loading...

Lemak Tak Jenuh: Lemak Sehat Yang Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan

Posted by

Macam-Macam Jenis Lemak dan Manfaatnya
Lemak Jenuh dan Tak Jenuh. Lemak selalu dikambinghitamkan sebagai biang keladi penyebab berbagai jenis penyakit. Lemak selama ini dipandang sebagai sumber makanan yang membahayakan baik untuk kesehatan tubuh juga untuk berat badan Anda. Banyak ahli diet yang menyarankan Anda untuk menghindari lemak jahat. Sebab lemak sulit untuk dicerna serta mampu sistem peredaran darah Anda. Hasilnya, kolesterol tinggi bisa Anda dapatkan.

Sumber Lemak Terbaik

Namun sebuah tips diet yang dilansir dari dailymail.co.uk menemukan bahwa makan banyak lemak sehat mampu membantu dalam program menurunkan berat badan.

Jenis-jenis lemak:

Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan. Contoh makanan dengan sumber asam lemak jenuh yang tinggi adalah gajih, mentega, dan lemak hewani atau bisa juga didefiniskan  Lemak jenuh (saturated fat) adalah lemak yang pada umumnya berbentuk padat. Contoh dari lemak jenuh ini adalah mentega, susu murni, minyak kelapa, daging merah, dan minyak sawit. Konsumsi lemak jenis ini harus dibatasi karena akan meningkatkan kolesterol dalam darah, terutama tingkat LDL.

Asam lemak tak jenuh merupakan asam lemak yang merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Contoh sumber asam lemak tak jenuh terdapat pada minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat. Lemak tidak jenuh (unsaturated fat), dibagi menjadi dua yaitu lemak tidak jenuh ganda (poly-unsaturated fat) dan lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat). Manfaat dari lemak tidak jenuh adalah memperkecil serangan jantung, menaikkan antibodi tubuh dan membantu menurunkan kolesterol LDL. Bahkan lemak tak jenuh tunggal mampu meningkatkan kadar HDL. Contoh dari lemak tak jenuh ganda adalah ikan dan seafood. Sedangkan lemak tak jenuh tunggal adalah minyak zaitun, minyak canola peanut oil, unggas dan alpukat.

Manfaat dan Fungsi lemak bagi tubuh:
  • Sumber cadangan energi yang disimpan dalam tubuh
  • Media untuk transportasi beberapa vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D,E, dan K)
  • Membantu menekan lasa rapar dengan mekanisme memperlambat pengosongan pada lambung sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.
  • Merupakan zat gizi yang menambah citarasa pada makanan
Menurut sumber dailymail.co.uk,  "Ketika lemak masuk ke dalam tubuh, maka terjadi serangkai proses pencernaan yang rumit untuk mengonversinya menjadi glukosa. Sehingga lemak tidak secara langsung menyebabkan kenaikan insulin. Tingkat insulin Anda rendah dan akhirnya tubuh menggunakan lemak sehat tersebut menjadi bahan bakar dan sumber energi," terang penelitian ini.

"Sementara ketika Anda mengonsumsi gula dan karbohidrat, maka insulin akan mencapai levelnya yang tertinggi. Dan protein akan menciptakan kenaikan level yang lebih kecil."

Lemak sehat sendiri bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi alpukat, daging putih, hingga kacang-kacangan.

Berikut Ini Makanan Sumber Lemak Terbaik:

Buah Alpukat. Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan tinggi lemak. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena selain daging buahnya yang gurih, alpukat memiliki mengandung lemak baik (HDL). Kandungan lutein pada alpukat berkhasiat untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

Kelapa dan Minyak Kelapa Murni.  Kelapa merupakan sumber lemak yang bagus bagi Anda yang vegetarian. Banyak mengandung vitamin K, E dan zat besi. Vitamin K bagus untuk pertumbuhan tulang dan mempercepat kerja kalsium. Sementara vitamin E bagus untuk kesehatan kulit. Minyak kelapa dapat menjadi pilihan terbaik sebagai menu makanan penutup yang sehat. Meski kegunaan minyak kelapa masih terus dipelajari, tapi manfaatnya telah diakui ampuh sebagi anti-bakteri, kaya akan vitamin K dan E dan zat besi. Beberapa riset bahkan mengindikasikan, minyak kelapa dapat membantu manajemen berat badan, karena mengurangi stres pada sistem endokrin.


Mentega Shea. Shea (Vitellaria paradoxa) adalah jenis tanaman yang tumbuh di Afrika. Bijinya bisa diekstrak untuk dimabil minyaknya dan dijadikan mentega yang tinggi kandungan vitamin E dan A yang bisa berfungsi sebagai antioksidan.


Minyak Salvia. Terdengar asing di Indonesia karena memang hanya tuumbuh di daratan Meksiko dan Amerika Selatan. Memiliki bunga seperti lavender. Karena warna dan bentuknya yang unik, salvia biasanya hanya digunakan sebagai tanaman hias. Namun minyak astiri yang dihasilkan dari ekstraksi salvia ternyata tinggi kandungan omega 3.


Minyak Biji Anggur. Minyak hasil ekstraksi biji anggur menurut beberapa penelitian mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


Minyak Camalina. Termasuk jenis sayuran seperti kol dan brokoli. Minyak yang dihasilkan memiliki kandungan lemak yang baik, vitamin E dan omega 3 yang tinggi. Bagus sebagai antioksidan.


Ikan (Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna). Beberapa jenis ikan mengandung lemak yang sangat baik bagi kesehatan. Salmon, sarden, herring, makarel dan tuna adalah jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 juga dapat ditemukan pada tumbuhan laut seperti krill, alga, beberapa tanaman dan minyak kacang. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) adalah tipe asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam minyak ikan untuk mengurangi resiko irama jantung abnormal yang mengakibatkan kematian mendadak dan penyakit jantung, menurut hasil studi di University of Maryland Medical Center .

Kacang-kacangan atau polong-polongan

Kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi yang melindungi kesehatan Anda. Orang yang makan kacang secara teratur berisiko lebih rendah untuk meninggal akibat serangan jantung dan stroke ketimbang mereka yang makan sedikit, menurut studi di Harvard School of Public Health.  Kebanyakan jenis kacang-kacangan mengandungan tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah dan mampu meningkatkan kolesterol baik.
Kenari misalnya, mengandung asam lemak omega-3 yang melindungi Anda dari ritme jantung abnormal yang mematikan dan pembekuan darah. Beberapa contoh jenis kacang yang mengandung omega 3 adalah kacang tanah, kacang merah, almond dan kenari.

Demikian beberapa definisi jenis-jenis lemak dan manfaat lemak bagi kesehatan. Tidak semua lemak merugikan kesehatan karena tubuh manusia juga membutuhkan lemak agar proses metabolisme dan fungsi-fungsi organ bisa normal. Yang terpenting bijaksanalah dalam mengkonsumsi lemak atau makanan berlemak, jangan berlebihan dan sebisa mungkin memilih makanan yang lebih banyak mengandung minyak tak jenuh seperti beberapa contoh diatas.
Tips Hari Ini:
Beramalah Selalu dengan Ilmu, Beramal tanpa Ilmu Ibarat Orang Buta Berjalan Tanpa Menggunakan Tongkat.... Semoga bermanfaat. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:17
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.