loading...

Macam-macam Jenis Burung Kakatua, Cara Pemeliharaan dan Budidayanya

Posted by

Jenis-Jenis Burung Kakatua, Cara Pemeliharaan, Cara Melatih Kakatua Bicara, Jenis Pakan Burung Kakatua dan Tips Pembuatan Kandang Burung Kakatua.

Burung Kakatua Korela / Kakatua Sanguinea (Cacatua Pastinator / Cacatua Sanguinea)


Kakatua Korela
Ciri khas dari jenis burung ini adalah memiliki kelopak mata berwarna biru muda yang lebih lebar dibanding jenis kakatua lainnya,ukuran dewasanya dapat mencapai ukuran sekitar 40cm.
Ciri lainnya adalah memiliki bulu berwarna putih dan ada sedikit bulu berwarna merah/jingga di sekitar hidung dan paruhnya,sepintas Kakatua ini mirip dengan Kakatua Goffini namun mereka memiliki ukuran lebih besar.
Jenis Kakatua ini mempunya 2 ras,yaitu Sanguinea Sanguinea dan Sanguinea Normantoni.
Habitat burung ini tersebar di wilayah Papua dan Australia.

Burung Kakatua Goffini / Kakatua Rawa (Cacatua Goffini)


Kakatua Rawa
Burung ini sepintas mirip dengan Kakatua Korela namun ukuran mereka lebih kecil (dewasa 30cm) dan memiliki ukuran kelopak mata yang berwarna biru muda lebih sempit. Ciri dari burung ini adalah berwarna putih sekujur tubuh dengan sedikit bulu berwarna merah/jingga di sekitar paruhnya. Habitat asli dari burung ini adalah Kepulauan Tanimbar yang merupakan salah satu kepulauan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.


Burung Kakatua Maluku (Cacatua Moluccensis)


Kakatua Maluku
Jenis ini dapat mencapai ukuran tubuh 55cm dengan ciri khas sekujur tubuh putih dengan nuansa merah muda dan jambulnya berwarna merah muda cenderung jingga. Habitat penyebaran kakatua ini adalah P.Haruku,P.Saparua,P.Seram yang merupakan wilayah Maluku bagian selatan.

Burung Kakatua putih kecil jambul Oranye / jingga (Cacatua Sulphurea)


Kakatua Putih
Jenis ini memiliki ukuran maksimal rata-rata 35cm,bulu tubuhnya berwarna putih dan jambulnya berwarna oranye/jingga. Habitat burung ini diantaranya menyebar di wilayah Nusa Tenggara dan Sulawesi.

Burung Kakatua Raja (Probosciger atterimus)

Burung Kakatua Raja


Jenis burung ini mempunyai ukuran tubuh paling besar diantara semua jenis kakatua lainnya,antara 55cm-70cm. Ciri khasnya adalah sekujur tubuh bulunya berwarna hitam legam dan memliki pipi berwarna oranye bahkan cenderung merah.Terdapat 3 ras dari jenis kakatua raja ini, yaitu Atterimus Goliath (ukuran 60cm-70cm) , Atterimus Atterimus (ukuran 55cm-60cm) dan Atterimus Stenolophus (ukuran sama dengan goliath tapi memiliki bentuk lebar jambul yang lebih sempit). Habitat Asli burung ini terdapat di Wilayah Papua dan Australia.

Burung Kakatua Putih Besar Jambul Putih (Cacatua Alba)

Kakatua Jambul Putih

Penyebarannya meliputi wilayah Maluku Tengah dan Utara,jenis kakatua ini memiliki ukuran tubuh dewasa sekitar 45cm,seluruh tubuh dan jambulnya berwarna putih polos.

Burung Kakatua Galah (Eolophus Roseicapilla)

Kakatua Galah


Kakatua galah juga disebut Kakatua dada mawar, Kakatua mawar,Kakatua Merah muda dan ungu adalah satu jenis kakatua yang biasa ditemukan dan tersebar luas,mereka dapat ditemukan di daerah terbuka di hampir semua bagian daratan Australia. Ciri dari kakatua ini mempunyai bulu pink dan abu-abu yang khas serta perilakunya yang berani membuatnya sebagai pemandangan biasa di hutan dan juga di perkotaan di Australia. Istilah galah diperkirakan berasal dari kata gilaa, sebuah kata yang ditemukan pada bahasa yuwaalara dan dekat sekali dengan bahasa aborigin

Jenis kakatua ini sangat dilarang keluar dari wilayah Australia,yang memang sangat ketat peraturannya untuk arus keluar masuk hewan dari maupun ke Australia,oleh karena itu oleh beberapa breeder diluar Australia,terutama di Jerman,Belanda dan Afrika Selatan mereka mengatasinya dengan jalan konservasi di dalam penangkaran,terbukti mereka sukses menangkarkan hewan ini sehingga anakannya telah di ekspor ke beberapa negara dunia,termasuk Indonesia dan salah satunya RealParrot.com memiliki stok anakan burung ini yang siap di adopsi oleh pencinta burung paruh bengkok di tanah air.

Burung Kakatua Putih Besar Jambul Kuning (Cacatua Galerita)

Kakatua Jambul Kuning

Ciri Khas dari burung ini adalah ukiran tubuh yang dewas bisa mencapai 45cm,seluruh tubuhnya berwarna putih polos dan memiliki jambul berwarna kuning cerah. Beberapa ras (sub-spesies) dari Kakatua Putih Besar Jambul Kuning :
  • C.G.Eleonora : sering disebut kakatua jambul kuning medium/sedang.ciri khasnya adalah kelopak matanya yang berwarna putih,sekujur tubuhnya berwarna putih polos.Habitat aslinya adalah di Pulau Aru.
  • C.G.Triton : yang membedakan jenis ini dengan medium adalah sekujur tubuhnya berwarna putih polos dan kelopak matanya yang berwarna biru muda serta ukurannya yang lebih besar (dewasa mencapai 50cm).Habitat aslinya adalah di Papua.
  • C.G.Galerita : ukurannya serupa dengan C.G.Triton yaitu sekitar 50cm dengan ciri khas bulu putih sekujur tubuh,memiliki nuansa kuning di bulu bagian telinga,dibawah sayap dan ekor.Warna Putih pada bagian kelopak mata dan ukuran kepala sedikit lebih kecil.Penyebaran Kakatua ini diwilayah sekitar Australia.
  • C.G.Fitzroyi : memiliki ukuran serupa dengan C.G.Eleonora (medium),dengan bercampur warna kuning pada bagian telinga,di bawah sayap dan ekor.Cir khas lainnya adalah kelopak matanya yang berwarna biru muda mirip dengan C.G.Triton.Ukuran Paruh juga lebih besar daripada C.G.Galerita. Habitatnya terdapat di sekitar Sungai Fitztroy,Australia Utara.
Burung Kakatua Tungging / Ekor Merah ( Cacatua Haematuropygia)

Kakatua Ekor Merah


Jenis Kakatua yang terlangka di dunia bahkan terancam kepunahan karena sering dibunuh dengan alasan dianggap sebagai hama pertanian serta penangkapan ilegal di alamnya untuk diperjual-belikan,tahun 2008 tercatat kurang dari 1000 ekor di habitatnya. Ciri khas dari jenis ini adalah memiliki bulu sekujur tubuh putih dengan bulu di bagian bawah ekor berwarna jingga kemerahan dan berujung putih kekuningan,pada bagian sayap bawah berwarna kuning pucat. Burung dewasa dapat mencapai ukuran 30cm,memiliki warna suara serupa dengan kakatua lainnya,namun karakteristik jenis ini jauh lebih tenang.Habitat asli hewan ini terdapat di Filipina,terutama di wilayah Luzon tengah,Luzon Utara,Pulau Palawan, Tawitawi,Mindanao dan Masbate.


Tips Cara Membuat kandang burung kakatua
Kakatua merupakan jenis burung yang dilindungi sehingga perlu izin dari pihak terkait jika ingin memeliharanya. Kandang kakatua kecil bisa dibuat (70 x 70 x 100) cm. Sementara untuk kakatua dewasa buat ukuran kandang (100 x 100 x 200) cm. Gunakan kandang yang berjeruji horisontal karena kakatua suka memanjat. Kakatua juga mempunyai paruh yang kuat sehingga mampu menghancurkan jeruji dan menabrakkan dirinya di dalam kandang. Berikan snap lock yang terbaik untuk keamanan pintu kandang. Buat tenggeran berukuran 26-30 mm untuk kakatua kecil dan 35-45 mm untuk kakatua besar. Ranting dari pohon buah juga sangat baik diberikan di dalam kandang.

Cara Mudah Melatih kakatua berkicau / Bicara
Melatih burung kakatua bicara memerlukan rasa kasih sayang, kesabaran, dan konsisten. Burung yang masih kecil pada umumnya jauh lebih mudah dilatih daripada burung yang sudah besar. Metode pelatihan dilakukan secara konsisten. Setiap perkataan atau frase yang diajarkan harus ditunjang oleh arti atau tanda yang membedakannya dari perkataan lain. Sebagai contoh, pada waktu matahari terbit secara rutin dan berulang-ulang ucapkanlah ”Selamat Pagi” dan pada waktu matahari terbenam ucapkanlah ”Selmaa Malam”. Dari perbedaan waktu pagi dan malam, si burung akan menyadari perbedaan arti dari kedua perkataan tersebut. Sebelum mahir benar, jangan ajak kakatua bercanda dulu, misalnya menawarkan makanan, tetapi tidak jadi diberikan.

Teknik Memandikan kakatua
Memandikan kakatua akan membuat bulu-bulunya menjadi mengkilap dan bentuknya menjadi bagus. Seminggu sekali, sebaiknya kakatua dimandikan. Gunakan air pancuran atau selang yang menggunakan spray head. Namun, bila menggunakan air pancuran, tahan semprotan air dengan tangan. Saat memandikan, usahakan sayapnya tetap dalam keadaan seimbang. Selain itu, sediakan mangkuk atau wadah keramik berukuran panjang 30-35 cm untuk berendam. Untuk berendam, gunakan air yang hangat kuku.

Cara Memberi Makan Burung Kakatua dan Jenis-Jenis Pakan Burung Kakatua
Berikan biji-bijian dengan suplemen tambahan seperti sprouted seeds sebagai makanan kakatua. Buah-buahan dan sayuran, seperti apel, pir, plum, pepaya jeruk, pisang, peach, wortel, brokoli, dan kacang panjang juga bisa diberikan pada kakatua. Jangan berikan avokad karena bersifat racun bagi burung. Jangan berikan bumbu penyedap dan daging pada setiap makanannya karena akan mengakibatkan kegemukan. Setiap minggu, Anda juga bisa memberikan calcium blocks yang telah dihancurkan dan ditaburkan di dalam makanannya. Wadah untuk makanan dan minuman sebaiknya terbuat dari keramik atau stainless steel.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:28
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.