loading...

Macam-macam Jenis Burung Merpati di Seluruh Dunia

Posted by

Jenis-jenis Burung Merpati di Dunia
Burung Merpati, burung ini sudah sangat familiar dimasyarakat. Paling banyak jenis burung merpati yang dipelihara masyarakat adalah burung merpti aduan dan burung merpati pedaging. Ada juga sebagian yang memelihara burung merpati post. Sedangkan jenis merpati yang lain adalah jenis-jenis merpati hias yang jumlah dan jenis nya sangat banyak diseluruh dunia.

Merpati
Berikut ini beberapa macam jenis burung merpati
Gazzi Modena
Add caption
Nama Latin : Columba spp.
Nama Lain : Gazzi Modena pigeon, Gazzi Modena dove

Bentuk badannya “buntek”, dengan kepala bundar tegak dan ekor sedikit menukik ke atas, seperti mangkuk atau huruf U bila sedang berdiri. Burung ini berasal dari Italia dan merupakan turunan yang paling tua. Warna bulunya beragam, ada sekitar 152 variasi.

Old Dutch Capuchine
Add caption
Nama Latin : Columba spp.
Nama Lain : Old Dutch Capuchine pigeon, Old Dutch Capuchine dove

“Mantel” yang dipunyainya tidak sampai menutupi kepala, dan untaian bulunya tidak bersambung di dada. Tubuh agak pendek dan berat badannya 310 – 370 gram. Berbulu rapi dan lebih pendek daripada Jacobin. Paruhnya berukuran sedang. Bulu tubuh bisa berwarna hitam, kuning atau biru bercorak, kecuali kepala, dada bagian bawah, paha, bulu utama sayap dan ekor, yang berwarna putih. Merpati ini berasal dari Belanda.

Burung Merpati Priest
Add caption
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Priest pigeon, Priest dove

Priest memiliki bulu-bulu terbaik dengan roset yang indah di samping kiri-kanan kepalanya. Hidung bagian atas dihiasi rumbai-rumbai bulu. Kaki merpati hias Jerman ini dilengkapi dengan bulu. Paruh atas berwarna terang sedang yang bawah gelap. Bobotnya hanya 350 – 370 gram.

Polish LYNX
Add caption
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Lynx pigeon, Lynx dove

Merpati ini berasal dari Polandia. Kepalanya “licin” tidak berornamen dan kakinya bersih. Warna bulu tubuhnya hitam atau biru, dengan garis tebal putih pada ujung sayap. Ujung sayap yang tampak seperti renda itu dibatasi garis berwarna. Bobotnya bisa mencapai 600 gram.

Burung Merpati Saint
Add caption
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Saint pigeon, Saint dove

Saint merupakan silangan antara Mane, Moorehead Tumbler, dan Jacobin putih. Berat tubuhnya hanya 312 gram, tapi tampak lebih besar karena bulu-bulunya panjang dan “longgar”. Bulu terbalik yang panjangnya 5 – 7,6 cm mengelilingi leher dan bertemu di dada bagian atas.

Pomeranian Cropper

Pomeranian Cropper sering disebut merpati gondok
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Cropper pigeon, Cropper dove

Dari namanya, burung ini diperkirakan berasal dari daerah Pomeranian, Eropa Selatan. Berperawakan tegap, tubuhnya membentuk sudut 60o dengan berat antara 624 – 737 gram. “Gondok” pada leher membuatnya kelihatan unik. Kakinya berbulu lebat. Warna bulu tubuhnya bermacam-macam, bisa hitam, biru, merah, kuning, putih, atau variasi warna lain.

Vienna Short-Faced TUMBLER
Add caption
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Short-faced tumbler pigeon, Short-faced tumbler dove

Kepala merpati asal Australia ini berbentuk kotak dan datar di bagian atas. Paruhnya pendek dan tebal. Bagian depan kepalanya lebar dan masif. Matanya yang seperti mutiara dikelilingi lingkaran agak tebal berwarna merah di bagian luarnya. Warna bulu terbagi tiga, yakni polos, polos dengan sayap putih, dan pola seperti jenis Magpie. Berat rata-rata 250 – 300 gram.

Burung Merpati Highflier
Add caption
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : National Pigeon of Poland

Merpati jenis penerbang ini berasal dari Polandia, khususnya kota Warsawa dan Cracow. Bobot tubuhnya termasuk sedang, 350 – 400 gram. Berkepala rata, raut wajah dan paruhnya panjang. Bulunya rapat dengan sayap menumpang pada ekor. Bermata putih dan kelopaknya kekuningan. Warna bulunya beragam terdiri dari beberapa pola.



Burung Merpati Kipas
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Faintail

Bulu ekornya yang terdiri dari 30 – 38 helai berjajar rapi membentuk setengah lingkaran seperti kipas. Ukurannya termasuk kecil, 280 – 368 gram. Tapi, ekor yang lebar dengan dada membusung membuatnya kelihatan lebih besar. Mukanya selalu dipalingkan ke samping. Warna bulu putih, hitam, biru, merah, “dun”, silver. Asalnya belum diketahui dengan pasti.

Burung Merpati Jacobin
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Cyprus Pigeon

Merpati berbulu lebat ini diduga berasal dari India. Bobotnya 445 – 470 gram. Ciri khasnya ada pada kepalanya yang dipenuhi bulu lebat dan panjang sehingga mukanya tersembunyi. Warna bulunya beberapa macam, antara lain biru, merah, putih, kuning dan sebagainya.

Merpati Lahore
Add caption
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : Sherazi

Asal-usulnya, kemungkinan dari Persia. Bulu dada, perut, dan ekor yang berwarna putih membedakannya dari merpati hias lain. Bagian tubuh lainnya bisa berwarna hitam, cokelat tua, cokelat muda, biru, kuning, merah, perak atau lembayung muda. Beberapa jenisnya memiliki sekumpulan bulu tersusun seperti kipas. Ukurannya termasuk besar, 482 – 510 gram.

Merpati KING
Add caption
Nama Latin : Columba livia
Nama Lain : King Pigeon

Burung asli Amerika Serikat ini berfungsi ganda, sebagai burung hias dan merpati potong. Yang dewasa badannya gendut dengan bobot kira-kira 8,5 ons – 1 kg. Dia merupakan hasil silangan Duchess, Homer, Maltese, dan Runt. Kepalanya “gundul” dan kakinya licin. Warna bulunya beberapa macam, yaitu putih, silver, merah, kuning, hitam dan sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jensi burung merpati yang ada didunia ini. Lain kesempatan rencana akan coba diupdate lagi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:47
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.