loading...

Macam-Macam Jenis Penyakit Kulit Mulai Panu, Kudis, Eksim sampai Komedo dan Tips Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit

Posted by

Cara Mencegah dan Mengobati Macam-macam Jenis Penyakit Kulit

Penyakit Panu 
Panu

Perasaan yang timbul jika terkena penyakit ini adalah biasanya rasa malu dan minder. Orang yang terkena panu biasanya diidentikkan dengan kurang menjaga kebersihan, jarang mandi dan lain-lain yang jorok-jorok.  Penyakit umum yang sangat dikenal dan banyak ditemukan ditemukan di masyarat ini, mempunyai dampak pada kulit yang lumayan gatal.

Penyebab Panu
– Lembab dan panas dari lingkungan, dari pakaian ketat, dan pakaian tak menyerap keringat
– Keringat berlebihan karena berolahraga atau karena kegemukan
– Friksi atau trauma minor, misalnya gesekan pada paha orang gemuk
– Keseimbangan flora tubuh normal terganggu, antara lain karena pemakaian antibiotik, atau hormonal dalam jangka panjang.

Jamur adalah penyebab utama dari panu. Dan tentunya jamur tersebut munculnya dari kurangnya perhatian kesehatan terhadap tubuh, sehingga saat makan, makanan yang mengandung protein tinggi sering memunculkan dan bertambah banyaknya panu di badan. Panu, pada kulit pertama akan muncul bercak putih-putih dan berkelanjutan akan menyebar berbentuk pulau-pulau pada badan.

Panu akan semakin terasa gatal pada saat  keringat becucuran, maka saat itulah muncul gatal-gatal pada kulit terkena panu. Panu, bisa dihilangkan dengan obat-obat kimia atau jika anda lebih suka alami, banyak juga bahan-bahan dijadikan obat untuk menghilangka panu.

Mengobati Panu secara Alami, sederhana dan mudah
  • Ambil lengkuas muda lalu tumbuk dan haluskan,
  • kemudian diusapkan pada tubuh yang terkena panu. 
  • Dan bisa juga digosok-gosokkan langsung menggosok-gosokkan lengkuas muda pada permukaan daerah yang terkena panu.
Penyakit panu dapat dicegah dengan menjaga kebersihan badan dan menggunakan sabun antiseptik saat mandi, segera keringkan badan setelah berolahraga dan mandi keringat.

Penyakit Kudis atau Kudisan

Kudis
Binatang Tungau yang belapak kaki adalah menyebabkan kudis ini muncul. Gerakan dari tungau yang dikenal Sarcoptes scabiei ini menyebabkan gatal yang luar biasa pada kulit yang terkena kudis. Anak kecil sangat mudah sekali terkena kudis, ini dikarenakan sistem imun pada anak belum terlalu kuat. Kudis sendiri biasanya ditemukan pada selah-selah jari tangan, pergelangan tangan, dan pinggang batas celana.

Rasa gatal pada kulit, sering muncul dan gatal pada saat malam hari. Dan penuluran kudis biasanya dari kontak langsung dan tidak lansung, misalnya dari pakaian, handuk, atau benda yang bersifat kontak langsung. Kudis dapat diobati dari dengan salep atau obat herbal.

Jika anda sudah sembuh dari kudis, maka sebaiknya untuk mewaspadai dan mencegah infeksi tersebut datang lagi. Kesehatan dan kebersihan lingkungan anda haurslah dijaga sebaik mungkin.

Penyakit Eksim 

Eksim
Kulit  yang meradang dan iritasi adalah bentuk dari ciri-ciri eksim. Eksim sama seperti penyait lainnya yaitu gatal-gatal. Eksim bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya setelah memegang sabun ternyata tangan terasa gatal. Gejala yang timbul pada kulit bervariasi, ada yang terasa gatal ringan dan ada juga yang merasaan panas. Jika penderita terasa kulitnya semakin gatal dan tingkat kestersan terhadap gatal tersebut akan menghasilkan penyakit eksim semakin buruk.

Cara mencegah eksim adalah simple saja yaitu selalu jaga kebersihan badan dan lingkungan atau rumah anda. Ada beberapa cara bisa dilakukan sebagai bahan pengobatan. Misalnya salep dan krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison bisa mengurangi proses inflamasi atau keradangan.

Jerawat
Pada umumnya jerawat pernah muncul disetiap individu, karena jerawat sangat mudah sekali muncul pada permukaan kotor dan berminyak. Tapi, bagi remaja saat masa pubernya. Jangan terlalu heran dan kuwatir, karena jerawat yang muncul pada wajah kalian ada dampak dari stresnya sistem pertumbuhan anda sehingga muncul jerawat.

Jerawat sangat suka pada wajah memiliki kulit yang berminyak banyak. Apalagi wajah tersebut berminyak dan kotor, pasti para jamur sangat sedang dan berkembang biak di wajah anda. Jerawat akan berhenti muncul pada usia sudah lebih dari 25 tahun. Jika masih ada muncul, maka jerawat tersebut tidak sebanyak waktu usia sebelum 25 tahun.

Macam-macam Jerawat

Jerawat Biasa. Jerwat biasa sangat mudah untuk ditemukan, karena disetiap wajah dan tempat-tempat yang berminyak sering muncul jerwat biasa. Jerawat biasa berbentuk kemerah-merahan kecil dan pemicu utamanya adalah kelebihan minyak pada kulit. Dan jerawat inipun sering dipengaruhi oleh sifat dari penderita, misalnya stres menghadapi suatu masalah, faktor hormonal dan udara dan membuat minyak yang mestinya keluar dari pori-pori sehingga sumbat menjadi jerawat biasa.


Jerawat Batu
Jerawat Batu. Jerawat batu sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Karena dari bentuk berukuran besar maka inilah membuat faktor dari malunya seseorang. Beberapa faktor yang membuat jerawat batu muncul adalah kelenjar minyak yang terlalu aktif dan cendrung membanjiri pori-pori kulit, pertumbuhan sel-sel kulit yang terlalu lambat dari bawah normal. Sehingga akan mengakibatkan sel kulit tidak bergenerasi secepat orang yang mempunyai kulit normal, dan trakhir kulit terlalu sensitif, sehingga jika ada sesuatu yang terlalu tidak baik pada kulit akan memunculkan jerwat.

Komedo
Komedo. Jerawat ini banyak sekali ditemukan di hidung. Komedo disebabkan oleh banyaknya kelenjar minyak pada kulit yang berlebihan, sehingga menumpuk dan mengeluarkan putih-putih dari kumpulan minyak yang mati.

Cara Alami Menghilangkan Komedo

Menggunakan Buah Pepaya
Cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan papaya. Pepaya memang sangat dipercaya mempunyai banyak sekali khasiat kesehatan bagi tubuh.
Selain bermanfaat untuk kesehatan, papaya juga bermanfaat untuk kecantikan. Selain itu papaya dapat memutihkan wajah dan menghaluskannya. Ternyata, bukan itu saja papaya juga dapat membuat komedo di hidung terangkat.

Caranya ambil satu papaya yang sudah sedikit matang. Tumbuk sampai halus, untuk hasil yang maksimal bisa menambahkan susu dan madu. Oleskan ke seluruh wajah secara merata atau pada bagian tertentu yang ada komedonya seperti hidung dan dagu. Biarkan beberapa menit sampai mengering, kemudian bilas sampai bersih.

Manfaatkan Putih Telur
Putih telur merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh dalam menghilangkan komedo. Banyak orang yang sudah menggunakannya dan terbukti ampuh. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali. Anda bisa mengambil satu butir telur. Pisahkan kuning dan putih telurnya. Oleskan putih telur di bagian wajah yang terdapat komedo. Biarkan 10 sampai 20 menit sampai mengering. Kemudian bilas sampai bersih. Lakukan kegiatan ini secara rutin, supaya hasilnya lebih maksimal.

Dengan Kacang Kedelai
Cara menghilangkan komedo yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kacang kedelai. Kandungan vitamin pada kedelai ternyata cukup baik untuk kulit. Sehingga akan memberikan manfaat maksimal jika digunakan untuk perawatan wajah. Memang masih belum banyak orang yang menggunakan kacang kedelai ini untuk menghilangkan komedo secara alami. Namun tidak adalah salahnya menjadikannya sebagai salah satu alternatif mengatasi ketombe anda.

Cara pengolahannya yaitu dengan mengambil beberapa butir kacang kedelai, kemudian blender sampai halus. Oleskan pada bagian wajah yang berkomedo seperti dagu dan hidung. Diamkan beberapa menit sampai kering. Kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

Menggunakan Jeruk Lemon
Jeruk lemon selain efektif untuk menghilangkan jerawat, ternyata juga dapat digunakan sebagai salah satu cara alami menghilangkan komedo. Lemon mengandung banyak sekali vitamin c yang dapat membantu mengangkat komedo. Cara menggunakannya cukup mudah, anda bisa mengambil satu buah jeruk lemon. Belah menjadi dua selanjutnya usapkan ke bagian hidung yang terdapat banyak komedo. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya. Setelah beberapa hari, komedo anda akan menghilang.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:20
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.