loading...

Maaf Saja, Konvoi Moge Bukan Termasuk Yang Mendapat Hak Prioritas Sampai Boleh Melanggar Lampu Merah, Ini Aturannya!

Posted by

Konvoi Moge Harus Dibenahi. Peristiwa Moge vs Sepeda Onthel di Condong Catur Yogyakarta membuka mata kita bahwa selama ini konvoi moge yang dikawal polisi dan dengan bebas melanggar rambu-rambu jalanan termasuk lampu merah adalah salah. Konvoi moge tidak termasuk dalam "kepentingan tertentu" yang harus mendapat prioritas daripada pengendara lain atau pengguna jalan raya yang lain. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca aturan perundang-undangannya berikut ini:

MOGE



Seperti diketahui, kendaraan yang mendapat hak utama untuk diprioritaskan diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 134.

Dijelaskan, pengguna jalan yang memeroleh hak utama untuk didahulukan sesuai dengan urutan berikut:
a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;
b. Ambulans yang mengangkut orang sakit;
c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;
d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
f. Iring-iringan pengantar jenazah; dan
g. Konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Turut dijelaskan, pada pasal 59 `kepentingan tertentu`pada butir (g) adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera, antara lain, kendaraan untuk penanganan ancaman bom, kendaraan pengangkut pasukan, kendaraan untuk penanganan huru-hara dan kendaraan untuk penanganan bencana alam.

Dari penjelasan pada pasal 59 tersebut menunjukkan bahwa konvoi moge tidak termasuk dalam penjelasan untuk peraturan pada butir (g).

Saatnya yang arogan dan sok-sokan dijalan raya ditertibkan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan yang lain, peraturan tetap peraturan, berlaku untuk semua pengguna jalan tidak terkecuali pemakai moge.... 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:51
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.