekarang ini menjadi langka akibat ulah manusia yang tidak mau merawat atau bertanggung jawab atas apa yang di perbuatnya. Untuk itu mari kita sama-sama menjaga supaya ikan ini tidak punah.

Masih banyak sekali jenis-jenis ikan arwana ini tidak hanya super red saja,ada golden,golden red,arwana hijau,banjar merah,arwana irian,silver dll. Dalam aquarium panjang ikan arwana bisa mencapai antara 45-60 cm, sedangkan di alam bisa mencapai sekitar 90 cm, bahkan jenis tertentu arwana asal amerika selatan bisa mencapai sekitar 270 cm. Tidak heran bila ikan ini telah di budidaya di banyak tempat dan mendapat julukan dragon fish alias ikan naga yang menurut mitos China dipercaya sebagai ikan pembawa keberuntungan. Maka tak heran, banyak pula orang yang memburu ikan ini untuk melancarkan rezeki.


Untuk menjaga agar induk ikan tetap sehat maka hindari agar jangan sampai air kolam budidaya tidak jernih untuk itu kondisi air kolam agar senantiasa dijaga kejernihannya supaya ikan arwana super red tidak mudah terserang penyakit. Pemberian makanan untuk indukan ikan ini perlu diperhatikan biasanya para petani memberi makan sekali sehari di waktu sore hari. Makanannyapun khusus karena untuk mengahsilkan ikan yang sehat diperlukan pakan yang kaya akan nutrisi seperti kodok dan ulat jerman. Ulat jerman diberikan untuk mengurangi kandungan lemak, agar tubuh arwana tidak kegemukan dan warna tetap berkilau Untuk persiapan budidaya ikan arwana super red ada beberapa hal yang diperlukan : 


Usahakan agar kolam diberi pagar dan atap untuk memudahkan ikan melangsungkan perkawinan tanpa gangguan sekitar lingkungan. setelah arwana super red bertelur maka biarkan telur dierami oleh induk jantan. proses pengeraman biasanya berkisar 2 bulan atau sesuai kebutuhan Anak ikan yang telah menetas kemudian dipindahkan ke akuarium incubator. Kondisi di akuarium ini disesuaikan dengan alam aslinya. Air dibuat memutar karena anakan ikan belum dapat berenang. Anakan ikan dijual setelah berusia 2 bulan dan telah pandai berenang. Untuk pembesaran ikan pindahkan ke kolam permanent dan jaga agar kolam tetap aman dan terjaga dari gangguan dengan memberi pagar dan atap .

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.